Sukses

6 Rekomendasi Tempat Jajan Bakso Legendaris di Jabodetabek, Makanan Wajib Saat Lebaran

Berikut daftar rekomendasi tempat 'ngebakso' legendaris di wilayah Jabodetabek saat lebaran. Dijamin enak!

Liputan6.com, Jakarta - Selesai bermaaf-maafan dengan keluarga, tetangga, dan teman-teman, waktu siang hari di Idulfitri paling mantap dihabiskan untuk makan bakso. Makanan berkuah dengan bola-bola daging yang gurih seakan memanggil mulut karena rindu berpisah selama bulan Ramadan.

Kalau kamu adalah salah satu orang yang tiap tahunnya jajan bakso di hari Lebaran, pastinya kamu tidak boleh melewatkannya di tahun ini. Ada berbagai macam bakso yang bisa dicoba seperti bakso aci, bakso malang, bakso rawit, tapi yang paling juara tentunya bakso daging urat.

Makanan favorit masyarakat Indonesia ini tersedia hampir  di seluruh penjuru negeri. Untuk kamu warga Jabodetabek, mari simak enam rekomendasi tempat jajan bakso legendaris yang dijamin enak dan menggoyang lidahmu, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa, 9 April 2024.

 

1. Bakso A Kiaw 99, Mangga Besar

Di antara kios-kios restoran China, ada satu kios bakso yang cukup ternama, Bakso A Kiaw 99 namanya. Lokasinya terletak di Jalan Mangga Besar No. 2B, Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat

Bakso A Kiaw 99 punya pilihan kondimen yang lebih beragam mulai dari irisan daging sapi, sengkel, urat, hingga babat. Di sini juga tersedia tiga pilihan menu bakso. Ada bakso polos, bakso urat, dan bakso ikan.

Semangkuk bakso A Kiaw 99 disajikan dengan tambahan mi kuning, kuah kaldu, dan bawang goreng. Harga per porsinya tergantung jenis kondimen apa yang dipilih. Untuk semangkuk bakso polo dan mi dihargai Rp50 ribu. Umat Islam yang hendak jajan bakso di sini juga tak perlu khawatir karena sudah halal.

Kedai bakso ini buka setiap hari dari pukul 15.00 hingga 23.00 WIB untuk hari Senin-Sabtu dan pukul 13.00 hingga 23.00 WIB untuk hari Minggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bakso Cendana, Menteng

Bakso ini disebut-sebut sebagai langganannya keluarga Cendana alias keluarga mantan Presiden ke-2 RI, Soeharto. Saat ini, bakso gerobak tersebut mangkal di sudut halaman gedung Komisi Perlindungan Anak Indonesia di Jalan Teuku Umar No. 1, Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Usaha bakso yang sudah dirintis sejak 1960-an ini menyajikan bakso daging sapi dan bakso telur. Semangkuk Bakso Cendana berisikan bakso sapi kecil, bakso urat, tetelan, mi kuning, bihun, taoge, dan sawi. Satu porsinya dijual dengan harga Rp20 ribu. Bakso yang tadinya mangkal di Jalan Cendana ini buka setiap hari dari  pukul 09.00 hingga 20.00 WIB. 

 

3. Bakso Kraton, Depok

Berlokasi di Jalan Siliwangi No. 4, Pancoran Mas, Kota Depok, Bakso Kraton jadi salah satu kuliner legendaris yang disukai banyak warga Kota Belimbing tersebut. Kedai ini menyajikan jenis bakso daging sapi yang kenyal dan kuah berisi tetelah gurih yang bisa membuatmu tidak berhenti mengunyah.

Selain menyediakan menu bakso, Bakso Kraton Depok juga menjual beberapa jenis hidangan lain, seperti udang, gurame, dan cumi. Seporsi bakso daging sapi berkisar dari Rp19 ribu hingga Rp35 ribu, tergantung jenis bakso yang dipesan. Tempat ini buka setiap hari hingga pukul 22.00 WIB.

3 dari 4 halaman

4. Bakso Mas Trisno, Karawaci

Di Tangerang kamu bisa menemukan kuliner bakso solo yang enak dan sudah melegenda. Ada Bakso Mas Trisno yang berlokasi di Perumnas 2 Karawaci Kota Tangerang. Di sini tersedia berbagai pilihan bakso, mulai dari bakso kecil, bakso urat, hingga bakso isi telur.

Lokasinya pun cukup luas untuk dijadikan tempat berkumpul dan makan bersama keluarga besar. Semangkuk Bakso Mas Trisno berkisar antara Rp16 ribu hingga Rp30 ribu tergantung jenis bakso yang dipilih. 

Alamat lengkapnya ada di Jalan Melati Raya Blok B5 No. 8, Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Kedai ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB dan pukul 09.00 hingga 22.00 WIB untuk hari Sabtu.

 

5. Bakso H. Yatmin, Bekasi Timur

Warga Bekasi pastinya kenal dengan kedai bakso legendaris ini. Sudah buka sejak 1966, Bakso H. Yatmin di Bekasi Timur menyajikan berbagai macam menu bakso, mulai dari bakso polos, bakso urat, bakso isi daging cincang, hingga mi ayam bakso.

Kedai bakso ini digemari oleh warga Bekasi sebab kuah kaldu gurihnya yang tak pernah berubah sejak dahulu. Selain bakso, kedai ini juga menyajikan mi ayam dan mi yamin yang tak kalah enaknya. Seporsi Bakso H. Yatmin dipatok harga berkisar dari Rp.10 ribu hingga Rp30 ribu.

Berlokasi di Jalan KH. Agus Salim No.29, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, kedai ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.30 WIB. Kalau ke sini, jangan lupa untuk mencoba es teler yang segar sebagai pencuci mulut.

 

4 dari 4 halaman

6. Bakso PMI, Bogor

Satu lagi kedai bakso legendaris ada di Kota Hujan. Bakso PMI yang punya tiga cabang di Bogor ini dikenal karena bakso rudalnya yang besar dan mantap.

Disebut sebagai Baksi PMI karena kedai bakso ini pertama kali berjualan di belakang kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Bogor, di Jalan Abiyasa Raya No. 69. Kini, mereka membuka cabang di dua lokasi lain, yakni Jalan Achmad Adnawijaya dan Jalan Bangbarung Kantin Gendis.

Bakso PMI menyediakan menu bakso campur yang berisi bakso kecil, pelengkap seperti, mi kuning, bihun, atau kwetiau. Juga sayuran seperti taoge dan irisan sawi. Satu mangkuk bakso campur ini dihargai Rp22 ribu. Selain bakso campur yang orisinal,  Bakso PMI juga menyediakan menu ala carte bakso rudal seharga Rp28 ribu rupiah tanpa kondimen.

Selain itu, kedai ini juga menjual mi ayam dengan tambahan bakso seharga Rp25 ribu rupiah per mangkuk dan sejumlah minuman seperti teh tawar, es teh manis, es jeruk, dan minuman botol mulai dari Rp1 ribu hingga Rp7 ribu. Kedai bakso ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.30 WIB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini