Sukses

Badan POM Terus Menguji Produk asal Cina

Badan Pengawas Obat dan Makanan mengimbau masyarakat mewaspadai bahaya formalin pada produk asal Cina, khususnya permen dan pasta gigi. Enam dari 39 sampel permen produk Cina dinyatakan positif mengandung formalin.

Liputan6.com, Jakarta: Adanya kandungan formalin pada sejumlah produk makanan asal Cina patut diwaspadai. Buktinya, enam dari 39 produk permen asal Cina yang dipilih secara acak, ternyata mengandung formalin. Penemuan ini berdasarkan uji laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Demikian diungkapkan Kepala Badan POM Husniah Thamrin di Jakarta, Selasa (24/7).

Walau demikian, Husniah menjelaskan, produk-produk itu mungkin saja dipalsukan. Ini merujuk data Badan POM bahwa permen yang beredar melalui seleksi Badan POM sama sekali tak mengandung formalin. Berbagai produk berbahaya asal Cina itu sebetulnya sudah cukup lama beredar di Indonesia. Pada awal Juni silam, pihak Badan POM sempat menyatakan tak mendapati produk Cina berbahaya di Indonesia [baca: White Rabbit Tidak Mengandung Formalin].

Saat ini pemerintah Cina telah bertindak tegas menghadapi produk berbahaya. Bahkan, Kepala Badan POM Cina (BFAD) divonis mati karena dinilai lalai, menerima suap, dan meloloskan produk yang belum diuji keamanannya [baca: Cina Memperketat Pengawasan Produk Makanan].

Agar aman mengonsumsi makanan impor, konsumen sebaiknya memperhatikan label di kemasan produk. Bila bertanda ML atau makanan luar, berarti makanan tersebut sudah melalui uji laboratorium dari Badan POM.(ANS/Vivi Oktoreza dan Jhoni Markos)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.