Sukses

Bogor Diguyur Hujan, Status Bendung Katulampa Naik Jadi Siaga

Kenaikan debit air juga terpantau di Pos Pemantau Bendung Panus Depok, ketinggiannya mencapai 130 centimeter.

Liputan6.com, Bogor - Wilayah Bogor diguyur hujan selama 6 jam. Hal tersebut membuat ketinggian muka air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Bogor dan Bendung Panus, Depok terpantau naik.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, hingga pukul 21.00 WIB, ketinggian air Ciliwung terpantau mengalami peningkatan menyentuh angka 60 centimeter (cm). Di angka tersebut, status Bendung Katulampa naik menjadi siaga IV.

"Pukul 17.00 sore ketinggian air di Bendung Katulampa terpantau 50 centimeter atau normal. Ketinggian air naik menjadi 60 centimeter atau Siaga IV Banjir Jakarta sejak pukul 19.00 hingga saat ini," ungkapnya saat dihubungi Liputan6.com di Bogor, Rabu (28/1/2015).

Kenaikan debit air juga terpantau di Pos Pemantau Bendung Panus Depok, ketinggiannya mencapai 130 centimeter atau dalam status Siaga III Banjir Jakarta.

Sedangkan cuaca baik di Puncak Bogor masih diguyur hujan dengan intensitas sedang, "Dimungkinan ketinggian air akan naik, mengingat hujan terjadi hampir diseluruh wilayah Bogor," paparnya.

Andi menghimbau agar masyarakat yang berada di sepadan  dan hulu sungai agar waspada. Berdasarkan perhitungan, limpahan air akan tiba di Jakarta dalam rentan waktu 10 hingga 12 jam kemudian. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini