Sukses

Film <i>Laksamana Keumalahayati</i> Dirilis


Liputan6.com, Jakarta: Selain sebagai hiburan, film juga bisa berfungsi menjadi media belajar yang efektif. Untuk itu, Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga meluncurkan film sejarah berjudul Laksamana Keumalahayati di Blitz Megaplex GI, Jakarta, Sabtu, (10/11). Peluncuran film ini sekaligus dalam rangka menyambut Hari Pahlawan dan Sumpah Pemuda.

Nama Keumalahayati mungkin terdengar asing bagi banyak orang. Padahal tidak sedikit jasa pahlawan perempuan asal Nanggroe Aceh Darussalam abad ke-16 ini dalam memperjuangkan kemerdekaan. Keumalahayati memimpin 100 armada kapal perang dan 2.000 pasukan Inong Balee atau janda-janda pejuang yang tewas saat berperang melawan Belanda. Bahkan, pasukan dia pernah menawan Cornelius de Houtman dan pasukannya.

Ine Febriyanti dan Sultan Saladin ikut mendukung film drama yang mengangkat kehidupan laksamana perempuan pertama di dunia ini ketika remaja. Dialog-dialog otentik sejarah ikut dikutip dalam film tersebut. Tak adanya adegan perang yang seru nyatanya tidak mengurangi antusiasme ratusan pelajar, mahasiswa, dan organisasi kepemudaan untuk menonton film berdurasi 90 menit itu. Rencananya, film ini dibuat versi kolosalnya pada Januari 2008.(YNI/Riko Anggara dan Hengki Rahman)