Sukses

Kunjungan Luar Negeri Jokowi Buahkan 10 Kerja Sama Bilateral

Seskab Andi Widjojanto mengungkapkan, setidaknya ada 10 lebih negara yang memberikan tawaran kerja sama bilateral dengan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri APEC Economic Leaders Meeting di China, ASEAN Summit di Myanmar, dan G-20 Leaders Summit di Brisbane, Australia, membuahkan banyak tawaran kerja sama dari sejumlah negara.

Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto mengungkapkan, setidaknya ada 10 lebih negara yang memberikan tawaran kerja sama bilateral dengan Indonesia.

"Relatif banyak ya. Kami bilateral itu dengan lebih dari 10 negara. Masing-masing memberikan tawaran konkret," ujar Andi usai tiba di Tanah Air bersama Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (16/11/2014) malam.

Di antaranya Turki dan Prancis. Tawaran kerja sama itu kemudian dirangkum oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, dan Menko Perekonomian Sofyan Djalil. Hal itu kemudian akan disampaikan pada sidang kabinet Senin 17 November 2014.

"Besok ada rapat kabinet jam 1 siang, salah satu agendanya adalah mendengarkan rangkuman dari Ibu Menlu tentang hasil-hasil KTT. Kemudian Presiden akan memberikan PR kepada menteri-menteri terkait untuk segera menindaklanjuti hasil-hasil KTT," jelas Andi.
 
"Pada dasarnya presiden ingin membuka investasi seluas-luasnya untuk infrastruktur, terutama jalan, kereta api, maritim dan power plan, itu dibuka seluas-luasnya," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi