Sukses

Asal-mula Tradisi Parsel Lebaran di Indonesia, Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan

Parsel lebaran jadi sarana untuk menjalin silaturahmi dengan sanak saudara atau kolega lewat isinya yang ditata cantik.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran merupakan momen yang penuh dengan kebahagiaan, kebersamaan, dan berbagai tradisi yang khas. Salah satu tradisi yang tak terpisahkan dari perayaan Hari Raya lebaran adalah tradisi pemberian parsel. Mengutip kanal Citizen6 Liputan6.com pada Selasa, 26 Maret 2024, tradisi berbagi parsel ini ternyata sudah ada sejak momen panen raya yang berlangsung di masa kerajaan abad ke-16. 

"Hantaran Lebaran yang hingga saat ini populer di kalangan masyarakat Indonesia merupakan bentuk transformasi dari tradisi hantaran hasil bumi yang dipersembahkan rakyat kepada raja dan kemudian dari raja untuk rakyatnya," ujar sejarawan kuliner Universitas Padjadjaran, Fadly Rahman, dikutip dari Merdeka. 

Pada masa kerajaan, masyarakat jelata biasa menghantarkan hasil buminya untuk raja. Ketika raja mengadakan pesta panen, biasanya akan membekalkan hasil olahan dan berbagai macam makanan serta kue yang akan dibawa pulang oleh rakyatnya. 

Pada masa kolonial, kue-kue kering dalam kemasan toples mulai dikenal dan dijadikan parsel Lebaran yang diberikan keluarga Eropa untuk keluarga priyayi pribumi. Kue kering tersebut merupakan kue yang identik dengan lebaran saat ini, seperti nastar, kastengel, lidah kucing, dan putri salju.

Dalam perkembangannya, kini parsel lebaran tidak hanya berisi kue-kue saja. Ada berbagai macam barang yang bisa ditata menjadi parsel lebaran. Berikut merupakan ide parsel lebaran yang bisa dijadikan referensi, dikutip dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Parsel Kosmetik dan Self Care

Ide pertama untuk parsel lebaran adalah berisi kosmetik dan produk perawatan tubuh. Mengingat Hari Raya Idulfitri adalah momen tepat untuk membersihkan dan menyucikan diri, barang-barang tersebut jelas akan terpakai oleh penerima, apalagi bila Anda mengetahui produk kesukaannya.

Anda bisa mengisi parsel dengan masker wajah, hair serum, kuas untuk masker, liptint, yang bisa dikreasikan dengan aksesori lainnya seperti jepit rambut atau bando seperti yang ada pada unggahan Instagram @larosaskincarecosmetic. Beragam jenama kosmetik lainnya juga menyediakan parsel yang mirip, seperti The Body Shop.

 

2. Parsel Alat Ibadah

Parsel ini bisa jadi alternatif untuk memberi hantaran lebaran kepada teman atau kerabat. Alat ibadah pasti akan dipakai oleh penerimanya dan jangka pemakaiannya pasti akan lama. Dengan Anda memberi parsel alat ibadah, setiap pemakaiannya akan ada pahala kebaikan yang mengalir untuk Anda.

Isinya bisa berupa sajadah, tasbih, mukena, Alquran, kerudung, peci, sarung, baju koko, ataupun gamis, tergantung kebutuhan calon penerima. Contohnya seperti parsel lebaran yang dibagikan akun Instagram @hawamukena pada Minggu, 25 Februari 2024. 

3 dari 4 halaman

3. Parsel Alat Makan

Tidak kalah pentingnya, ide parsel yang satu ini juga akan bermanfaat jangka panjang. Untuk menambah cantik parsel Anda, bisa memilih alat-alat makan yang bermotif. Selain fungsional, juga ada nilai seninya.

Anda bisa mengisi parsel dengan mangkuk, piring, sendok, garpu, sumpit, atau gelas bermotif batik seperti unggahan akun Instagram @goodsnco.id pada Rabu, 14 Februari 2024. Jangan lupa membungkus parsel Anda dengan box khusus, atau Anda juga bisa mengkreasikan sendiri bungkus parsel Anda. Bisa juga ditambahkan dengan kartu ucapan untuk orang tersayang.

 

4. Parsel Dompet

Beda dari yang lain, Anda bisa memberi orang terkasih Anda dengan dompet. Tidak hanya untuk kado ulang tahun saja, dompet juga bisa menjadi parsel lebaran. Sama seperti yang lainnya, sudah tentu ini juga akan bermanfaat bagi pemakainya.

Agar isi parselnya tidak terlihat kosong, Anda bisa menambahkan aksesori seperti ikat rambut, kartu ucapan, dan aksesori lainnya seperti yang diunggah di Instagram @moonzaya.jember pada Minggu, 3 April 2022. Selain bisa digunakan untuk sehari-hari, dompetnya juga bisa digunakan sebagai wadah untuk memberikan atau menerima uang THR.

4 dari 4 halaman

5. Parsel Isi Sembako

Jika parsel berisi kue-kue hanya bertahan hingga beberapa bulan saja, parsel sembako ini tentunya bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama. Setelah hari raya, tidak usah khawatir lagi soal kebutuhan pokok karena dapat parsel isi ini.

Untuk isinya, tidak harus lengkap sembilan bahan pokok, tapi Anda bisa memilih beberapa saja. Anda juga bisa kreasikan dengan hal lainnya seperti yang diunggah di instagram @teabyamate pada Selasa, 5 Maret 2024.  Dalam foto tersebut dia memakai varian teh untuk dijadikan sebagai isian parsel. Dia juga menambahkan seperti lilin aroma, dan gelas gold dengan motif yang cantik.

Anda bisa meniru ide tersebut sebagai ide untuk parsel lebaran. Anda bisa mengganti teh dengan kebutuhan lainnya seperti dengan kopi, gula, beras, atau lainnya. Jangan lupa bungkus dan hias dengan cantik agar terlihat menarik.

 

6. Parsel Isi Parfum

Parfum menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Jadi, ketika Anda memberikan parsel dengan isi parfum tentunya akan sangat berguna. Anda bisa mengisi dengan berbagai jenis aroma parfum.

Anda juga bisa menambahkan pelengkap seperti tasbih atau aksesori lainnya agar parsel Anda terlihat lebih banyak dan beragam. Parsel dengan variasi parfum pada unggahan @loemoga Rabu, 6 Maret 2024 bisa jadi referensi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini