Sukses

80 Persen Orang Amerika Positif Terpapar Pestisida Klormequat Akibat Konsumsi Produk Berbahan Oat

Studi terbaru menyebutkan 80 persen orang Amerika positif terpapar bahan kimia pestisida berbahaya yang ditemukan pada produk Cheerios, Quaker Oats yang menjadi 'dalang' kasus kemandulan hingga penundaan pubertas.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 80 persen orang Amerika dinyatakan positif terpapar pestisida chlormequat yang berbahaya. Bahan kimia pertanian yang sangat beracun ini secara federal diizinkan untuk digunakan pada gandum dan biji-bijian lain yang diimpor ke AS, menurut (Environmental Working Group) EWG.

Mengutip dari laman NY Post, Jumat (16/2/2024), ketika diterapkan pada tanaman gandum dan biji-bijian, klormequat mengubah pertumbuhan tanaman, mencegahnya membungkuk sehingga memudahkan panen, menurut EWG. Secara lebih rinci studi menyebut bahwa empat dari lima orang Amerika terpapar bahan kimia yang jarang diketahui ditemukan dalam makanan populer berbahan dasar oat.

Produk itu termasuk Cheerios dan Quaker Oats yang dikaitkan dengan penurunan kesuburan, perubahan pertumbuhan janin, dan keterlambatan pubertas. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Environmental Working Group tersebut diterbitkan di Journal of Exposure Science & Environmental Epidemiology. 

"Yang sama meresahkannya, kami mendeteksi bahan kimia tersebut di 92 persen makanan berbahan dasar oat yang dibeli pada Mei 2023, termasuk Quaker Oats dan Cheerios," kata organisasi nirlaba tersebut dalam sebuah laporan yang diterbitkan bersamaan dengan temuan kelompok tersebut.

Poin data lain yang sangat mengkhawatirkan, pengujian EWG menemukan tingkat yang lebih tinggi dan deteksi klormequat yang lebih banyak pada sampel 2023 dibanding pada 2017. "Ini menunjukkan bahwa paparan konsumen terhadap klormequat dapat meningkat," keterangan laporan tersebut. General Mills, produsen Cheerios dan PepsiCo yang membuat Quaker Oats, tidak segera menanggapi permintaan kelompok tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang Amerika Sering Terpapar Pestisida

Sebagai referensi, klormequat terdeteksi pada 69 persen peserta penelitian pada 2017. Jumlah tersebut meningkat menjadi 74 persen antara tahun 2018 dan 2022, dan melonjak menjadi 90 persen pada 2023.

Karena klormequat biasanya meninggalkan tubuh dalam waktu 24 jam, konsentrasi tes positif yang tinggi menunjukkan bahwa orang Amerika sering terpapar pestisida, menurut laporan EWG yang sebelumnya dilaporkan oleh Daily Mail.

Meskipun penelitian tentang klormequat sedang berlangsung, EWG mencatat, penelitian telah menunjukkan potensi dampaknya terhadap hewan, yang “menimbulkan pertanyaan apakah klormequat juga dapat membahayakan manusia,” kata EWG.

Dalam penelitian pada hewan, klormequat telah merusak sistem reproduksi dan mengganggu pertumbuhan janin pada hewan, "mengubah perkembangan kepala dan tulang serta mengubah proses metabolisme utama."

EWG juga menguji 20 lebih makanan berbahan dasar oat untuk mengetahui kandungan klormequat, ditambah tujuh produk organik, 13 produk non-organik, dan sembilan produk berbahan dasar gandum, kata EWG, meskipun tidak menentukan merek makanan mana yang diuji. 

Tingkat terdeteksi bahan kimia tersebut ditemukan pada 92 persen makanan berbahan dasar oat non-organik, sementara hanya dua sampel makanan berbahan dasar gandum – keduanya roti – memiliki kadar klormequat yang rendah. Hanya satu dari tujuh sampel organik yang memiliki kadar klormequat rendah.

3 dari 4 halaman

Penelitian Lebih Lanjut Bahaya Klormequat

Kelompok aktivis tersebut mengatakan mereka akan terus mempelajari klormequat dan dampak berbahayanya, dan meminta jawaban dari pemerintah federal, termasuk apakah Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) harus mengamanatkan agar makanan AS diuji kandungan klormequatnya.

Namun, EWG mencatat, Badan Perlindungan Lingkungan AS di bawah pemerintahan Presiden Biden mengusulkan untuk mengizinkan penggunaan klormequat untuk pertama kalinya pada barley, oat, triticale, dan gandum yang ditanam di AS.

EWG menyatakan bahwa mereka menentang keputusan April 2023 yang "berbahaya" – yang diambil sebagai tanggapan atas permintaan produsen klormequat Taminco. Terkait hal ini, FDA tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Taminco juga tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar. Hingga pemerintah menetapkan parameter seputar klormequat dan penggunaannya, EWG mendesak konsumen untuk memilih oat organik tanpa pestisida sintetis seperti klormequat ketika mereka menginginkan oat fix.

"Rekomendasi EWG bagi pembeli adalah membeli produk oat organik karena oat ini ditanam tanpa menggunakan pestisida beracun seperti klormequat dan glifosat,” kata wakil presiden investigasi sains EWG, Olga Naidenko, kepada The Post.

4 dari 4 halaman

Susu Oat Sebagai Pengganti Susu Sapi

Oat milk atau susu gandum kini sedang digemari sebagai satu pilihan pengganti susu sapi. Mengutip WebMD, Jumat, 25 Agustus 2023, dibandingkan pilihan non-dairy lain, seperti susu almond, oat milk memiliki lebih banyak serat, yakni sekitar dua gram per cangkir dan protein tiga gram.

Tapi, oat milk juga terbilang lebih tinggi kalori dan karbohidrat. Kalau Anda menyukai alternatif susu rendah karbohidrat, susu almond merupakan pilihan lebih baik.

Susu oat memiliki protein sekitar setengah susu sapi, dan seperti pengganti susu nabati lain, protein yang dikandungnya tidak lengkap. Artinya, tidak seperti susu sapi, oat milk kekurangan beberapa asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda.

Seperti banyak susu nabati lain, susu oat biasanya mengandung tambahan vitamin D dan kalsium untuk meningkatkan kesehatan tulang. Riboflavin dan vitamin A juga ditambahkan ke sebagian besar merek.

Zat besi adalah satu-satunya nutrisi yang secara alami terdapat dalam susu gandum. Di sisi lain, susu sapi juga mengandung kalsium, vitamin D, riboflavin, dan vitamin A. Namun, tidak seperti susu oat, susu sapi mengandung niasin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.