Sukses

Sandiaga Uno Nobar Semifinal Piala Asia U23 2024 Bareng Gibran, Pancing Warganet Merujak Wasit Shen Yinhao

Nobar laga timnas Indonesia di semifinal Piala Asia U23 2024 nyatanya bukan satu-satunya agenda Sandiaga Uno bersama Gibran Rakabuming Raka di Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Aliran dukungan terus disuarakan untuk tim nasional (timnas) Indonesia yang harus mengakui keunggulan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U23 2024 dengan skor akhir 0-2. Ini salah satunya datang dari Manteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang berbagi momen nobar bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Sandi menulis di unggahan Instagram-nya, Selasa (30/4/2024), "Tetap semangat Garuda Muda! Masih ada peringkat 3 yang bisa kita raih dan lolos ke olimpiade (Paris). Semalam saya bersama Mas @gibran_rakabuming nobar di halaman Balai Kota Solo. Ramai, seru, dan menegangkan!"

"Meski Timnas harus menerima kekalahan, percayalah kalian semua pemenang di hati masyarakat Indonesia. Terima kasih sudah menjadi team yang membawa persatuan bangsa menjadi lebih solid," tandasnya.

Di kesempatan itu, Menparekraf tampak memakai jersey timnas Indonesia sebagai bentuk dukungan, sementara Gibran, yang duduk di sampingnya, tampil dengan outer batik yang dikenakan di atas atasan hitam. Siapa sangka, unggahan ini justru memancing warganet merujak wasit pertandingan Shen Yinhao yang wajahnya terpampang di foto ketiga.

Mendapati itu, Sandi menambahkan di kolom komentar, "Lho lho lho, perasaan cuma upload 2 foto. Kalau begitu utk foto ketiga, waktu & tempat saya persilahkan untuk netijen." Pengguna dunia maya memang riuh menyayangkan keputusan wasit Shen, mulai dari terkait menganulir gol Muhammad Ferrari sampai memberi kartu merah pada kapten timnas, Rizky Ridho.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Publik

Seorang pengguna berkomentar, "Mainnya tal tul... Kualitas permainan dan fisik Uzbek di atas timnas kita... Meskipun mereka banyak drama dan keputusan wasit yang menguntungkan mereka... Saatnya evaluasi untuk persiapan sisa tiket ke olimpiade Paris.... Semangat Garuda !!!🔥🔥🔥."

"Masih ada dua kesempatan pak untuk ke olimpiade, antara juara 3 dan menang playoff lawan Guinea, Optimis🔥," sahut yang lain. "Mari kita Fokus juara 3 untuk tiket olimpiade 🔥👏 bravo @timnas.indonesia @shintaeyong7777 🔥👏," timpal pengguna berbeda.

Ada juga yang berkelakar bahwa itu gara-gara foto Sandi tidak ada di poster nobar maupun dukungan untuk timnas U23, sebagaimana pejabat lain. "Efek ga ada poto bapak si di posternya 😭," canda seorang warganet.

Sebagai konteks, Menparekraf sempat bercanda terkait ini melalui cuitan di akun X-nya kemarin, Senin, 29 April 2024. "Foto sayanya mana…? Wah kartu kuning nih desainernya wkwkwkwk," tulisnya mengomentari unggahan dukungan yang dibagikan akun X Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

3 dari 4 halaman

Menghadiri Solo Menari 2024

Nobar pertandingan timnas U23 bukan satu-satunya agenda Sandiaga Uno di Solo. Ia kedapatan menghadiri acara Solo Menari 2024 di Balai Kota Surakarta, Senin, 29 April 2024, mengatakan acara yang juga masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Solo.

"Hari Tari Sedunia pada 29 April mudah-mudahan semakin menggeliatkan ekonomi dan seni budaya di Kota Solo," kata Menparekraf dalam rilis pers yang diterima Lifestyle Liputan6.com, Selasa (30/4/2024). Solo Menari merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Solo dalam menyambut Hari Tari Sedunia.

Tahun ini, Solo Menari mengangkat tema "Animal Movements," yang sesuai namanya, menyoroti gerakan hewan sebagai sumber inspirasi para penari yang tampil. Solo Menari 2024 yang diikuti ratusan penari diselenggarakan di berbagai tempat di Solo, yakni Taman Sriwedari, Solo Safari, serta Balai Kota Solo dengan masing-masing tempat menampilkan beragam jenis tarian yang berbeda.

Menurut Sandi, penyelenggaraan Solo Menari kian memperkuat predikat Kota Solo sebagai Jaringan Kota Kreatif UNESCO untuk kategori kerajinan dan kesenian rakyat. "Posisi UNESCO ini harus terus dipertahankan, kita harapkan ekosistem ekonomi kreatif di Solo akan semakin baik," sebut Menparekraf.

4 dari 4 halaman

Perkuat Kolaborasi dan Jejaring

Sebelumnya, Sandi sudah lebih dulu mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kota Solo untuk terus memperkuat kolaborasi dan jejaring antarsesama dalam upaya menciptakan peluang usaha, serta lapangan kerja. Ini dikatakan saat menghadiri acara Kelana Nusantara di Ono Solo Coffee, Kota Surakarta, Senin, 29 April 2024.

Menparekraf mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pihaknya mendorong penguatan kolaborasi antara para pelaku ekonomi kreatif di Kota Solo. "Kelana Nusantara hadir untuk memberi semangat pada pelaku UMKM kreatif. Kami ingin mendorong, serta memperkuat jejaring dan kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif," kata dia.

Solo, sebut dia, telah dikenal sebagai salah satu kota kreatif terbaik di Indonesia, dengan kuliner, kriya, dan seni pertunjukan sebagai subsektor unggulan. "Saya titip pesan pada Pak Wali (Gibran Rakabuming Raka) dan jajarannya agar branding (kota kreatif) UNESCO bisa terlihat di sejumlah spot yang baik, mulai dari bandara, stasiun kereta, sampai destinasi wisata," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.