Sukses

Lulus Sekolah Singapura, Ke Mana Kaesang Jokowi Selanjutnya?

Setelah lulus program International Baccalaureate, apakah Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi akan melanjutkan sekolah atau kerja?

Liputan6.com, Singapore City - Putra bungsu Jokowi telah diwisuda. Kaesang Pangarep baru saja lulus dari studi program International Baccalaureate, Anglo-Chinese School International (ACSI) setelah menerima sertifikat kelulusan dalam wisuda yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana.

Setelah lulus dari sekolah Singapura, apakah Kaesang Pangarep akan melanjutkan sekolah atau terjun ke dunia kerja?

"Saya belum membicarakan hal ini ke ayah saya, tapi mungkin mau ambil studi manajemen bisnis," ungkap Kaesang di Singapura, seperti dimuat Straits Times, Sabtu (22/11/2014).

Saat ditanya apakah ia terinspirasi ayahnya untuk menjadi pengusaha, Kaesang mengatakan, "Tidak, Aku terinspirasi oleh diriku sendiri."

Sementara itu, Jokowi juga mengemukakan keinginan Kaesang untuk mengambil kuliah jurusan manajemen. "Tahun lalu, dia bilang ingin ke SMU Singapore Management University, tapi saya juga belum tahu apakah jadi," ungkap Presiden ke-7 RI tersebut.

Kaesang menjadi salah satu dari 146 wisudawan yang menerima sertifikat kelulusan International Baccalaureate dalam wisuda di ACSI. Saat Kaesang menerima sertifikat kelulusan, tepuk tangan meriuhkan suasana gedung. Paling meriah di antara para wisudawan lain.

International Baccalaureate merupakan studi yang diambil para pelajar yang berniat melanjutkan studi di perguruan tinggi asing. International Baccalaureate diakui sebagai kualifikasi internasional dan sering menjadi acuan banyak kampus dunia dalam menerima mahasiswa internasional.

Kaesang bukanlah satu-satunya anak pemimpin negara yang bersekolah di Singapura. Putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono  dan Edhie Baskoro Yudhoyono juga lulusan S Rajaratnam School of International Studies di Singapura. Keduanya masing lulus pada tahun 2006 dan 2007.

Selain itu, ada putra mantan Presiden Timor Leste Ramos Horta, Loro Horta dan putra mantan Presiden Vietnam Nguyen Minh Triet, Nguyen Minh An juga lulus dari S Rajaratnam School of International Studies pada tahun yang sama dengan Agus Yudhoyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.