Sukses

Konsuler Kedubes AS Dampingi Pemeriksaan Kepsek JIS

Hotman Paris mengungkapkan, kedatangan Konjen Kedubes Amerika tak akan mengintervensi kasus pelecehan seksual JIS.

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa hukum guru Jakarta International School (JIS) Murphy yakni Hotman Paris Hutapea mendatangi kliennya ke Mapolda Metro Jaya. Kedatangannya juga ditemani seorang pemantau atau observer dari Kedubes Amerika Serikat.

Hotman Paris mengungkapkan, kedatangan Thurmond hanya sebagai pendamping. Dan ia pun memastikan tidak ada intervensi dari Kedubes AS dalam kasus dugaan kejahatan asusila ini.

Konsul Jenderal Kedubes AS Thurmond H Border membenarkan kedatangannya untuk mendampingi Timothy Carr dan Murphy karena mereka adalah warga negara AS.

"Saya datang karena mereka warga negara Amerika," kata Thurmond di unit PPA Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/6/2014).

Thurmond pun menjelaskan, selain mendampingi, tugasnya juga untuk melihat proses hukum warga negara AS yang sedang diperiksa. Dan memastikan semua berjalan dengan baik.

"Saya datang untuk melihat proses kasus ini. Saya hanya melihat, mengikuti dan memastikan proses hukum," ungkap Thurmond.

Dari 25 guru yang akan dideportasi, urai Thurmond, 9 di antaranya adalah warga negara AS. Kendati demikian, ia belum mengetahui pasti kapan mereka akan dideportasi. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.