Sukses

Perpaduan Oncom dan Kelapa Sangrai di Laksa Bogor Mang Wahyu

Jika di Laksa Betawi kita akan menemukan udang rebon sebagai salah satu `bumbu` pada kuahnya, sedangkan Laksa Bogor justru menggunakan oncom

Bagi Anda pencinta kuliner, belum lengkap rasa bila belum pernah merasakan Laksa Bogor Mang Wahyu. Kedai laksa yang berlokasi di Gg Aut daerah Jl. Suryakencana ini, salah satu pusat kuliner Kota Bogor.

Di kedai sederhana ini, Laksa Mang Wahyu yang buka dari pukul 08.00 sampai 15.00 ini melayani para pelanggannya. Sambil menanti hidangan tersaji di meja, kita bisa melihat kebolehan dari Mang Wahyu pemilik kedai ketika mengolah Laksa Bogor ini.

Bahan dasar seperti bihun, tauge dan daun kemangi diguyur dengan kuah santan kuning kental yang panas hingga berulang-ulang. Tujuannya agar kuah tersebut bisa meresap ke dalam bihun ini. Baru kemudian disajikan bersama tahu kuning, telur rebus dan potongan ketupat. Tak lupa potongan oncom akan terselip begitu kita menikmati hidangan ini.

Jika di Laksa Betawi kita akan menemukan udang rebon sebagai salah satu `bumbu` pada kuahnya, sedangkan Laksa Bogor justru menggunakan oncom. Perbedaan inilah yang tentunya akan memberikan cita rasa yang berbeda juga.

Selain itu kuah Laksa Bogor juga cenderung lebih `kasar` karena parutan kelapa yang tampak disertakan dalam kuahnya plus taburan parutan kelapa sangrai alias serundeng di atasnya.

Satu porsi laksa Mang Wahyu ini sangat bersahabat dengan kantong. Cukup Rp 8.000 saja untuk menikmati salah satu kuliner legendaris di kota Bogor ini. Jadi silakan luangkan waktu anda jika ke Bogor untuk menikmati Laksa Bogor, salah satu hidangan khas kota ini, mantap buat makan siang.

(Bima Firmansyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.