Sukses

7 Gaya Traveling Terunik di 2024, dari Liburan ala Pekerja hingga Wisata Astronomi

Liburan sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang saat ini. Penyesuaian gaya hidup, kesibukan, dan selera mendorong lahirnya tren liburan unik. Pada 2024, setidaknya dapat dirangkum tujuh tren unik liburan. Apa saja itu?

Liputan6.com, Jakarta - Semakin banyak orang memilih cara travelling atau bepergian yang berbeda. Para traveller berbondong-bondong mencari cara liburan yang sesuai dengan gaya hidup mereka yang mendorong lahirnya cara liburan yang unik dan mungkin saja lebih berkualitas.

Dilansir dari Forbes, Jumat, 23 Februari 2024, banyak alasan yang menyebabkan perubahan gaya traveling orang-orang sekarang, mulai dari terinspirasi film, bepergian untuk menonton konser penyanyi idola, mencari gaya hidup baru yang lebih sehat, hingga bentuk dukungan terhadap krisis iklim dengan memperpanjang waktu perjalanan menggunakan transportasi ramah lingkungan.

Berikut adalah tujuh cara bepergian unik di 2024 yang mungkin dapat kamu ikuti.

1. Liburan Ala Pekerja (Work From Anywhere (WFA))

Meningkatnya jumlah pekerja nomaden pasca-pandemi menghilangkan batas cuti dan jam kantor konvensional. Para pekerja nomaden ini dapat bekerja dari mana saja, termasuk dari tempat liburan. Pekerjaan yang bisa dilakukan dari mana saja adalah peluang untuk menambah pengalaman baru, terutama bagi mereka yang tinggal dan bekerja di negara yang biaya hidupnya lebih rendah.

Rekomendasi tempat berlibur: Dari Tokyo, Kyoto, Osaka, Sapporo, hingga Hakone, Jepang memiliki banyak tempat yang layak untuk dikunjungi jika kalian adalah pekerja nomaden. Badan Layanan Imigrasi Jepang akan mengeluarkan visa untuk para pekerja nomaden, yang akan tersedia bagi warga negara di 49 negara, termasuk Indonesia.

Visa baru ini memungkinkan pengunjung untuk tinggal di Jepang dan bekerja dari jarak jauh, hingga enam bulan. Tentu saja, ada persyaratan kelayakan yang harus dipenuhi. Misalnya, surat bukti pendapatan sesuia dengan standar Jepang dan asuransi kesehatan. 

Tidak ingin susah-susah mengurus paspor dan visa untuk berlibur sebagai pekerja nomaden? Indonesia punya banyak kota indah yang cocok jadi tempat liburan sekaligus tempat kerja. Yogyakarta dan Malang menawarkan kehidupan yang slow living dan berbeda untuk para pekerja nomaden. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Liburan Sambil Nonton Konser

Jika biasanya kita memilih menonton konser sesuai dengan tanggal datang sang idola ke kota kita, di sini kita bisa langsung menyusulnya sambil berlibur. Tren ini meningkat ketika para Swifties di Amerika Serikat sulit untuk mendapatkan tiket tur Eras. Hal demikian memicu lahirnya tren Gig Tripping, yakni para penggemar mengikuti rombongan tur idola dari negara ke negara.

Rekomendasi tempat berlibur: Sesuaikan saja dengan jadwal tur idola. Sambil menonton konser, Anda dapat menikmati liburan ke negara-negara yang juga dikunjugi sang artis.

3. Wisata Astronomi

Melihat langit malam yang penuh gugusan bintang, planet, dan bulan merupakan salah satu pengalaman wisata terbaik yang bisa dinikmati jika Anda adalah seorang pecinta alam. Anda tidak akan menyesali perjalanan ke lokasi terpencil tanpa polusi cahaya, yang pada malam yang cerah dapat melihat tampilan gemerlap bintang yang dipertajam dengan bantuan teropong atau teleskop.

Rekomendasi tempat berlibur: Lapland yang terletak di bagian paling utara Swedia adalah salah satu tempat terbaik di bumi jika ingin menyaksikan Aurora Borealis. Kunjungi Taman Nasional Abisko yang berpusat di Aurora Oval tempat Anda akan disuguhi pertunjukan langit malam yang luar biasa, terutama saat musim dingin. 

Di Indonesia, Anda bisa menikmati wisata astronomi berupa gugusan bintang dari galaksi Bimasakti. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo, Ranu Kumbolo di kaki gunung Semeru, Taman Nasional Baluran di Situbondo, hingga Danau Segara Anak di gunung Rinjani, Nusa Tenggara Timur bisa menjadi titik liburan astronomis Anda.

3 dari 4 halaman

4. Liburan ke Destinasi Wisata Mirip Luar Negeri

Bepergian ke luar negeri memerlukan biaya. Ada tiket pesawat, penginapan, transportasi, makan, dan aktivitas yang perlu diperhitungkan saat membuat perencanaan anggaran. Destination Dupe adalah istilah yang dipakai ketika Anda mengunjungi suatu lokasi liburan yang mirip dengan destinasi yang anda impikan. Misalnya, daripada pergi ke Thailand untuk mengunjungi patung Buddha Tidur, Anda bisa pergi ke Mojokerto untuk melihat patung Buddha Tidur.

Rekomendasi tempat berlibur: Indonesia punya banyak sekali Destination Dupe yang mirip dengan luar negeri. Contohnya, Kawah Putih di Bandung mirip dengan destinasi Danau Rotorua di Selandia Baru, Pulo Cinta di Gorontalo memiliki suasana yang sama dengan Bora-Bora, atau pantai berpasir merah muda seperti di Bahama dapat ditemukan di Lombok.

 5. Berwisata ke Wilayah Terpencil

Tren yang disebut sebagai Frontier Tourism ini mengajak wisatawan pemberani untuk merasakan liburan berkesan ke wilayah yang jauh dari kota. Ketimbang memilih liburan yang sepenuhnya berada di jalur wisata, Frontier Tourism lebih menonjolkan destinasi yang masih alami dan penuh petualangan yang menantang.

Tidak perlu khawatir soal berpergian sendirian ke wilayah terpencil, biasanya wisata jenis dilakukan secara bersama-sama dengan wisatawan lain dan dibantu oleh layanan wisata yang menyediakan paket perjalanan. Anda juga bisa melakukan liburan jenis ini bersama teman-teman dan mendapatkan pengalaman yang lebih intim. 

Rekomendasi tempat berlibur: Tempat mana pun yang jauh dari zona nyaman Anda bisa menjadi destinasi untuk liburan jenis ini. Tempat-tempat terpencil di Amerika Selatan mungkin dapat menjadi pilihan. Anda bisa mencoba untuk pergi ke wilayah perbatasan Indonesia atau wilayah yang jauh dari kota-kota besar jika merasa Amerika Selatan tidak memungkinkan.

4 dari 4 halaman

6. Skip-Gen Travel

Kakek-nenek yang pergi berlibur bersama cucu-cucunya tanpa membawa orangtua mereka, ini disebut sebagai skip-gen travel. Artinya, liburan ini didesain menjadi momen hangat lompat generasi. Karena pengalaman yang bermakna diprioritaskan, generasi yang lebih tua melakukan perjalanan bersama anggota keluarga yang lebih muda untuk menjalin ikatan dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Kakek-nenek, yang sering kali sudah pensiun dan tidak memiliki kesibukan lagi, bisa mudah bepergian bersama cucu-cucunya. Ditambah lagi, dengan kakek-nenek yang membawa cucu-cucunya berlibur, para orangtua jadi memiliki waktu istirahat yang sangat mereka butuhkan.

Rekomendasi tempat liburan: Hotel Xcaret Mexico, sebuah hotel inklusif dan menyenangkan di Playa del Carmen, adalah tempat menginap yang ideal bagi wisatawan Skip-gen. Ruangan yang luas, semuanya dekat kolam renang atau laguna, menampilkan karya seni dan kerajinan lokal serta pemandangan alam yang menakjubkan. Para tamu menikmati akses ke pilihan makanan dan minuman tanpa batas di 11 restoran berbeda serta tiket masuk dan transportasi tanpa batas ke semua taman.

Destinasi lokal inklusif segala usia seperti ini mungkin bisa didapatkan pada area liburan yang memiliki villa-villa untuk disewa. Selain itu, wisata ke kawasan sejarah bisa menjadi pilihan untuk jenis liburan ini. Kakek-nenek bisa mengajak cucu-cucunya untuk berlibur ke Solo, Semarang, atau Bandung sambil menikmati kawasan kota tua yang indah dan santai.

7. Liburan Menopause

Masa pra-menopause dan menopause, yang menandai berakhirnya tahun-tahun reproduksi, bisa menjadi alasan untuk beristirahat dan relaksasi. Babak baru dalam kehidupan perempuan ini dimulai pada berbagai usia, terkadang pada pertengahan usia 30-an, dan biasanya disertai dengan banyak gejala seperti rasa panas, tidur tidak teratur, dan perubahan suasana hati.

Menopause retreat adalah sebuah tren perawatan diri terkini, yang sengaja dirancang untuk mendukung perempuan dalam masa menuju jenjang selanjutnya.

Rekomendasi tempat berlibur: Destinasi indah yang tidak hanya menawarkan kenyamanan istirahat dan bersantai, namun juga memperkaya pengalaman adalah Bali. Mandala Suci Wenara Wana, Terasering Tegallalang, Pura Tanah Lot, pantai-pantai berpasir putih dan kegiatan budaya yang membawa ketenangan. Sebuah masa istirahat yang akan menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.