Sukses

Indonesia Raya Temuan Roy Suryo Bukan Asli

Menurut sejarawan Muhammad T.W.H., rekaman lagu Indonesia Raya karya W.R. Supratman yang ditemukan pakar telematika Roy Suryo di server Perpustakaan Leiden, Belanda, diragukan sebagai versi asli.

Liputan6.com, Medan: Rekaman lagu kebangsaan Indonesia Raya karya W.R. Supratman yang ditemukan pakar telematika Roy Suryo Notodiprojo di server Perpustakaan Leiden, Belanda diragukan sebagai versi asli. "Saya tidak yakin rekaman itu merupakan lagu Indonesia Raya versi asli gubahan W.R. Supratman. Karena rekaman itu diproduksi pada tahun 1944 atau pada saat pendudukan Jepang," ujar pemerhati sejarah Muhammad T.W.H. kepada Antara di Medan, Senin (6/8) [baca: Indonesia Raya Versi Asli Ditemukan].

Menurut dia, rekaman produksi Chuo Sangiin (semacam Dewan Pertimbangan) tersebut diduga telah diubah oleh Jepang yang pada saat itu tengah berkuasa. Jelasnya, Jepang telah memerintahkan agar kata-kata dan irama lagu disesuaikan dengan keinginannya untuk mendukung situasi dan kondisi pada masa itu.

Melalui rekaman itu, imbuh Muhammad, dapat diketahui lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan penuh semangat dalam kegiatan baris-berbaris anggota Pembela Tanah Air (PETA), pemuda rekrutan Jepang untuk membantu pasukannya menghadapi perang di Asia Timur Raya yang pada masa itu tengah berlangsung.

"Karena itu kata-kata pada lagu tersebut ada yang berbeda dengan aslinya. Ada tiga stanza dan irama cobravura bukannya irama mars," ujar Muhammad. Lebih jauh wartawan senior itu mengatakan, sekiranya piringan hitam yang diproduksi Perusahaan Piringan Hitam Populer di Pasar Baru milik Yo Kim Chan ditemukan, maka didapat versi asli lagu Indonesia Raya karya W.R. Supratman.

Piringan hitam itu diproduksi Singapura pada tahun 1929, tetapi tidak dibenarkan masuk ke Indonesia oleh pemerintah Hindia Belanda karena memuat kata-kata `merdeka`,". urai Muhammad. Menurut hemat dia, rekaman lagu Indonesia Raya yang diproduksi pada zaman Jepang merupakan lagu Indonesia Raya versi Jepang, sementara lagu Indonesia Raya yang asli secara lengkap dapat dibaca dalam buku "Tragedi Kehidupan Seorang Komponis" karya Subagio I.N.

Ketika lagu itu diperdengarkan di depan Kongres Pemuda pada 28 Oktober 1928 di Gedung Kramat Raya No 106 Jakarta masih digunakan kata-kata "Indones, Indones, mulia tanahku negeriku yang kucinta".

"Lagu Indonesia Raya pertama kali dinyanyikan oleh gadis tanggung bernama Dolly puteri Haji Agus Salim di depan Kongres Pemuda 1928," jelas Muhammad T.W.H.

Berikut lagu Indonesia Raya versi asli menurut Muhammad T.W.H. sebagaimana termuat dalam buku Tragedi Kehidupan Seorang Komponis karya Subagio I.N.:

Indonesia tanah airku/tanah tumpah darahku/Di sanalah aku berdiri/menjadi pandu ibuku Indonesia kebangsaanku/kebangsaan tanah airku/Marilah kita berseru/Indonesia bersatu

Refrein : Hiduplah tanahku/hiduplah negriku
Bangsaku, jiwaku semua
Bangunlah rakyatnya/bangunlah bangsanya/Untuk Indonesia Raya
Indones, Indones, mulia, mulia/Tanahku, negriku yang kucinta
Indones, Indones, mulia, mulia/Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia tanah yang mulia/Tanah kita yang kaya
Di sanalah aku hidup/Untuk s`lama-lamanya
Indonesia tanah pusaka/Pusaka kita sem`wanya
Marilah kita berseru/"Indonesia Bersatu"!

Refrein : Suburlah tanahnya, suburlah jiwanya/Bangsanya rakyatnya sem`wanya

Sadarlah hatinya, sadarlah budinya/Untuk Indonesia Raya

Indones, Indones,mulia, mulia/Tanahku, negriku yang kucinta

Indones, Indones, mulia, mulia/Hiduplah Indonesia mulia.(Antara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini