Sukses

Penumpang Tertimpa Belatung dari Bagasi Kabin, Pesawat Delta Airlines Auto Putar Balik

Setelah penumpang melapor, pramugari Delta Airlines segera mencari sumber belatung yang jatuh dari bagasi kabin tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan maskapai Delta Airlines rute Amsterdam-Detroit dipenuhi "penumpang gelap," yakni sekumpulan belatung yang jatuh dari kompartemen kabin saat pesawat mengudara pada Selasa, 13 Februari 2024. Insiden ini kian menghebohkan karena larva itu menimpa para penumpang.

The Independent melaporkan, seperti dilansir dari NY Post, Jumat (16/2/2024), belatung-belatung tersebut telah menginfeksi ikan yang disimpan penumpang di bagasi kabin. Karena kejadian itu, pesawat dilaporkan putar balik untuk "mengatasi" peristiwa itu.

"Sungguh menyenangkan bisa menempuh perjalanan dua dari delapan jam @Delta dan menemukan ada ikan busuk berbelatung yang menumpang bersama kami," salah satu penumpang bernama Kelce sarkas di cuitan X, dulunya Twitter, yang sudah dihapus.

Ia mengatakan pada Daily Mail bahwa penumpang yang bertanggung jawab atas bencana itu telah ditahan. Publikasi tersebut menambahkan, koper tersebut juga kabarnya akan dibakar. Insiden mengerikan ini juga menarik perhatian di halaman Delta Reddit, di mana para komentator mengaku telah menyaksikan peristiwa menjijikkan itu.

"Saya dan keluarga berada di barisan tepat di depan belatung. Wanita yang berada tepat di belakang kami mengatakan pada pramugari bahwa belatung-belatung itu berjatuhan di kepalanya," tulis salah satu penumpang yang diduga terlibat dalam insiden tersebut. "Saya menengok untuk melihat mereka (belatung) menggeliat di kursi."

Si penumpang pesawat mengklaim ia dan keluarganya dipindahkan lebih jauh ke depan pesawat, dan ikan yang mengganggu itu dibungkus dengan koran. "Benar-benar menjijikkan," tulisnya. "Orang ini benar-benar mengacaukan situasi perjalanan ratusan orang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesaksian Penumpang Pesawat

Stasiun TV Detroit FOX 2 (WJBK) mewawancarai penumpang Philip Schotte, seorang warga asli Belanda yang sekarang tinggal di Iowa, yang mengatakan bahwa ia melihat sekitar selusin belatung jatuh ke kepala seorang persempuan yang duduk di sebelahnya, rangkum CNN.

"Dia ketakutan. Dia hanya mencoba melawan belatung-belatung ini … Saya tidak begitu tahu apa yang ada dalam pikiran saya saat itu. Saya mencoba memprosesnya. Rasa jijik tentu saja ada. Kami harus menunggu di sana sampai bantuan benar-benar datang," kata Schotte.

Schotte mengatakan, awak kabin akhirnya melacak asal belatung tersebut hingga ke tas penumpang, yang berisi ikan busuk yang dibungkus koran. Ia mengatakan, tas tersebut dipindahkan ke bagian belakang pesawat, dan diumumkan bahwa pesawat akan kembali ke Amsterdam.

Schotte mengatakan pada FOX 2 bahwa ia menaiki penerbangan lain ke AS beberapa jam kemudian. Data dari situs pelacakan penerbangan FlightAware menunjukkan penerbangan Delta Airlines 133 hanya menghabiskan satu jam 49 menit di udara.

3 dari 4 halaman

Kata Maspakai Penerbangan

Delta Airlines mengonfirmasi pada CNN bahwa penerbangan tersebut terpaksa berbalik arah, tapi tidak menjawab pertanyaan secara spesifik tentang belatung yang diduga jadi penyebabnya.

"Kami meminta maaf pada pelanggan Penerbangan 133 AMS-DTW karena perjalanan mereka terganggu karena tas jinjing yang tidak dikemas dengan benar," kata pihak maskapai. "Pesawat kembali ke gerbang kedatangan dan penumpang ditempatkan pada penerbangan berikutnya yang tersedia. Pesawat telah dikeluarkan dari layanan untuk dibersihkan."

Delta tidak melarang membawa makanan yang mudah busuk, termasuk ikan, selama "tidak ada pelanggaran pembatasan pertanian di negara tujuan," menurut situs webnya.

Bulan lalu, kericuhan dilaporkan pecah di dalam pesawat AirAsia Thailand dengan nomor penerbangan FD3015 saat seekor ular hidup tidak sengaja ditemukan penumpang di kabin pesawat. Insiden itu terjadi dalam penerbangan domestik dari Bangkok menuju Phuket pada 13 Januari 2024.

Kepala Keamanan Perusahaan AirAsia Thailand Phol Poompuang menyatakan, penampakan ular di kabin pesawat merupakan "insiden yang sangat langka."

4 dari 4 halaman

Ular di Kabin Pesawat

"Pramugari diberitahu sebelum mendarat di Phuket setelah seorang penumpang melihat seekor ular kecil di kompartemen bagasi atas," kata Phol dalam pernyataan pada CNN, dikutip 17 Januari 2024. "Awak kabin AirAsia telah terlatih dengan baik untuk menangani kejadian seperti ini dan merelokasi penumpang dari area tersebut sebagai tindakan pencegahan."

Pesawat tersebut mendarat tanpa insiden, kata pernyataan perusahaan, dan segera diperiksa tim teknik dan keselamatan terkait di darat. "Sesuai prosedur standar untuk insiden seperti ini, pesawat menjalani pembersihan menyeluruh dan pengasapan sebelum melanjutkan operasinya," kata Phol.

"Keselamatan dan kesejahteraan para penumpang dan kru selalu jadi prioritas utama kami, dan keselamatan tamu atau kru kami tidak pernah berada dalam risiko apapu," ia menambahkan. Belum diketahui jenis ular apa yang dimaksud.

Pihak maskapai tidak menyebutkan apa yang terjadi pada ular tersebut setelah pesawat mendarat di Phuket. Namun, sebuah video viral di TikTok, yang diduga direkeman seorang penumpang pesawat, menunjukkan seorang pramugari laki-laki sigap bertindak mengamankan ular tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini