Sukses

Walhi Menolak Pembukaan Lahan di Kalimantan

Walhi berpendapat pembukaan lahan 1,8 juta hektare di Kalimantan terkait penebangan kayu dan merusak beberapa taman nasional. Menurut M.S. Kaban, pembukaan lahan sesuai prosedur dan demi rakyat.

Liputan6.com, Jakarta: Wahana Lingkungan Hidup menentang rencana pemerintah membuka lahan seluas 1,8 juta hektare di Kalimantan. Lembaga nonpemerintah ini menilai rencana pembukaan lahan untuk perkebunan sawit ini dimotori oleh Departemen Keuangan. Karena itu, aktivis Walhi berunjuk rasa di depan Gedung Depkeu di bilangan Jakarta Pusat, Senin (5/12).

Protes ditunjukkan dengan membentangkan baliho dan pertunjukan seni yang menggambarkan penebangan hutan. Mereka berpendapat pembukaan lahan di perbatasan Indonesia dan Malaysia itu akan mengganggu lingkungan, terutama suaka alam Gunung Miut, Taman Nasional Bentuang Karimun, Taman Nasional Danau Sentarum, kawasan Gunung Muller, dan Taman Nasional Kayan Mentarang yang juga adalah daerah tangkapan air dan sumber penghidupan bagi masyarakat lokal.

Walhi juga menduga pihak Menteri Koordinator Perekonomian sangat ambisius membuka lahan karena terkait penebangan kayu. Padahal, seharusnya pemerintah belajar dari kasus pembukaan lahan gambut di Kalimantan yang dinyatakan gagal.

Namun, Menteri Kehutanan M.S. Kaban menyatakan, pembukaan lahan di perbatasan Malaysia itu sudah sesuai prosedur. Tujuannya juga untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.(TNA/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini