Sukses

Menko Puan: Kartu Indonesia Sehat dan Pintar Dirilis 7 November

Puan menjelaskan, pemerintah memprioritaskan hampir kurang lebih 1 juta Kartu Indonesia Sehat dan Pintar dalam tahap pertama peluncuran.

Liputan6.com, Jakarta - Tak perlu waktu lama bagi pemerintahan Presiden Jokowi untuk meluncurkan program-program andalannya, seperti Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera. Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyatakan, sejumlah program itu bakal diluncurkan pada 7 November 2014.

"‎Minggu pertama November akan diluncurkan, tanggal 7 November, tentu saja ini mencakup keluarga pra-sejahtera yang belum dapat fasilitas Jamkesmas," jelas Puan Maharani di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Puan menjelaskan, pemerintah memprioritaskan hampir kurang lebih 1 juta kartu dalam tahap pertama peluncuran. Pembagian kartu itu akan dilakukan sampai Desember 2014.

Politisi PDIP tersebut juga menjamin, akan melibatkan kementerian terkait serta para kepala daerah untuk membagikan kartu tersebut. Ia yakin, tidak akan terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan program-program ini dan akan berlangsung tepat sasaran.

"Akan dilakukan oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dengan Kemenkes, tidak akan overlap tapi kartu ini melebur dengan BPJS dengan cover yang bertambah. Ada pengobatan penyakit yang bertambah yang tadinya tidak dicover Jamkesmas," tutur dia.

"Kami bersama BUMN, salah satunya PT Pos Indonesia dan Bank Mandiri itu akan langsung masuk by name, by location," ujar dia.

"Yang menyalurkan (Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar) selain Kemenkes, Kemendiknas, juga Sosial. Kalau koordinasi dengan kepala daerah tentu saja, karena mereka yang punya datanya dan akan disinergikan dengan e-KTP," tandas Puan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini