Sukses

F1 Powerboat 2024 Bakal Lebih Spektakuler, Dihelat Bersama Kejuaraan Nasional Jetski Aquabike dan Kompetisi Solu Bolon

Pada 2023 lalu Kemenparekraf mendapat penghargaan sebagai penyelenggaraan F1 Powerboat terbaik di dunia. Tahun ini ajang tersebut akan kembali diselenggarakan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, pada 2--3 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2023 lalu Kemenparekraf mendapat penghargaan sebagai penyelenggaraan F1 Powerboat terbaik di dunia. Tahun ini ajang tersebut akan kembali diselenggarakan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, pada 2--3 Maret 2024.

"Bangga sekali untuk kedua kali menjadi tuan rumah F1 Powerboat sebagai ajang watersport yang sangat bergengsi," ungkap Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney, Maya Watono saat The Weekly Brief with Sandi Uno, yang digelar hybrid pada Senin, 26 Februari 2024.

Belajar dari tahun sebelumnya ada berbagai perbaikan yang dilakukan, terutama dari segi cuaca. Dengan tantangan F1 Powerboat dilakukan di air, lokasi penyelenggaraan di Danau Toba termasuk cukup menantang medannya. Maya mengatakan, pada ajang Powerboat F1 2024, race akan dilakukan pagi hari karena ombaknya lebih tenang dan pada siang harinya akan dilakukan kejuaraan nasional Jetski Aquabike.

"Ini akan keren banget, karena akan menjadi road to Aquabike Jetski World Championship yang nanti di November kita bisa mencari bibit-bibit atlet nasional untuk Jetski di siang hari yang mana ombaknya seru untuk Jetski," paparnya.

Pihak penyelenggara juga akan menggambungkan konten-konten kebudayaan lokal dengan kompetisi Solu Bolon. Ajang tersebut akan menjadi yang terbesar di Indonesia, sebanyak delapan kabupaten memperebutkan piala bergilir untuk kompetisi Solu Bolon. 

Pertunjukan budaya selama acara F1 Powerboat 2024 juga akan diisi banyak kegiatan yang menggabungkan budaya dengan international racing, sehingga ajang tersebut akan terselenggara dengan spektakuler. "Kalau nggak salah tahun lalu kita jam dua ya race-nya, jadi untuk keselamatan para racer akhirnya diputuskan untuk diperpendek ya. Tapi saya sempat naik keliling tuh, memang bantingannya kenceng banget, tinggi ombaknya semakin berbahaya," sambung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Sudah Hampir 100 Persen

Namun, kata Sandi, menariknya saat menonton Aqua Bike justru kondisi arus yang deras membuat atraksi tersebut semakin seru. Kombinasi dan pemilihan waktu penyelenggaraan yang lebih pagi akan membuat ombaknya lebih datar dan lancar.

Di kesempatan yang sama, Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Waroka mengatakan, menjelang hari penyelenggaraan persiapan yang dilakukan sudah hampir seratus persen. Logistik acara, serta pembalap maupun kru sudah mulai berdatangan di Bandara Dilangit yang disambut kebudayaan khas dari Tanah Batak.

Melibatkan warga setempat akan ada gelaran budaya saat Poweboat F1 yang antusias digelar karena tak hanya merupakan acara olahraga tapi juga budaya. Perpaduan kegiatan tersebut diharapkan bisa membawa dampak pada ekonomi masyarakat setempat, bahkan sebelum ajang berlangsung sudah banyak transaksi akomodasi, UMKM, makanan, oleh-oleh.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu menambahkan bahwa penghargaan sebagai penyelenggara terbaik pada 2023 lalu memberikan kredibilitas dan kepercayaan diri kepada Indonesia. Menurutnya predikat tersebut harus dijaga dan dipertahankan dengan membuat penyelenggaraan yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Para Atlet Telah Berdatangan

Sementara itu, mengutip Tim Bisnis Liputan6.com, 25 Februari 2024, jelang pelaksanaan ajang balap perahu internasional F1 Powerboat Danau Toba pada 2--3 Maret 2024 mendatang, sejumlah pembalap ssudah mulai berdatangan ke Sumatera Utara.

Para pembalap tiba lewat Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta untuk melanjutkan penerbangan menuju Sumatra Utara melalui Bandara Kualanamu di Deli Serdang dan Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Tapanuli Utara.

Tampak sejumlah pembalap dan krunya mulai berdatangan di Bandara Raja Sisingamangaraja XII pada Sabtu, 24 Februari 2024 Pembalap tersebut yakni Jonas Andersson yang berasal dari Swedia. Jonas Andresson juga merupakan Juara Dunia F1 Powerboat Tahun 2023. Selain itu, terdapat Lavinia Sanzovo dan Alessandro Cavellero yang adalah official team dari H2O Management yang merupakan promotor internasional F1 Powerboat yang juga telah tiba di Sumatra Utara.

Setibanya di bandara Raja Sisingamangaraja XII mereka disambut hangat oleh penampilan tari Tor-Tor yang merupakan tarian khas Batak Toba serta pengalungan kain Ulos. Pembalap lainnya yang akan datang secara bergiliran pada Minggu, 24 Februari sampai Jumat, 1 Maret 2024.

4 dari 4 halaman

Jonas Andersson Juara Bertahan F1 Powerboat

"InJourney menyampaikan selamat datang di Indonesia untuk para pembalap F1Powerboat dan juga para krunya. Kami berharap para pembalap bisa menikmati perjalanannya serta mendapatkan pengalaman yang mengesankan selama di Indonesia," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Maya Watono, Minggu, 25 Februari 2024.

Menurutnya, InJourney dan juga para pemangku kepentingan akan berusaha untuk menyajikan event F1 Powerboat yang terbaik, sehingga para pembalap dapat berkompetisi dengan kondusif dan para penonton bisa menikmati event olahraga air internasional ini.

Maya menambahkan, Jonas Andersson, yang juara bertahan F1Powerboat UIM World Championship 2023 asal Swedia, termasuk salah satu pembalap yang sudah hadir di Tanah Air. Andersson menyampaikan rasa suka citanya bisa kembali bertanding di Danau Toba.

Ia begitu terkesan dengan pertandingan tahun sebelumnya dan berharap dapat mengukir kembali prestasi di F1Powerboat Danau Toba 2024. "Saya senang berada di sini, tempatnya fantastis. Pertandingannya fantastis, orang-orangnya fantastis. Saya berharap bisa menang lagi. Meski tidak mudah, tapi saya akan berusaha," ungkap Andersson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.