Sukses

Melindungi dan Mempercantik Penampilan Seng dan Galvanis untuk Proses Pengecatan

Proses pengecatan ini bertujuan untuk mempertahankan usia permukaan substrat. Dalam upaya mencapai hasil yang optimal, salah satu faktor yang paling penting adalah pemilihan cat yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Seng dan galvanis perlu dicat untuk melindungi permukaan substrat dari korosi sekaligus memperindah penampilannya. Proses pengecatan ini bertujuan untuk mempertahankan usia permukaan substrat. Dalam upaya mencapai hasil yang optimal, salah satu faktor yang paling penting adalah pemilihan cat yang tepat.

Pengecatan Seng dan Galvanis tergolong penting karena keduanya merupakan material yang umum digunakan dalam konstruksi dan bangunan sebab kekuatan dan ketahanannya terhadap korosi. Namun, substrat ini rentan terhadap serangan oksigen dan air yang dapat menyebabkan korosi, jika tanpa perlindungan tambahan.

Alasannya, meski seng dan galvanis dikenal tahan lama, tetapi substrat ini tetap mengadung besi yang bisa berkarat. Solusi efektif untuk melindungi permukaan substrat dari kerusakan tersebut dan memperpanjang umur pakai adalah melalui pengecatan.

Pengecatan menjadi metode yang efektif dan umum digunakan untuk menghindari terjadinya proses korosi pada seng & galvanis. Korosi dapat dicegah atau dikurangi dengan pemilihan produk cat yang tepat tanpa harus membeli seng & galvanis baru. Propan Raya sebagai cat asli Indonesia memiliki inovasi terkini utk cat seng dan galvanis yaitu Sengkote DTM.

Sengkote DTM adalah cat direct to metal (DTM) berpengencer air yang bisa langsung di aplikasikan diatas permukaan seng & galvanis tanpa primer. Meski cat Sengkote DTM ini berpengencer air, tetapi kemampuan tahan karat nya sangat efektif untuk melindungi seng dan galvanis dari korosi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Lekat Cat

“Umumnya besi harus menggunakan primer sebelum pengaplikasian cat, namun dengan inovasi direct to metal, cat primer dapat dihilangkan, cukup menggunakan sengkote DTM saja. Jadi bisa dipastikan akan lebih efisien secara waktu dan ekonomis,” terang Amelia Dewi selaku Product Marketing Manager Metal Protective Coatings Propan.

Cat Sengkote DTM ini punya banyak pilihan warna untuk memperindah seng dan galvanis sebagai fungsi estetika. Selain itu, daya lekat cat Sengkote DTM ini sangat baik, meski diaplikasikan pada permukaan seng & galvanis yang sangat licin dan umumnya sulit dicat.

Inilah cara pengaplikasian cat Sengkote DTM, pertama bersihkan permukaan seng dan galvanis dari minyak, debu, dan kotoran lainnya, lalu encerkan cat Sengkote DTM dengan 5-15% air bersih untuk mempermudah pengecatan. Selanjutnya dapat mengaplikasikan cat Sengkote DTM di atas permukaan seng dan galvanis tanpa menggunakan primer, minimal 2x lapis. Pengaplikasian dapat menggunakan alat spray, rol atau kuas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.