Sukses

Nikmatnya Sensasi Makan Botok Tawon

Liputan6.com, Banyuwangi - Saat pincukan daun pisang dibuka, tercium aroma segar dan sedap dari kuliner yang disajikan dalam keadaan masih hangat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (19/4/2014), botok tawon, kuliner ini bisa Anda temukan di warung sederhana milik Bu Misnah, di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Di dalamnya ada sarang lebah dan anak-anak lebah yang masih menempel di dalam sarang siap untuk disantap. Botok tawon buatan Bu Misnah ini memiliki paduan rasa unik, 5 rasa sekaligus, Yakni gurih, manis, pedas, asam, dan asin.

Untuk membuat botok tawon tiap hari, Bu Misnah menghabiskan sekitar 10 kilogram sarang dan anak lebah sebagai bahan utama.

Cara mengolahnya cukup praktis. Irisan sarang dan anak lebah dimasukan pincukan daun pisang, lalu disiram air bumbu adonan lombok, gula merah, asem, tomat, dan bawang merah. Kemudian direbus dalam dandang.

Warung Bu Misnah masih mempertahankan dapur kayu untuk memasak. Jika daun pisang layu kecoklatan, pertanda botok tawon telah matang dan siap disajikan.

Botok tawon diyakini bisa meningkatkan gairah stamina khususnya untuk kaum pria.  1 porsi menu botok tawon harganya bervariasi, antara Rp 5.000 hingga Rp 19.000 tergantung lauk pauk yang dipilih.

(Mevi Linawati)

Loading