Sukses

JK: Pahlawan Sekarang Beda dengan Dulu

Jusuf Kalla mengingatkan untuk menghormati jasa-jasa pahlawan. Karena tanpa mereka Indonesia tak akan seperti sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - Mengenang jasa para pahlawan, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan pentingnya peran para pahlawan dalam pembangunan Indonesia. Jusuf Kalla (JK) mengatakan, Indonesia tidak akan seperti saat ini tanpa kerja keras para pejuang bangsa. Karena itu, JK mengajak tiap elemen masyarakat menghormati jasa-jasa mereka.

"Kita harus selalu menghormati jasa-jasa pahlawan. Karena tanpa mereka kita tak akan seperti sekarang, tidak merdeka, tidak akan maju," terang JK di Jakarta, Senin (10/11/2014).

Namun, kata JK, pengertian kata pahlawan telah berubah dari sebelumnya. Jika pada zaman dulu orang disebut pahlawan karena mengangkat senjata melawan penjajah, kini pengertian pahlawan adalah orang yang  memajukan bangsa.

"Pahlawan sekarang beda dengan dulu, kalau sekarang memajukan bangsa, majukan ekonominya, majukan pendidikannya. Jadi, pahlawan kan bukan lagi perang tapi guru juga pahlawan, pengusaha pahlawan, pejabat juga pahlawan kalau baik," terang JK.

Jusuf Kalla hari ini memimpin upacara mengheningkan cipta memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Biasanya acara ini dipimpin langsung oleh Presiden, tapi karena Presiden Jokowi sedang berada di luar negeri, perannya digantikan oleh wakil presiden. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.