Sukses

Najwa Shihab Ungkap Isi Tas Sri Mulyani dan Retno Marsudi, Siapa yang Suka Bawa Termos Air?

Bukan membicarakan masalah negara, Sri Mulyani dan Retno Marsudi sekadar membahas warna baju hingga bentuk telinga.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sudah bersahabat sejak lama. Dua pembantu Presiden Jokowi (Joko Widodo) itu kerap nebcuri perhatian karena kecerdasan mereka. Meski sama-sama dikenal sebagai sosok perempuan cerdas, bukan berarti Sri Mulyani dan Retno Marsudi sering membahas berbagai hal yang berat dan serius.

Keduanya ternyata juga sering membicarakan hal-hal receh saat ngobrol. Potret persahabatan mereka dibagikan Sri Mulyani lewat unggahan di akun Instagramnya. Kala itu mereka baru selesai menjadi bintang tamu program Mata Najwa. Usai wawancara, mereka duduk bersama dan kembali mengobrol.

Bukan membicarakan masalah negara, Sri Mulyani dan Retno Marsudi sekadar membahas warna baju hingga bentuk telinga. "Bercanda habis sama my Bestie @retno_marsudi. Suasana di balik layar (behind the scene) @matanajwa, dari masalah warna baju…mana ungunya, ni? Bunga di baju bu Retno ..itu warnanya ungu atau hitam..? Sampai masalah anting dan tebal-tipisnya kuping..," tulis Sri Mulyani dalam keterangan unggahannya pada Minggu, 10 Maret 2024.

Kedua menteri yang sama-sama sudah punya cucu itu juga membicarakan soal faesyen lokal serta makanan luar negeri yang rendah kalori. Sri Mulyani bahkan sempat-sempatnya membongkar isi tas Menlu Retno yang disebutnya selalu berisi banyak barang.

Cerita sepatu produk UMKM, sampai Biskuit rendah kalori dari Australia.. Dan isi tas besar Bu Retno yang selalu heboh. Emak-emak ..eeh nenek-nenek bercandanya masih seru," canda wanita yang akrab disapa Ani itu.

Mantan Direktur Bank Dunia itu mengajak kepada pengikutnya di Instagram untuk turut melakukan hal yang sama seperti dirinya. Menurutnya, hal itu jadi cara paling ampuh untuk mencegah stres.

Dari foto yang diunggah Sri Mulyani, dua bestie itu saling tertawa selama berbincang. "Jangan lupa bercanda and ketawa bersama kawan dan sahabat Anda..! Obat awet muda dan obat stres yang manjur," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tas Retno Marsudi seperti Karung

Sementara di program Mata Najwa, keduanya mengungkapkan isi tas mereka masing-masing. "Yang membedakan aku sama Ani itu, dia itu pekerja keras tapi tasnya kecil banget, beda sama aku, tas aku kayak karung,” ungkap Menlu Retno cuplikan video acara Mata Najwa di akun Instagram @najwashihab pada Minggu, 10 Maret 2024.

Najwa meminta Retno dan Ani untuk memperlihatkan barang-barang apa saja yang ada di dalam tas mereka. “Dia itu selalu awa iPad yang ukurannya lumayan belum lagi dia bawa termos air, bayangin ada termos yang gede itu,” ujar Sri Mulyani mengungkapkan isi tas sahabatnya.

"Yang pasti ada pouch makeup, padahal saya sebenarnya kurang suka dandan biasanya cuma bawa lipstik sama bedak aja, terus sama buku catatan,Lalu gimana dengan isi tasMbak Ani? tanya Jwabn Sri Mulyani . “Kalau aku selalu simpan ponsel sama earphone buat dengerin lagu-lagu dan menyimpan informasi soal pekerjaan," terang Ani.

“Terus bawa pouch isinya kebanyakan alat-alat makeup. Ada pelembap karena kulitku tipenya kering, terus ada foundation, bedak dan lipstik,” lanjutnya

Sri Mulyani dan Retno Marsudi rupanya bestie sejak era putih abu-abu. Keduanya adalah lulusan SMA Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah.Siapa sangka, perputaran nasib membawa Sri Mulyani dan Retno Marsudi menjadi Srikandi Presiden Jokowi selama dua periode alias petahana. Persahabatan keduanya teruji oleh waktu.

Sri Mulyani kerap mengunggah potret bareng bestie di sela rapat dengan Presiden Jokowi, menjalankan tugas negara bareng, hingga yang terbaru menghadiri upacara bendera untuk memperingati HUT ke-78 kemerdekaan Indonesia, di Istana Merdeka Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023, melansir kanal Showbiz Liputan6.com.

 

3 dari 4 halaman

Ikon Wanita Cerdas Indonesia

Sri Mulyani kerap mengunggah potret bareng bestie di sela rapat dengan Presiden Jokowi, menjalankan tugas negara bareng, hingga yang terbaru menghadiri upacara bendera untuk memperingati HUT ke-78 kemerdekaan Indonesia, di Istana Merdeka Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023, melansir kanal Showbiz Liputan6.com.

Bahkan, kedua menteri ini sempat berfoto dengan suami masing-masing. Sri Mulyani dan Retno Marsudi dinilai warganet ikon wanita cerdas Indonesia. Sri Mulyani memperkenalkan Retno Marsudi sebagai bestie-nya. "My Bestie @retno_marsudi and Mas Agus Marsudi,” cuitnya menyertai sejumlah foto yang diunggah di akun Instagram terverifikasi, Sabtu (19/8/2023).

Melangkah ke Istana Merdeka Jakarta untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-78 RI dengan upacara bendera, Retno Marsudi tampil anggun dengan pakaian adat daerah Mamasa, Sulawesi Barat.Sri Mulyani memakai baju adat Soe Timor Tengah Selatan dengan kombinasi warna biru dan merah dominan. Potret ini banjir pujian. Keduanya dijuluki Srikandi Indonesia. 

Setelah rapat internal dengan Presiden Jokowi di Jakarta, 1 Agustus 2023, Sri Mulyani dan Retno Marsudi niat banget foto bareng. Kocaknya lagi, saat sedang asyik foto bareng, keduanya kepergok RI-1. Presiden Jokowi pun maklum dengan tingkah kedua menterinya.

4 dari 4 halaman

Persahabatan Ani dan Retno Sejak SMA

"Presiden @jokowi tersenyum (sambil maklum) melihat Menlu @retno_marsudi dan Menkeu @smindrawati yang ‘mencuri’ momen berfoto bersama dengan latar belakang beliau. Saya dan Retno Marsudi seperti dua anak sekolah bandel ya,” beri tahu Sri Mulyani.

Sri Mulyani menceritakan persahabatan dengan Retno Marsudi dari sejak bangku SMA di Kota Lunpia, Semarang. "Bu Menlu @retno_marsudi dan saya. Cerita hari ini hari Selasa. Bertempat di Istana Merdeka, setelah rapat tentang kebijakan Visa,” ujarnya, 1 Agustus 2023.

Bagi Sri Mulyani, punya sohib kayak Retno Marsudi bukanlah persahabatan biasa. "Kami bukan sekedar teman biasa, sudah bersahabat sejak remaja, dari Semarang SMA Tiga,” ujar perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962.

Sri Mulyani menggambarkan persahabatannya dengan Retno Marsudi. “Sekarang bersama mengurus negara. Bu @retno_marsudi memimpin diplomat ulung di berbagai mancanegara, Saya sebagai bendahara negara,” ia memaparkan.

"Apapun tugas kita. Persahabatan menjadi silaturahmi utama, bersama berkolaborasi dan berbakti untuk Indonesia,” imbuh Sri Mulyani lalu menyematkan emotikon sang Merah Putih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini