Sukses

Jangan Golput di Pemilu 2024, Cinta Laura Ingatkan Dampak Buruknya buat Anak Muda

Menurut Cinta Laura, hindari golput atau golongan putih (tidak memilih) saat Pemilu, karena dampaknya tidak menguntungkan untuk anak muda.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Cinta Laura mengajak masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak suaranya di Pemilu 2024 dengan maksimal. Menurut Cinta Laura, hindari golput atau golongan putih (tidak memilih) karena dampaknya tidak menguntungkan untuk anak muda.

Cinta Laura mengakui bergantinya pemimpin daerah atau presiden tidak secara langsung berdampak pada kehidupan si pemilih. Tapi kata dia, bisa berdampak pada kehidupan jangka panjang masyarakat yang dipimpinnya.

"Memilih pemimpin yang tepat itu bisa berdampak ke segala aspek kehidupan kita. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, sampai ke sistem kesehatan yang ada," ucap Cinta melalui video yang dibagikan di akun Twitter (X) @xcintakiehlx, Senin, 12 Februari 2024.

Menurut artis berdarah Indonesia-Jerman ini, dampaknya bisa meluas hingga ke aspek lingkungan, HAM, bahkan memengaruhi keadilan dan kesetaraan. Hal itulah yang membuat Cinta menekankan bahwa suara di Pemilu dan Pilpres sangat penting untuk membentuk undang-undang yang akhirnya memengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia.

Cinta juga menceritakan sejarah Inggris terkait Brexit yang membuat anak muda Inggris menjadi apatis pada kebijakan pemerintah karena negara mereka memutskan keluar dari Uni Eropa. Sebagian besar anak muda sepakat untuk golput dalam pemilu. Nahasnya setelah itu, karena apatis, pemimpin Inggris mengeluarkan kebijakan yang menyulitkan anak muda untuk belajar di beberapa negara Uni Eropa.

"UK (Inggris) memilih keluar dari Uni Eropa. Hal ini merugikan banget buat banyak orang, terutama anak muda. Kebebasan mereka untuk belajar, bekerja, dan tinggal di 27 negara Eropa lainnya harus hilang dan mereka harus buat visa," tutur Cinta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cinta Laura Mengimbau Cari Referensi Terpercaya

Belajar dari peristiwa itu, Cinta tidak ingin peristiwa serupa dialami anak muda Indonesia sehingga membuat mereka jadi lebih sulit berkembang. Bahkan kata dia, bisa jadi ruang berkarya dan belajar anak muda lebih terbatas, karena kebijakan pemimpin yang tidak sesuai.

"Ruang berkarya tidak ada atau hilang dengan peraturan baru dari pemimpin baru yang mungkin kalian tidak ikut pilih karena sebelumnya nggak peduli. So, dampak buruk dari golput itu memang nyata," kata wanita kelahiran 17 Agustus 1993 itu.

Terakhir, Cinta Laura mengakui bukan hal mudah untuk memilih kandidat pemimpin Indonesia yang masing-masing memiliki kekurangan, bahkan memicu trust issue (keraguan) untuk memimpin Indonesia. Untuk itu, Cinta mengkampanyekan anak muda untuk mencari referensi berbagai web terpercaya yang menginformasikan seputar sepak terjang, riwayat birokrasi, sampai pro kontra para kandidat, dan cobalah untuk berpikir dengan nalar pemimpin ideal bagi setiap orang.

Cinta pun berharap agar masyarakat lebih bijak dalam memilih dan bisa membantu negara tercinta dalam memenuhi potensi yang dimilikinya.

3 dari 4 halaman

Pemilu di Luar Negeri

Masyarakat Indonesia akan menjalani masa pemungutan suara Pemilu dan Pilpres pada hari ini, 14 Februari 2024. Namun, Cinta Laura mencoblos lebih dulu karena sedang berada berada di luar negeri. Penyanyi dan aktris terkenal tersebut diketahui mengikuti pencoblosan dan memberikan hak suaranya di New York, Amerika Serikat (AS).

Momen dirinya mencoblos jauh-jauh di New York ini, dibagikan Cinta di akun Instagram pribadinya, @claurakiehl. Artis berusia 30 tahun itu menunjukan momennya di bilik pencoblosan dan menunjukan jari ungu tanda dirinya sudah menggunakan hak suaranya.

"Nyoblos di New York, let’s go Indonesia,” tulis Cinta dalam unggahannya pada Minggu, 11 Februari 2024. Saat pencoblosan, penampilan simpel tapi menawan Cinta bikin banyak warganet salah fokus. Cinta tampil dengan mix and match long sleeve hitam dan rok jeans biru. Sedangkan rambutnya dicepol ke atas dan riasan tipis.

Cinta juga berpose di bilik pencoblosan dan menunjukan kerta suaranya. Terakhir, tak ketinggalan, Cinta juga berpose menunjukan jari kelingkingnya yang bertinta ungu untuk menandakan dirinya sudah mengikuti Pemilu 2024 dengan baik dan benar.

4 dari 4 halaman

Pilihan Cinta Laura di Pemilu 2024

Tampilan dan gaya Cinta Laura mencoblos di New York, Amerika Serikat ini pun ramai pujian warganet. Warganet juga ikut salfok dengan gaya Cinta yang tetap modis dan kece walau hanya untuk mencoblos.

Tak sedikit juga yang penasaran siapa capres yang dipilih Cinta. "Nah ini baru public figur. promosi buat pada nyoblos, poinnya jangan golput! bukannya jadi public figur malah promosiin paslon tertentu. pemilu dijadiin jualan🤭🤭 keren ka cintaa," komentar seorang warganet.

"Definisi nyoblos terlihat slay, yaa🩵 Hmmm, jadi penasaran Cinta pilih siapa ya??!,” kata warganet yang lain.

Dikutip dari akun kpu.go.id, Rabu, 10 Januari 2024, dijelaskan bahwa WNI di luar negeri bisa menyalurkan suaranya melalui Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dengan tiga tata cara memilih. Pertama, yaitu memilih di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPS LN). Kedua, melalui Kotak Suara Keliling (KSK) dan ketiga melalui pos. KPU dalam keterangannya menyatakan, WNI bisa datang ke TPS yang biasanya dibangun di pusat berkumpulnya WNI, atau Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.