Sukses

Hujan Guyur Bogor, Bendung Katulampa Siaga IV

Bahkan tinggi muka air di Bendung Katulampa sempat menyentuh angka 90 cm.

Liputan6.com, Jakarta Ketinggian air sungai Ciliwung di Bendung Katulampa Bogor Jawa Barat kembali meningkat. Hal ini diakibatkan karena wilayah Puncak Bogor diguyur hujan lebat sejak siang hari. Hingga pukul 16.00 WIB, ketinggian air menyentuh angka 70 cm atau siaga IV.

Debit air di Bendung yang terletak di Kecamatan Bogor Timur ini terus menerus mengalami peningkatan. Bahkan sekitar pukul 15.00 WIB tinggi muka air sempat menyentuh angka 90 cm. Namun satu jam kemudian ketinggian air sudah berangsur menurun ke angka 70 cm.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, kondisi cuaca untuk wilayah Bogor sejak 3 hari ke belakang terus diterpa hujan. Meski dengan intensitas sedang, namun dengan durasi yang cukup lama.

"Hujan terus menerus menerpa wilayah Puncak, hingga saat ini di wilayah seperti Riung Gunung, Pasar Cisarua, Megamendung hingga Ciawi masih dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," ungkap Andi saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (22/1/2015).

Andi mengatakan, diperkirakan volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini sebanyak 90 ribu liter per detik. "Kalau tinggi muka air naik, kita tutup pintu air ke yang ke arah kali baru timur," jelas dia.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbau Andi.

Pantauan cuaca saat ini di wiayah Bogor masih diguyur hujan. Bila kembali terjadi hujan selama beberapa jam ke depan, dimungkinkan volume air akan bertambah. (Ali/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.