Sukses

Pejabat Gubernur Papua Dilantik

Sodjuangan Situmorang menggantikan J.P. Salossa yang meninggal pada 19 Desember silam. Pejabat gubernur hanya bersifat sementara untuk mengawal penyelenggaraan pemerintahan di Papua sampai ada gubernur definitif.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri M. Ma`ruf melantik Direktur Jenderal Pemerintahan Umum Departemen Dalam Negeri Sodjuangan Situmorang sebagai pejabat Gubernur Papua. Pelantikan Sodjuangan dilaksanakan di Gedung Departemen Dalam Negeri, Jakarta, Senin (9/1). Sodjuangan menggantikan J.P. Salossa yang meninggal, 19 Desember silam [baca: J.P. Solossa Meninggal Dunia].

Hadir dalam pelantikan itu pelaksana harian Gubernur Papua Andi Basso Basaleng, jajaran musyawarah pimpinan daerah Provinsi Papua, sejumlah pimpinan Majelis Rakyat Papua, para bupati se-Papua dan Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi.

Sodjuangan segera pindah ke Papua sampai tugasnya sebagai pejabat gubernur berakhir. Pejabat gubernur hanya bersifat sementara untuk mengawal penyelenggaraan pemerintahan di Papua sampai ada gubernur definitif hasil pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan Februari mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Ma'ruf menyatakan akan segera melantik pasangan Nurmahmudi Ismail dan Yuyun Wirasaputra sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, Jawa Barat. Pelantikan ini, tambah Ma`ruf adalah wujud kepatuhan atas putusan Mahkamah Agung Nomor 01 PK/Pilkada/2005 yang mengabulkan permohonan peninjauan kembali sekaligus membatalkan keputusan Pengadilan Tinggi Jabar [baca: Pelantikan Wali Kota Depok Diserahkan Kepada Mendagri].(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini