Sukses

Asyik, Mulai Besok Bus Transjakarta Beroperasi 24 Jam

Untuk tambahan layanan ini, pengelola tidak akan memberlakukan perubahan tarif tiket bus Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Unit Pengelola Transjakarta akan mengoperasikan 18 bus Transjakarta untuk angkutan malam hari (amari) mulai 1 Juni 2014. Namun, belum semua koridor akan beroperasi 24 jam penuh.

"Kita sudah menyiapkan 18 unit bus untuk 3 koridor Transjakarta yang akan dioperasikan sebagai amari. Pengoperasiannya akan dimulai pada Minggu besok," kata Kepala Unit Pengelola Transjakarta Pargaulan Butarbutar di Jakarta, Sabtu (31/5/2014).

Menurut dia, armada angkutan untuk malam hari tersebut akan beroperasi di Koridor I rute Blok M-Kota, Koridor III rute Kalideres-Harmoni dan Koridor IX rute Pluit-Pinangranti setiap hari mulai pukul 23.00 hingga 05.00 WIB.

"Ada 6 unit bus yang kita sediakan di masing-masing koridor. Sedangkan, 2 bus lainnya kita jadikan sebagai bus cadangan. Untuk saat ini baru 3 koridor yang dilengkapi layanan amari," ujar Pargaulan.

Dia menuturkan, pengoperasian bus malam di 3 koridor tersebut masih dalam tahap uji coba sebelum operasi diperluas ke koridor-koridor lainnya.

"3 Koridor itu kita pilih sebagai uji coba karena kita melihat banyak sekali warga yang membutuhkan transportasi malam hari, terutama di Koridor I. Hampir sama halnya dengan Koridor IX karena banyak mengangkut penumpang dari barat ke timur," katanya.

Ia menambahkan, pengelola akan menyesuaikan waktu kerja bagi pengemudi bus Transjakarta setelah pengoperasian bus malam hari.

Untuk tambahan layanan ini, pengelola tidak akan memberlakukan perubahan tarif tiket bus Transjakarta. Harga tiket tetap Rp 2.000 mulai pukul 05.00 hingga 07.00 WIB dan Rp 3.500 mulai pukul 07.00 hingga 23.00 WIB serta pukul 23.00 hingga 05.00 WIB. (Ant/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.