Sukses

Aksinya Sempat Disorot Media Asing, Selebgram Ungkap Jalan Rusak bak Sungai untuk Tanggapi Jawaban Bupati Lampung Selatan

Di video baru, selebgram Ummu Hani kembali beraksi di jalanan penuh lubang di Lampung Selatan untuk menjawab ketidaktahuan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto akan jalan disebut seperti sungai.

Liputan6.com, Jakarta - Lagi, selebgram Ummi Hanni menggunakan akun media sosialnya untuk menyoroti isu jalan rusak di Lampung Selatan. Kali ini, ia berbagi video sebagai tanggapan dari jawaban Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

"INSYAALLAH SAYA AKAN SELALU BERUSAHA OBJEKTIF & KONSISTEN DGN ASPIRASI SAYA KOK PAK 😊SEMOGA BISA SEGERA DI REALISASI YA PAK @nanangermantoo 🤗 LAMPUNG SELATAN BISA JADI LEBIH BAIK LAGI 🏆," tulisnya sebagai keterangan video yang dibagikan Rabu, 22 Mei 2024.

Klip itu berawal dari rekaman Nanang menjawab pertanyaan awak media terkait kritik yang dilayangkan Ummu, awal bulan ini. "Pada prinsipnya gua enggak anti-kritik," sebut dia di video. "Gua terima kasih ada masukan-masukan dari selebgram-selebgram yang ingin menggugah."

Ia kemudian ditanyai tanggapan terkait komentar warganet yang menyebut jalan di Lampung Selatan sama seperti sungai. Nanang menjawab, "Yang mana? Jalan yang mana yang kayak sungai?" Menjahit rekaman itu, Ummi kembali beraksi di jalanan penuh lubang berisi genangan air berwarna cokelat.

"Mungkin jalanan seperti ini yang dimaksud, pak," sahutnya. Di video disebut berlokasi di Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan itu, Ummi tampak melompat-lompat menghindari genangan air di jalan rusak tersebut. Ia juga memperlihatkan momen saat ada mobil melintasi jalan tersebut.

Konten berlanjut memperlihatkan rekaman Nanang meminta jalan yang sudah bagus juga diviralkan. Itu dijawab dengan memperlihatkan klip jalan beraspal cukup mulus. "Video jalan mulus adalah wujud aspirasi kami yang sudah direalisasi," tulis si selebgram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemotretan di Jalan Rusak

Konten ini pun menuai pujian warganet. "Kak Ummu ini konsisten banget buat terus ngomongin jalan-jalan rusak di Lampung. Kondisinya parah banget dan emang harus langsung diperbaiki. Gak perlu berkilah dengan ngomong (jalanan) yang bagus juga harus diviralin," kata seorang pengguna Instagram.

Sebelumnya, ia berfoto di jalan rusak di Lampung Selatan untuk menyuarakan berbagai aspirasi, dan unggahan ini berhasil menarik perhatian media asing, tepatnya publikasi Malaysia, World of Buzz. Di unggahan yang dibagikan pada 3 Mei 2024 tersebut, Ummu menandai beberapa akun pejabat, termasuk wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

Selebgram itu menulis, "Untuk ke sekian kalinya kami memohon dan meminta pada pihak-pihak terkait untuk realisasi perbaikan infrastruktur jalan ini, karena jalan ini merupakan salah satu akses utama yang menghubungkan antar desa dan kecamatan."

"Sudah banyak dampak merugikan yang dirasakan karena jalan rusak ini, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, dan kesehatan 🥹," imbuhnya. "Cukup jalan ini aja yang rusak, jangan sampai kepercayaan warga ikut rusak juga 😊."

3 dari 4 halaman

Dukungan Warganet

Ummu menyambung, "Yok bisa yokkkk Lampung Selatan lebih baik lagi ☺️💪🏻 📍 Kec. MERBAU MATARAM (dan menurut saya, akses jalan hampir rata rusak parah)." Di sederet foto, ia juga memegang kertas dengan suara-suara protes serupa. Gaun hitamnya tampak kotor dan basah terkena genangan air yang tampak berwarna cokelat. Ia bahkan berpose dengan mencipratkan air kotor tersebut.

Sederet potret tersebut diapresiasi warganet. "Totalitas banget kakakku. Semoga ada perubahan lebih baik ya, pemda peka dengan suara warganya," harap seorang pengguna, yang lain menimpali, "Ya ampun totalitas banget mengkritiknya 😢."

"Mending kita open donasi untuk biaya oprasi mata dan telinga para pejabat, kasian mereka tidak bisa mendengar suara rakyat dan tidak bisa melihat masalah yang terjadi di luar gedung kerja," sindir seorang pengguna. "Udah totalitas gini klu msh gak di gubris kebangetan pak pak 😢 semangat kakak syggg ❤️❤️❤️," sahut warganet lain.

Ada juga yang berkomentar, "Secara baju warna hitam melambangkan kesedihan, foto diambil saat siang hari menunjukan seperti inilah jalannya kalau malam lebih ngeri lagi." "17 tahun di kampungku gak pernah nginjek aspal mulus , apa harus ky gini juga ya, viralkan lebih cepet daripada proposal?" respons seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

ini bukan kali pertama Ummu melakukan sesi pemotretan tidak biasa itu. Lewat akun Facebook-nya pada 2021, selebgram ini berbagi fotonya duduk di jalanan rusak dan berlubang. Jalan itu pun dipenuhi lumpur dan genangan air berwarna cokelat.

Kondisi jalan yang rusak parah dan berlubang itu disebut kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Bahkan, Ummu mengaku sempat mengalami kecelakaan di jalan yang rusak tersebut bersama suaminya. Lebih dari 25 foto di jalan yang rusak tersebut diunggah Ummu Hani ke akun Facebook-nya pada 10 Februari 2021.

Aksi tersebut dilakukan untuk menyindir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan terkait kondisi Jalan Raya Tanjung Bintang yang tidak pernah mulus. Menurut Ummu Hani, kerusakan pada jalan tersebut sudah terjadi sejak bertahun-tahun lalu.

Tidak butuh waktu lama bagi sederet potret tersebut untuk jadi viral dan diunggah ulang berbagai akun media sosial. Tidak sedikit orang dibuat heran dengan aksi Ummu, namun tetap menunjukkan dukungan pada kritik yang dilayangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.