Sukses

Belajar dari AirAsia QZ8501, TNI AL Akan Latih Evakuasi Black Box

Pencarian dan evakuasi pesawat AirAsia QZ8501 di Laut Jawa tidaklah mudah. Untuk itulah pengalaman tersebut dijadikan pelajaran.

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Pencarian dan evakuasi pesawat AirAsia QZ8501 di Laut Jawa tidaklah mudah. Belajar dari kasus inilah, TNI AL berniat menggelar pelatihan khusus evakuasi kecelakaan pesawat.

"Kita kan belum tahu, kasus AirAsia bisa jadi pelajaran. Kita harus buat latihan evakuasi pesawat," ujar Komandan KRI 593 Letkol Laut (P) Arief Budiman saat berbincang dengan Liputan6.com di perairan Laut Jawa, Kamis (8/1/2015).

Setiap pesawat memiliki karakteristik sesuai jenisnya. Maka itu, kata Arief, pengetahuan tentang jenis pesawat harus menjadi bekal setiap prajurit TNI AL nantinya.

"Jadi nanti setiap evakuasi pesawat tahu posisi dan bagaimana mengambil black box atau penumpangnya. Selama ini kan kita belum tahu, membuka black box ini kan ada kunci khusus. Itu yang harus dilatihkan," ujar Arief.

Pelatihan ini, lanjut Arief, memungkinkan kerja sama antara TNI AL dengan maskapai penerbangan.

"Kita nggak berharap ada kecelakaan pesawat lagi, tapi kita harus mengantisipasi kemungkinan, sehingga ke depan tidak ada kesulitan saat mengevakuasi pesawat," tukas Arief. (Rmn/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini