Sukses

Pengorbanan Ganjar Pranowo Izinkan Siti Atiqoh Sekolah di Jepang, Rawat Sendiri Alam yang Masih TK

Liputan6.com, Jakarta - Perjuangan seseorang dalam mengejar cita-citanya tak terlepas dari dukungan orang terdekat, terutama pasangan. Seperti yang dirasakan Siti Atiqoh, istri Ganjar Pranowo saat harus pergi melanjutkan sekolahnya di Jepang.

"Program sandwich satu tahun di Indonesia dan satu tahun di Jepang," ungkap Siti Atiqoh menjelaskan program beasiswa sekolah S2 yang dijalaninya dalam tayangan podcast Akbar Faisal Uncensored, yang diunggah pada Jumat, 2 Februari 2024.

Atiqoh sempat berpikir untuk mengundurkan diri pergi ke Jepang, karena tak tega dengan anaknya yang masih kecil. Namun justru Ganjar malah mendukungnya untuk terus melanjutkan sekolahnya itu.

"Ayah bisa kok menjadi single parent," kata Atiqoh menirukan ucapan Ganjar kala itu.

Ganjar meyakinkan istrinya bahwa ia bisa melakukan tugas-tugas seorang ibu dan menurutnya waktu satu tahun sangat sebentar. "Jadi itu yang membuat saya termotivasi ya, sudah diberikan ruang yang luar biasa oleh Mas Ganjar untuk bisa meng-improved, untuk bisa meningkatkan kapasitas saya," sambung wanita berusia 52 tahun itu.

Siti Atiqoh pun merasa bahwa di sanalah letak kebahagiaan seorang perempuan, ketika melakukan sesuatu dan mendapat dukungan oleh orang-orang yang dia sayangi. Saat itu, Ganjar mengurusi Alam kalau ngompol sampai mengantarnya ke sekolah.

"Sampai ada yang nanya ibunya kerjanya apa sih? Mas Ganjar kan (waktu itu) anggota DPR, jadi untungnya kalau anggota DPR kan kalau jam 08.00 mulai rapat jadi pagi masih bisa nganter ke sekolahan," ungkap wanita asal Purbalingga itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengaku Tak Punya Tas Branded

Selama ini istri pejabat identik dengan barang-barang mewah seperti tas branded atau brand luar negeri dengan harga selangit. Namun seorang istri pejabat seperti Siti Atikoh Suprianti tidak mau tampil mewah dan punya gaya tersendiri.

Meski berstatus sebagai istri pejabat, Siti Atikoh mengaku tak memiliki barang-barang branded. Walaupun sang suami, Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, Siti Atikoh mengatakan dirinya sudah terbiasa hidup sederhana.

Dia memilih membeli barang sesuai fungsinya, bukan karena merek. "Enggak punya (barang branded). Saya itu membeli sesuatu atau mencari sesuatu berdasarkan fungsinya,” ucap Siti Atikoh, dikutip dari akun TikTok @saptasinar, Selasa, 30 Januari 2024).

"Mungkin karena saya berasal dari masyarakat biasa. Terus karena saya pernah kerja jadi wartawan, lalu ASN, kan ya kita tahu gajinya berapa, ya penampilannya seperti itu," sambungnya. Siti Atikoh memang jarang memperlihatkan foto dirinya menenteng tas apalagi tas mewah di media sosial. Ibu satu anak ini bahkan dalam beberapa lebih sering terlihat memakai tas produksi UMKM lokal.

3 dari 4 halaman

Pakai Tas Kerajinan dari Bahan Goni

Di salah satu foto, ia terlihat memakai tas punggung yang terbuat dari bahan goni. Tas itu merupakan produk kerajinan tangan yang menjadi salah satu favorit Siti Atikoh. Siti Atikoh mengaku menemukan tas tersebut dalam acara pameran yang digelar di Solo pada 2021 lalu.

"Saat bepergian saya lebih memilih menggunakan tas punggung karena memiliki ruang yang cukup luas, tetap nyaman untuk beraktivitas dan fashionable," tulisnya dalam keterangan unggahan pada 2022.

"Tas punggung berbahan baku goni produk @.erlene_handycraft ini saya beli setahun yang lalu saat ada pameran di Solo dan hingga kini masih tetap setia menemani," lanjutnya.

Di foto lainnya, Siti Atikoh juga tampak mengenakan tas slempang kecil warna biru dengan motif khas daerah yang diduga juga merupakan produk UMKM. Di samping itu, saat peringatan Hari Kartini pada 2022 silam, Atiqoh juga sempat bergaya dengan menenteng tas produk kerajinan dari Deskranasda Banyumas.

4 dari 4 halaman

Pakai Karya Desainer Lokal

Di media sosial, Atiqoh lebih sering membagikan kegiatan lari yang menjadi hobinya. Brand baju olahraga istri mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun memancing rasa penasaran.

Alih-alih memakai kaus olahraga atau jersey keluaran brand luar negeri yang banyak dijual di Indonesia, Atikoh ternyata lebih sering menggunakan jersey event olahraga. Di beberapa kesempatan, Atikoh bahkan kompak menggunakan outfit seragam suatu acara yang didatanginya.

Sementara, sepatu yang dikenakannya tetap dari brand terkenal, seperti Nike dan Skechers, yang terkenal karena nyaman dipakai dalam waktu lama. Ketika menghadiri acara-acara formal, Atikoh juga hampir tak pernah terlihat mengenakan baju maupun tas dari brand-brand mewah dari luar negeri, seperti Hermes, Chanel, dan Gucci.

Ibu dari Alam Ganjar ini lebih kerap terlihat mengenakan kemeja batik, rancangan desainer lokal, hingga blus sederhana. Bahkan di beberapa kesempatan, ia kedapatan pakai tas unik hasil perajin lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini