Sukses

Kanker Paru-Paru Menggerogoti Tubuh Chrisye

Chrisye divonis menderita kanker paru-paru dan tulang karena pola hidup tidak teratur dan kebiasaan beratnya, merokok. Kanker paru biasanya diawali batuk biasa berkepanjangan sampai batuk darah.

Liputan6.com, Jakarta: Salah satu legenda hidup Indonesia, penyanyi Chrisye saat ini terpuruk sakit. Sudah hampir dua tahun kanker paru dan tulang menggerogoti tubuh lelaki yang mempunyai nama asli Chrismansyah Rahardi ini. Salah satu penyebab Chrisye mengidap kanker paru karena ia sangat kuat merokok. Kini sambil berjuang melawan penyakit, Chrisye rajin menulis perjalanan hidup sebagai penyanyi.

Kanker paru menempati peringkat nomor enam di dunia sebagai penyakit dengan tingkat kematian tinggi. Di negara maju seperti Amerika Serikat, setiap tahun 100.000 orang terserang kanker paru, sekitar 8.000 di antaranya meninggal dunia. Sementara di Jepang tercatat 54.000 orang mengidap kanker paru. Sekitar 45.000 diantaranya meninggal dunia.

Selain akibat kecanduan rokok, kanker paru-paru menyerang karena pola hidup yang tidak sehat dan polusi udara. Gejala umum seperti penyakit batuk biasa kemudian diiringi sesak napas. Kondisi pasien dinilai parah setelah mengalami batuk darah dan bengkak di bagian tubuh tertentu.

Bagi para perokok berat diharapkan melakukan pemeriksaan rutin agar bisa mengetahui jenis penyakit yang menyerang tubuh. Syahrodi, misalnya. Dia baru tahu mengidap kanker paru stadium empat setelah menjalani diagnosa bronkoskopi atau diagnosa dalam.(KEN/Satya Pandia, Vivi Waluyo, Wisnumurti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.