Sukses

Gibran Minta Maaf Bagi-Bagi Buku Bersampul Jan Ethes di Surabaya

Gibran mengungkapkan bahwa buku dengan sampul foto Jan Ethes itu sudah ada sejak 4 tahun lalu, sebelum dirinya mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil presiden terpilih Pemilu 2024, Gibran Rakabuming Raka meminta maaf lantaran kegiatan membagikan buku bersampul foto anaknya Jan Ethes ke sejumlah anak-anak SDN Margorejo VI, Surabaya, disorot sejumlah pihak.

"Jadi ya saya minta maaf kalau ada yang kurang berkenan," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah dikutip Jumat (14/6/2024).

Gibran mengungkapkan bahwa buku dengan sampul foto Jan Ethes itu sudah ada sejak 4 tahun lalu, sebelum dirinya mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden.

"Mohon maaf ya, itu kan bukunya sudah dari 4 tahun terakhir," ucap Gibran.

Sebelumnya, Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2024, Gibran Rakabuming Raka membagikan buku tulis bersampul foto anaknya, Jan Ethes ke anak-anak SDN Margorejo VI, Surabaya, Jawa Timur pada Kamis 6 Juni 2024.

"Ini ya adik-adik, ada susu dan buku tulis. Jangan berebut, jangan berebut," ujar Gibran kepada puluhan siswa di halaman sekolah.

Wali Kota Solo ini secara spontanitas mendatangi sekolah yang tepat berada di depan kediaman Khofifah Indar Parawansa tersebut. Saat akan berpamitan pulang, puluhan siswa SD meneriakkan nama Gibran dari lantai dua gedung sekolah.

Gibran yang mendengarnya urung naik mobil dan memilih mendatangi sekolah untuk bagi-bagi susu dan buku yang tersedia di dalam kendaraannya.

Gibran didampingi Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak saat membagikan susu, buku tulis serta gantungan kunci bergambar Gibran dengan karakter Naruto. Setelah itu, Gibran juga menyempatkan berfoto bersama para siswa dan sejumlah guru sekolah setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gibran Bagikan Buku Bersampul Jan Ethes, Begini Respons Sekjen PDIP

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengkritik kegiatan Gibran membagikan buku bersampul Jan Ethes ke sejumlah murid SDN Margorejo VI, Surabaya, Jawa Timur.

Hasto justru mengenang saat dirinya semasa sekolah dulu. Ia mengatakan, semasa kecil justru buku-buku yang dibagikan bergambar pahlawan nasional. Salah satunya yakni Pangeran Diponegoro.

"Ya kita mendidik anak kita dengan ketedalanan. Ketika saya kecil buku-buku itu dibagi gambar pahlawan nasional, pahlawan Diponegoro, Jenderal Sudirman, kemudian Bung Karno, Bung Hatta, Raden Adjeng Kartini. Itu dulu ketika kami kecil," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu malam (8/6/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.