Sukses

Guru Singapura: Di Sini Tak Ada yang Tahu Kaesang Anak Presiden

Kaesang Pangarep menjadi salah satu dari 146 wisudawan yang menerima sertifikat kelulusan dari ACSI.

Liputan6.com, Singapore City - Kaesang Pangarep kini telah lulus dari studi program International Baccalaureate, Anglo-Chinese School International (ACSI) di Singapura.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu telah diwisuda. Jokowi dan Ibu Negara Iriana datang langsung ke seremoni wisuda di Singapura pada Jumat 21 November 2014 malam.

Guru Fisika Kaesang di ACSI, Ho Wee Kwong mengenal Kaesang sebagai sosok remaja sederhana, bersahaja dan tidak sombong. Saking sederhananya, menurut dia, warga sekolah tak tahu bahwa Kaesang anak seorang presiden.

"Di sini tak ada yang tahu dia (Kaesang) anak Presiden Indonesia. Dia pergi sekolah naik bus umum, sama seperti murid lain. Dia juga tak pernah memberi tahu ke kami kalau dia anak Gubernur atau anak Presiden," ungkap Ho Wee Kwong, seperti dimuat Straits Times, Sabtu (22/11/2014).

"Dia cuma bilang namanya Kaesang, anak seorang pengusaha," imbuh dia.

Jokowi sendiri mengungkapkan bahwa dirinya sengaja menyekolahkan Kaesang di Singapura untuk belajar hidup mandiri.

"Saya sangat senang. Saya ucapkan terima kasih kepada Anglo-Chinese School International," kata Jokowi.

Kaesang menjadi salah satu dari 146 wisudawan yang menerima sertifikat kelulusan dari ACSI. Saat Kaesang menerima sertifikat tersebut, tepuk tangan meriuhkan suasana gedung. Paling meriah di antara para wisudawan lain.

Selain orangtua murid, seremoni tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat kedubes. Kakak Kaesang, atau putri Jokowi, Kahiyang Ayu juga hadir pada wisuda tersebut. "Aku bangga padanya (Kaesang) dan akan terus memberikannya semangat," ujar Kahiyang Ayu.

Kehadiran Jokowi di acara tersebut juga menjadi magnet tersendiri. Teman-teman anak Jokowi itu meminta Presiden ke-7 RI tersebut untuk berfoto selfie bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.