Sukses

TNI Manjakan Warga Yogya Naik Tank Leopard pada Akhir Pekan

Tank Leopard itu akan dikirab dari Alun-alun menuju Malioboro lalu kembali ke Alun-alun Jogja.

Liputan6.com, Jakarta Usai menggelar HUT ke-69 TNI yang dipusatkan di Mako Armatim, Surabaya, Jawa Timur, pada 7 Oktober lalu, berbagai alat tempur Indonesia akan dipamerkan di Yogyakarta. Hal ini lantaran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) itu akan kembali ke masing-masing home base di Jakarta dan Bandung dengan melewati kota pelajar tersebut.

Komandan Korem (Danrem) 072 MS Fadhilah mengatakan, sebagai bentuk terimakasih dan pertanggungjawaban kepada masyarakat, TNI akan memamerkan tank terbaru milik Indonesia di Alun-alun Utara Yogyakarta pada Jumat sore. Masyarakat diharapkan dapat melihat langsung alutsista tersebut seperti Tank Leopard, Marder, dan MC 115.

"Besok sore akan datang alutsista yang baru yang punya AD. Leopard besok ke sini ada 4,  Marder 2, MC 115 ada 5. Ditambah Anoa dan Panser Saracen. Kira-kira jam 3 dan 4 (sore). Tapi Apache MiX 27 tidak lewat sini," ujar Fadhilah di Makorem Yogyakarta, Kamis (9/10/2014).

Fadhilah mengatakan, selain dipajang di Alun-alun Jogja, tank terbaru Indonesia itu akan dikirab dari Alun-alun menuju Malioboro lalu kembali ke Alun-alun Jogja. Selama tank dikirab, warga Jogja diperbolehkan naik ke atas tank terbaru itu. Kedekatan ini sebagai bentuk kebersamaan TNI dengan masyarakat.

"Akan didisplay di Alun-alun Utara sampai malam. Besok paginya kita kirab dengan rute yang memungkinkan. Dari Malioboro lalu ke alun-alun. Nanti yang melepas Ngarso Dalem sekitar jam 9-10. Waktu kirab masyarakat boleh naik lah. Tapi lihat keamanan ya," ujarnya.

Fadhilah menyatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan kegiatan kirab Alutsista di Malioboro Sabtu 11 Oktober 2014. Menurutnya, selama kirab Tank Leopard, akan dilakukan penutupan arus lalu lintas dari Alun-alun Utara menuju Malioboro.

Menurut Fadhilah, tank Leopard ini termasuk jenis tank modern di mana saat berjalan di aspal akan dipakaikan karet sehingga tidak merusak aspal Malioboro.

"Sudah matur Ngarso Dalem untuk kegiatan ini. Leopard ini sudah modern, nanti pakai karet jadi tidak merusak aspal. Untuk penutupan jalan kita sudah koordinasi dengan Polres nanti ya," ujar fadhilah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.