Sukses

Fakta-Fakta Met Gala 2024, Hajatan Amal Eksklusif Sekaligus Adu Gaya Selebriti

Met Gala 2024 menampilkan sekitar 250 item langka yang diambil dari koleksi permanen Institut Kostum. Mencakup lebih dari 400 tahun sejarah mode, karya-karya tersebut akan mencakup desain oleh Schiaparelli, Dior, Givechy, dan banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Met Gala 2024 berlangsung pada Senin malam, 6 Mei 2024. Pameran Costume Institute 2024 di The Metropolitan Museum of Art. Bertajuk "Sleeping Beauties: Reawakening Fashion," aturan berpakaian resminya adalah "The Garden of Time."

Mengutip dari laman Vogue, Selasa (7/5/2024), pameran ini menampilkan sekitar 250 item langka yang diambil dari koleksi permanen Institut Kostum. Mencakup lebih dari 400 tahun sejarah mode, karya-karya tersebut akan mencakup desain oleh Schiaparelli, Dior, Givechy, dan banyak lagi.

Secara tradisional, acara ini bertepatan dengan pembukaan pameran fesyen tahunannya. Tahun demi tahun, acara ini menghasilkan pendapatan sebesar delapan digit. Beberapa pakaian lama yang terlalu ringkih atau rapuh untuk dipakai lagi juga akan ditampilkan melalui format animasi video, proyeksi cahaya, AI, CGI, dan bentuk sensasi sensorik lainnya. 

Andrew Bolton, Kurator Wendy Yu yang bertanggung jawab di Institut Kostum, mengungkapkan bahwa pameran ini akan dibuat sekitar tiga "zona" utama yaitu Tanah, Laut, dan Langit untuk menghormati alam. "Ini merupakan pujian terhadap alam dan puisi emosional dari fesyen," katanya.

Masih penasaran dengan penyelenggaraan Met Gala 2024? Berikut simak fakta-faktanya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pembawa Acara Met Gala 2024

Pembawa acara Met Gala 2024 adalah Zendaya, Jennifer Lopez, Bad Bunny, dan Chris Hemsworth. Mereka mengikuti grup bertabur bintang tahun lalu: Penélope Cruz, Michaela Coel, Roger Federer, Dua Lipa, dan Anna Wintour dari Vogue. Anna Wintour telah menyelenggarakan Met Gala sejak 1995, menjadikannya perayaan mode tahunan yang sangat digemari hingga sekarang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Dress Code Met Gala

Dress code Met Gala tahun ini adalah "The Garden of Time". Terinspirasi oleh J.G. Cerpen Ballard dengan judul yang sama dan ditulis pada 1962, dress code dapat ditafsirkan dengan berbagai cara. Namun, kita mungkin akan melihat banyak tampilan bunga dan tumbuhan menghiasi karpet merah Met Gala yang terkenal. 

 

 

3. Siapa yang diundang ke Met Gala?

Hingga malam sebelum acara, daftar tamu dirahasiakan. Namun beberapa nama besar dalam bisnis ini rutin hadir—mulai dari Beyoncé dan Gigi Hadid hingga Madonna dan Rihanna.

Para desainer biasanya hadir dengan membawa inspirasi mereka, misalnya Marc Jacobs dan Kate Moss, atau Nicolas Ghesquière dan Emma Stone. Lihat semua yang termasuk dalam bagan tempat duduk Met Gala di sini.

4. Siapa yang menghadiri Met Gala?

Acara ini biasanya dihadiri sekitar 450 peserta, menyambut bintang, kreatif muda, dan panutan industri setiap tahunnya. Kunjungi kembali beberapa penampilan terbaik dari peserta lama seperti Blake Lively, Sarah Jessica Parker, Rihanna, dan masih banyak lagi penampilan Met Gala terbaik sepanjang masa.

3 dari 4 halaman

5. Di Mana Menonton Met Gala 2024?

Met Gala 2024 berlangsung Senin malam, 6 Mei. Selama empat tahun berturut-turut, Vogue mengadakan siaran langsung eksklusif malam itu, di mana Anda dapat menyaksikan semua aksi dari karpet merah secara real time.

Tahun ini, live streaming Vogue Met Gala akan dipandu oleh aktor Gwendoline Christie, produser dan aktor La La Anthony, dan model Ashley Graham. Emma Chamberlain kembali sebagai koresponden khusus Vogue, untuk mewawancarai beberapa bintang terbesar di karpet.

6. Aturan Saat Menghadiri Met Gala 2024

Tamu harus mematuhi kebijakan dilarang menggunakan telepon karenanya dilarang menggunakan media sosial. Namun, Anda dapat melihat foto-foto eksklusif dari dalam Met Gala 2023 di sini dan melihat sekilas penataan meja, menu, dan dekorasinya.

Kendall Jenner juga memberi kita gambaran di balik layar Met Gala melalui kameranya pada tahun 2021. Acara tersebut biasanya melibatkan artis terkenal seperti Rihanna atau Justin Bieber. Dan para tamu selalu menjelajahi pameran sebelum duduk bersama untuk makan malam.

4 dari 4 halaman

7. Donasi Met Gala 2024

Euforia Met Gala 2024 sudah terasa dari jauh-jauh hari ketika tema diumumkan. Anna Wintour, petinggi majalah mode Vogue dan individu paling berpengaruh di industri mode, menentukan siapa saja yang boleh hadir di acara amal tersebut. Sekalipun akses tetap terbuka bagi siapapun yang mau membeli tiket dengan harga fantastis.

Met Gala jadi ajang tahunan yang ditunggu-tunggu. Ini jadi saat yang tepat untuk menyegarkan ingatan tentang semua penampilan ikonik masa lalu yang menghiasi karpet merah.

Sesuai misinya, Met Gala digelar untuk mencari dana demi membiayai pameran mode di The Met. Tahun 2023, donasi yang terkumpul mencapai 22 juta dolar AS atau setara Rp352,8 miliar.

Donasi juga didapatkan dari penjualan tiket. Menurut New York Times, harga tiket satuan MET Gala 2024 dijual seharga 75 ribu dolar AS yang setara Rp1,2 miliar atau naik 25 ribu dolar AS. Adapun tiket untuk satu meja lebih mahal lagi, yakni 350 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,6 miliar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.