Sukses

Tak Seperti Kate Middleton, Mengapa Pangeran William Tak Pakai Cincin Kawin?

Bila Pangeran William tak pernah terlihat memakai cincin kawin, Kate Middleton selalu memakainya di acara publik. Maka, saat ia tak mengenakan benda itu di foto Hari Ibu, publik pun jadi menggunjingnya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak mata tertuju pada Kate Middleton saat fotonya bersama ketiga anaknya dirilis di Hari Ibu pada Minggu, 10 Maret 2024. Selain soal manipulasi foto, warganet juga mempertanyakan soal Kate yang tak mengenakan cincin pertunangan dan cincin kawinnya di foto tersebut.

Pertanyaan itu akhirnya dijawab perwakilan Putri Wales. Media Inggris, Mirror melaporkan bahwa, "Kantor Kate secara sederhana merespons pertanyaan seputar cincinnya (yang tak dipakai) dengan menyebutkan anggota kerajaan itu 'sedang di rumah' ketika foto itu diambil."

Perempuan bernama lengkap Catherine Elizabeth Middleton itu tidak pernah meninggalkan cincin kawin dan cincin pertunangan bermata safir biru saat menghadiri acara publik. Tapi, itu berlaku sebaliknya pada Pangeran William. Banyak yang penasaran mengapa anak sulung Raja Charles III itu tidak memakai cincin kawinnya, padahal adiknya, Harry, selalu terlihat mengenakannya.

Mengutip Hello Magazine, Minggu (17/3/2024), jawabannya ternyata sederhana. Pangeran William tidak suka perhiasan apapun dan itu selalu jadi alasannya. 

Maka itu, sebulan sebelum pernikahannya digelar pada 2011, Istana St. James mengumumkan bahwa William tidak akan diberikan cincin untuk ia dan pengantin wanitanya saling bertukar sumpah di Westminster Abbey. Sumber istana mengungkapkan saat itu bahwa pilihan William karena terkait gaya personalnya.

"Dia bukan orang yang menyukai perhiasan," jelas mereka. "Dia tidak pernah memakainya. Dia memutuskan tidak ingin memakainya sekarang. Itu semua tergantung pada preferensi pribadinya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beda Pangeran William, Raja Charles III, dan Pangeran Harry soal Cincin Kawin

Pada 2018, komentator kerajaan Eloise Parker membahas hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan Marie Claire. "Meskipun merupakan tradisi bagi wanita kerajaan untuk mengenakan cincin pertunangan dan cincin kawin setelah mereka menikah, namun tidak pernah menjadi tradisi bagi pria kerajaan untuk memakainya," kata pakar kerajaan tersebut.

"Itulah mengapa Pangeran Philip dan Pangeran William tidak memakainya. Saya pikir ketika pernikahan Anda ditonton oleh jutaan orang, semua orang tahu Anda sudah menikah."

Meski telah menikah dengan Ratu selama lebih dari 70 tahun, Pangeran Philip tidak pernah mengenakan cincin kawin. Sebagai perbandingan, ayah William, Raja Charles, memakai cincin emas klasik di jari kelingking tangan kirinya. Sementara itu, Harry memilih tampilan cincin kawin yang lebih modern dengan memilih cincin platinum berdesain ramping. 

Harry dan Meghan meminta pembuat perhiasan istana, Cleave and Company, untuk membuat perhiasan pernikahan mereka, yang diungkapkan pihak istana dalam sebuah pernyataan tepat sebelum pernikahan kerajaan. 

"Cincin Ms. Markle dibuat dari sepotong Emas Welsh, yang dihadiahkan oleh Yang Mulia Ratu. Cincin Pangeran Harry akan berupa cincin platinum dengan hasil akhir bertekstur. Kedua cincin tersebut dibuat di bengkel Cleave," demikian bunyi pemberitahuan tersebut.

3 dari 4 halaman

Sumber Emas Perhiasan Anggota Kerajaan

Tradisi wanita mengenakan cincin kawin sudah ada sejak Mesir kuno. Namun baru pada akhir abad terakhir, sejumlah kecil calon pengantin pria mulai melakukan hal yang sama. Perang Dunia II diperkirakan telah memicu perubahan besar, dengan banyak pria Barat yang berperang di luar negeri memilih untuk memakai cincin sebagai pengingat akan istri dan keluarga mereka di kampung halaman.

Cincin kawin biasanya dikenakan di jari manis tangan kiri. Ada kepercayaan kuno bahwa ada pembuluh darah yang mengalir langsung dari jari tersebut ke jantung, yang oleh orang Romawi disebut 'vena amoris' – 'pembuluh darah cinta'.

Cincin Putri Kate terbuat dari emas yang diambil dari tambang Clogau St David di Bontddu di Wales utara. Emas dari tambang Clogau St David telah digunakan untuk sejumlah cincin pernikahan kerajaan, termasuk untuk mendiang Ratu, Ibu Suri, dan mendiang Diana, Putri Wales. Mendiang Ratu diberi persediaan emas segar dari tambang pada 1986 dan dari sinilah cincin Kate dibuat.

4 dari 4 halaman

Sempat Copot Cincin Saat Jalankan Tugas Kerajaan

Meski kerap memakai cincin pertunangan dan cincin kawinnya, bukan berarti Kate Middleton tidak pernah mencopotnya saat menghadiri acara publik. Salah satunya terjadi saat ia dan William mengunjungi Royal Liverpool University Hospital pada Kamis, 12 Januari 2023, beberapa hari setelah ulang tahunnya ke-41 dan peluncuran memoar Pangeran Harry yang kontroversial.

Kate dan William tiba dalam balutan busana yang serasi. Di tengah kunjungan yang berlangsung beberapa jam, Kate melepas dua aksesorinya yang paling berharga, yakni cincin pertunangan dan cincin keabadiannya. Hanya cincin kawinnya yang terbuat dari emas yang tetap dipakai di jari manisnya.

Dikutip dari Hello Magazine, Sabtu, 14 Januari 2023, Kate melepas kedua cincin itu adalah demi alasan kesehatan dan keselamatan. Cincin tunangan bermata safir 12 karat sangat jarang dilepaskan dari jarinya, begitu pula dengan cincin keabadian bermata berlian eclipse yang terbuar dari emas putih 18 karat.

Tapi, itu bukan pertama kalinya Kate melepas kedua cincin tersebut. Pada 2020, dia tampil tanpa mengenakan kedua benda itu dan hanya memakai cincin kawinnya ketika mengunjungi Rumah Sakit Anak Evelina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.