Sukses

Momen Jan Ethes Ngebut Naik Sepeda Kejar Jokowi Saat Gowes di Yogyakarta, Bikin Paspampres Kewalahan

Jokowi, Jan Ethes, dan rombongan mereka gowes bersama, berangkat dari Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Ada momen yang menarik perhatian saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) gowes di Yogyakarta bersama cucunya, Jan Ethes Srinarendra, akhir pekan kemarin. Keduanya diketahui berangkat dari Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Di potongan klip yang dibagikan akun TikTok @cecesunandar163, Sabtu, 25 Mei 2024, anak sulung Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu terlihat mengayuh sepedanya sekuat tenaga untuk mengimbangi laju sepeda kakeknya. Video itu menyertakan keterangan, "Dengan susah payah, Jan Ethes gowes sepeda kawal Mbah Owi."

Saking ngebut, Ethes, yang saat itu memakai helm berwarna merah, tampak dipepet seorang petugas Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Ia tampak agak kewalahan menahan laju sepeda bocah delapan tahun tersebut, kendati akhirnya sukses mengatasi situasi tersebut.

Sementara di depannya, Jokowi terus mengayuh sepedanya sambil sesekali melambai pada masyarakat yang menyapanya dari sisi jalan. "Dalam hati Ethes mau bilang, 'Pelan-pelan mbah,'" kata seorang pengguna Tiktok. "Jan Ethes adalah pengawal yg dikawal 😭," sahut yang lain.

Menurut laporan kanal News Liputan6.com, Jokowi dan Ethes menggowes sepeda mereka melewati beberapa titik ikonis Kota Gudeg. Rutenya dari Jalan Wijilan, Alun-Alun Kidul, Pasar Ngasem, Alun-Alun Utara, hingga Titik Nol Kilometer. Kebersamaan kakek dan cucu ini membuat antusias warga Yogyakarta dan para wisatawan yang kebetulan berada di tempat yang sama. 

Seorang wisatawan dari Probolinggo, Jawa Timur, menggambarkan keberuntungannya bisa bertemu Jokowi dua kali dalam waktu singkat.

"Dari semalam sudah dapat kaus, terus ini dapat foto juga sama Bapak (Jokowi). Alhamdulillah senang banget," ceritanya penuh antusias. "Orangnya merakyat banget, jadi benar-benar sama masyarakat itu baik. Tadi diminta foto, disapa juga ramah banget orangnya. Sosok yang baik."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Liburan ke Candi Borobudur

Setelahnya, Jokowi bersama keluarga menghabiskan libur akhir pekan dengan mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 25 Mei 2024. Ia mengajak Ibu Negara Iriana, anak pertamanya sekaligus Wakil Presiden Terpilih periode 2024--2029, Gibran Rakabuming Raka, beserta istrinya Selvi Ananda.

Tampak pula dua anak Selvi dan Gibran, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih polos, sementara Gibran memakai kemeja bewarna biru tua.

Rombongan mereka tiba di Candi Borobudur pukul 10.00 WIB. Kehadiran Jokowi dan keluarga langsung menyita perhatian pengunjung lain yang juga menikmati keindahan salah satu situs warisan budaya dunia tersebut.

Alif dan Tira, pengunjung dari Makassar, mengaku kaget dengan kedatangan Jokowi di Candi Borobudur. Namun, keduanya bersyukur bisa berjumpa dengan Jokowi. "Surprise banget. Tadi kita lihat ada rombongan pejabat, tapi mobilnya mobil presiden, ternyata beliau yang datang," kata Alif dikutip kanal News Liputan6.com dari siaran pers Sekretariat Presiden, Sabtu, 25 Mei 2024.

3 dari 4 halaman

Interaksi dengan Cucu-cucunya

Tidak hanya mengejutkan wisatawan lokal, Natasha, mahasiswi asal Pakistan, terkesan dengan kedekatan Jokowi dengan rakyat Indonesia. "Di negara saya ada presiden, tapi tidak sedekat ini dengan penduduk lokal," tutur turis asing itu.

Pemandu dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Heri Setiawan mendampingi rombongan Jokowi selama kunjungan. Ia menyampaikan beberapa informasi tentang Candi Borobudur dan kelestariannya.

Menurut dia, Jokowi sempat bertanya terkait pengaturan pengunjung yang ingin naik ke atas candi. "Beliau menyambut baik, memberi tanggapan positif terkait pembatasan jumlah kunjungan karena mau tidak mau kunjungan tidak dibatasi nanti akan mengakibatkan percepatan perusakan dan pelapukan Candi Borobudur," sebut Heri.

Selama kunjungan, Jokowi berinteraksi dengan cucu-cucunya, mengajarkan mereka tentang sejarah dan pentingnya pelestarian situs bersejarah. Jan Ethes menanyakan tentang relief dan stupa. "Ini candi Buddha ya Mas Ethes? Kalau Candi Prambanan candi apa?" tanya Jokowi pada Ethes sebagaimana diceritakan Hari.

4 dari 4 halaman

Berjalan di Malioboro

Sepulangnya dari Candi Borobudur, mengutip siaran pers dari Kantor Sekretariat Presiden, Jokowi bertandang ke Jalan Malioboro untuk menyapa masyarakat pada Sabtu malam, 25 Mei 2024. Itu dilakukan sekira pukul 21.00 WIB saat ia berjalan kaki meninggalkan Istana Kepresidenan Yogyakarta.

"Presiden disambut dengan sorak sorai penuh kegembiraan dari masyarakat yang berkumpul. 'Pak Jokowi! Pak Jokowi,' seru masyarakat begitu Presiden Jokowi melangkahkan kakinya melewati gerbang utama Istana," bunyi siaran pers. Sambil berjalan sepanjang Malioboro, Jokowi tidak hanya bersalaman, tapi juga berfoto, membagikan kaus, dan memberi bantuan pada pedagang kecil. 

“Di satu sudut, Presiden berhenti menyaksikan atraksi barongsai yang tengah tampil, menunjukkan apresiasinya terhadap keberagaman budaya yang disuguhkan di Malioboro," sebut keterangan resmi tersebut. 

Sinta, seorang penjual es jeruk, mengungkap kegembiraannya mendapat bantuan dari Jokowi. "Sebenarnya sedih banget saya lihat Pak Jokowi di akhir kepemimpinan ini. Kayaknya kita bakalan kehilangan sosok yang rendah hati, yang mau dekat sama rakyat. Pokoknya sedih," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.