Sukses

Video Jokowi Pidato Dalam Bahasa Inggris di KTT APEC

Jokowi adalah 1 dari 3 pemimpin negara yang menyampaikan pidato di CEO Summit, selain Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Obama.

Liputan6.com, Beijing - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapat kehormatan untuk menyampaian presentasi di Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik di Beijing, Tiongkok, Senin (10/11/2014).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berpidato menggunakan Bahasa Inggris. Ini merupakan yang kali pertama bagi Presiden ke-7 RI tersebut menggunakan bahasa internasional di hadapan pemimpin dunia dan pebisnis di negara lain.

"Ladies and Gentlemen, all CEOs. Good Morning, on behalf of Indonesian government and the people of Indonesia, I would like to thank you for coming to my presentation (Selamat pagi, atas nama Pemerintah Indonesia dan Bangsa Indonesia, saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Anda pada presentasi saya ini)" ujar Jokowi dalam video yang diunggah akun resmi Komite KTT APEC di Beijing ke YouTube.

"Today I'm happy and very happy, to be among with you, cause you know, I was a businessman years ago, so this morning, I am very happy because we can talk about business, about investment, with all of you."

Dalam video berdurasi 13 menit tersebut, Jokowi menjelaskan soal profil Indonesia, seperti jumlah pulau, luas wilayah, dan potensi Tanah Air. Presiden juga menjelaskan kebijakannya untuk mengalihkan subsidi BBM yang sangat besar ke sektor-sektor produktif misalnya pertanian dan perikanan. Dia berkali-kali mengajak para pemimpin dunia dan CEO sejumlah perusahaan untuk berinvestasi di Indonesia. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memaparkan program pembangunan di Indonesia, seperti pelabuhan laut.

"Imagine, we have 17.000 islands, 17.000 islands. We will build seaport. This your opportunity (Bayangkan, Indonesia punya 17.000 pulau, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk berinvestasi)," urai Presiden Jokowi yang mempromosikan tol laut.

Jokowi adalah satu dari tiga pemimpin negara yang menyampaikan pidato, selain Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Selain berpidato di KTT APEC, mantan Walikota Solo tersebut juga bertemu dengan Obama di sela-sela konferensi.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menggunakan Bahasa Indonesia dengan Obama yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Menteng. Di akhir pertemuan, giliran Obama yang mengucap, 'terima kasih'.

Berikut video pidato Jokowi menggunakan bahasa Inggris di KTT APEC selengkapnya. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • KTT APEC