Sukses

DKI Segera Keluarkan Instruksi Gubernur Kurangi Pemakaian Plastik

Per harinya, DKI menghasilkan 7.000 ton sampah. Ini berarti warga Jakarta sangat produktif dalam menghasilkan sampah.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidajat mengimbau warga ibukota untuk mengurangi penggunaan plastik. Sebagai langkah tegas, Pemprov DKI segera menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) mengenai pengurangan sampah plastik.

"Kita harus galakkan gerakan mengurangi sampah plastik. Saya sampaikan ke Pak Gubernur DKI Basuki (Ahok) untuk keluarkan instruksi kurangi sampah plastik," tegas dia usai meresmikan 21 unit mobil penyapu sampah otomatis di Silang Barat Monas, Jakarta Pusat, Rabu (31/12/2014).

Ia mengatakan per harinya, DKI menghasilkan 7.000 ton sampah. Ini berarti warga Jakarta sangat produktif dalam hal sampah. Belum lagi yang tak kelihatan, yang dibuang di selokan atau septic tank. Sebagian besar merupakan sampah dari bahan plastik yang baru bisa hancur  20-25 tahun ke depan.

"Sekarang persoalannya bukan hanya kita membersihkan sampah itu, tapi bagaimana masyarakat tidak produktif sampah. Sampah harusnya diolah jadi kompos, terutama sampah di pasar. Ke depan harus gunakan plastik ramah lingkungan yang 15 hari bisa hancur," ucap Djarot.

"Jadi sampah bukan lagi musibah, tapi jadi berkah," imbuh dia.

Namun, tentu Dinas Kebersihan tak bisa bekerja sendirian. SKPD itu harus bisa bersinergi dengan jajaran pemda yang lain. Terutama dengan Dinas Pertamanan dan Dinas Pekerjaan Umum. "Nanti 2015 tidak boleh lagi ada ego sektoral dalam ciptakan ibukota negara yang bersih dan indah," tandas Djarot. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini