Sukses

Angkringan Seblak Prasmanan di Resepsi Pernikahan, Undangan Bisa Nyeblak Sepuasnya

Seblak kini jadi salah satu makanan favorit lantaran rasanya gurih dan pedas dengan beragam isian yang bisa dipilih. Peluang itu dimanfaatkan pengusaha untuk menyediakan paket angkringan untuk resepsi pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu yang lalu, media sosial dihebohkan dengan video resepsi pernikahan yang menyediakan seblak sebagai salah satu menu angkringan bagi tamu undangan. Para tamu bisa memilih topping seblak karena disajikan secara prasmanan.

Video yang diunggah oleh akun Instagram @nangkringseblak pada Senin, 4 Maret 2024, tersebut mengundang 5,5 juta views dengan 197 ribu likes. Dalam video tersebut terlihat tamu undangan antre mengambil seblak dengan topping sesuai dengan keinginan seperti tahu, aneka seafood, cilok, dan lainnya. 

Dalam video lainnya yang diunggah pada Selasa, 5 Maret 2024 juga disebutkan bahwa stand makanan di acara pernikahan tersebut merupakan stand makanan yang paling unik dengan gerobak yang khas dan konsep prasmanannya. Banyak warganet tertarik dengan angkringan tak biasa tersebut.

"Masuk wishlist. biar bisa mukbang seblak sampe lambung tersenyum," ujar akun @cindyfatikahh dalam kolom komentar video yang diunggah Senin, 4 Maret 2024 tersebut.

"Wajib ntar nikahan ada seblak prasmanan," tambah yang lainnya.

"nambah lagi wishlist buat dream weddingku," tulis akun @abtseiy.priv.

Tim Lifestyle Liputan6.com mengonfirmasi pihak Nangkring Seblak terkait video tersebut. Ternyata, video itu diambil dari momen resepsi pernikahan salah satu pemilik usaha tersebut. Pernikahan itu digelar pada Sabtu, 2 Maret 2024, di Cimahi, Jawa Barat.

"Jadi resepsi yang ada di konten tersebut, pernikahan dari salah satu owner Nangkring Seblak, Mbak Azizah dan Mas Bintang," ujar Marketing dan Content Creator Nangkring Seblak, Sri Mulyani kepada tim Lifestyle Liputan6.com pada Senin, 11 Maret 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Nyeblak Sepuasnya

Nangkring seblak mengklaim diri sebagai pelopor seblak prasmanan pernikahan pertama di Indonesia. Mereka menyebut rasa seblaknya asli dari Bandung dengan bahan baku yang berkualitas.

"Di sini para tamu undangan teh bisa bebas pilih topping sesuka hati, bisa nyeblak sepuasnya," tulis keterangan dalam video tersebut.

Para tamu juga tidak usah khawatir menunggu lama karena konsepnya setelah para tamu memilih topping ke dalam wadah, selanjutnya tinggal disiram kuah seblak panas yang sudah disiapkan sebelumnya. Jadi, hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja, seblak sudah jadi.

Sri mengatakan resepsi tersebut bukan yang pertama menghadirkan seblak sebagai jamuan untuk tamu. Permintaan seblak untuk pernikahan ini sudah ada sejak 2023, namun belum terlalu banyak seperti sekarang. Namun, saat itu pilihan toppingnya lebih terbatas.

"Pilihan toppingnya cuma yang suki-sukian gitu, dan cuma ada lima topping pilih sendiri. Topping sisanya kita yang nentuin, kayak kerupuk, mi, keringan, dan lain-lain," katanya.

"Alhamdulillah di bulan Maret 2024, antusias permintaan tersebut semakin banyak dengan konsep prasmanan yang sebelumnya belum ada di acara resepsi pernikahan," sambung dia.

3 dari 4 halaman

Berapa Harga Paketnya?

 

Sri menjelaskan paket angkringan untuk resepsi pernikahan bisa dipesan minimal 200 porsi. Pihaknya tidak bisa menetapkan harga pasti karena disesuaikan dengan isian yang akan disajikan. Untuk iitu, peminat diminta menghubungi pihaknya langsung.

Ia juga mengatakan bahwa sejauh ini sudah banyak yang menayakan soal paket seblak tersebut. "Kalau untuk yang nanya-nanya perihal wedding lumayan banyak, tapi yang udah fix order belum ada karena proposal perhitungannya sedang on progress," jelas Sri.

Di luar pemesanan untuk resepsi pernikahan, Nangkring Seblak juga melayani pembelian reguler di tiga lokasi mereka, yakni Cimahi, Buah Batu, dan Antapani. Selama Ramadan, Nangkring seblak tetap buka dari pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB untuk makan di tempat. Sedangkan untuk pemesanan online, buka pada pukul 12.00 WIB hingga 21.30 WIB.

Buat Anda yang tim seblak pakai nasi, tidak perlu khawatir karena di seluruh cabang Nangkring Seblak sekarang sudah disediakan nasi putih hanya seharga Rp5 ribu. Anda juga bisa menikmati paket hemat Ramadan, dengan Rp25 ribu sudah dapat es teh, kurma, nasi, dan kombo seblak.

4 dari 4 halaman

Dicari Gibran Rakabuming Seusai Debat

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka mengaku ingin makan seblak setelah menjalani Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu malam, 21 Januari 2024. Ini diungkap Wali Kota Solo itu di cuitan akun X-nya, dulunya Twitter.

"Pengen seblak," tulisnya singkat. 

Meski begitu ternyata tidak semua orang tahu tentang seblak, termasuk Presiden Jokowi (Joko Widodo). Hal itu diketahui ketika Jokowi bertemu dengan para pedagang UMKM penerima bantuan modal program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera di Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat, 16 Februari 2024.

Dilihat dari tayangan video di kanal YouTube Liputan6, awalnya Jokowi mengundang pedagang makanan bernama Yulianti naik ke panggung. Kemudian, orang nomor satu di Indonesia itu bertanya apa yang dijual oleh Yulianti.

"Bu Yulianti, jualan apa, Bu?" tanya Jokowi. "Seblak," jawab Yulianti. "Seblak? Apa itu?" tanya Jokowi lagi.

Pertanyaan Jokowi pun langsung mengundang gelak tawa para pedagang yang didominasi emak-emak. Yulianti kemudian memberi tahu Jokowi tentang seblak yang merupakan makanan berisi sayur-sayuran, bakso, sosis, juga kerupuk dan juga identik dengan rasa pedas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini