Sukses

Apa Itu Konsep Skincare Molekuler yang Diadopsi Brand Kecantikan Premium Lokal?

Bertitik berat pada molecular skincare, merek skincare premium lokal, Duvaderm, memperkenalkan kembali tiga produk andalan mereka. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Dengan ramainya lalu lintas di industri kecantikan lokal, beauty brand lokal tentu punya strategi masing-masing dalam menonjolkan keunikan mereka. Salah satunya datang dari merek skincare premium lokal, Duvaderm, yang merilis kembali beberapa produk andalannya.

Merujuk pada slogan mereka, "No Gimmick, Just Science," jenama kecantikan yang eksis sejak 2019 ini mengusung konsep skincare molekuler. Apa itu?

Marketing Communication Duvaderm, Respati Pradipta, menjelaskan bahwa dengan latar belakang "sains yang kuat," para ahli kimia di balik formulasi produk mereka tlah mencari molekul-molekul apa yang paling cocok untuk kulit orang Indonesia. "Jadi, pemahamannya itu sampai ke tingkat molekuler," sebut dia saat jumpa pers di bilangan Jakarta Pusat, Rabu, 31 Januari 2024.

"Maka itu, rangkaian molecular skincare berarti kami menggunakan formulasi yang sampai ke tingkat molekuler," imbuhnya. "Itu untuk memastikan bahwa produk-produk kami masuk ke dalam sel kulit (dan bermanfaat) sesuai kebutuhan kulit (si pemakai)."

"Skincare molekuler juga jadi pembeda kami dengan skincare brand lain. Ini soal seberapa canggih para ahli kami mengeksplorasi semua bahan untuk memastikan menghadirkan produk perawatan kulit yang punya tingkat efikasi lebih tinggi dibanding (produk perawatan kulit) yang tidak sampai ke tingkat molekuler," bebernya.

Setiap bahan aktif yang mewakili molekul unik dijelaskan memiliki variasi dalam ukuran, jenis, dan fungsi, yang mana masing-masingnya menjalankan tugas spesifik di dalam struktur kompleks kulit. Respati berbagi, "Di Duvaderm, kami melakukan pengujian yang teliti terhadap compatibilty molekul-molekul ini untuk memastikan bahwa molekul tersebut akan saling melengkapi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Andalkan 1 Bahan Utama

Respati melanjutkan, "Itulah mengapa formula kami tidak hanya mengandalkan satu bahan utama." Menurut mereka, kombinasi harmonis dari berbagai molekul, yang masing-masing bekerja dengan cara yang unik dan berbeda, akan menghasilkan kinerja yang superior dan secara komprehensif menangani berbagai permasalahan kulit.

Melalui formulasinya, Duvaderm juga "berkomitmen meningkatkan standar perawatan kulit" di antara brand kecantikan lokal. "Tidak usah banyak marketing gimmick, biar hasil perawatan yang jadi bukti nyata," ujar dia. "Produk-produk kami merupakan bukti nyata dari perawatan kulit yang berorientasi pada kinerja yang didasari ilmu pengetahuan."

Ia mengklaim, "Duvaderm menawarkan langkah perawatan kulit yang sederhana, namun dapat memberi hasil yang luar biasa karena bekerja sampai ke tingkat molekuler." Secara general, mereka memperkenalkan empat langkah perawatan kulit: pembersihan, perawatan kondisi kulit, melembapkan kulit, dan melindunginya.

"Jangan lagi ada overclaim (standar visual kulit) karena kulit yang bagus itu ya kulit yang sehat," katanya.

3 dari 4 halaman

3 Produk Andalan

Di kesempatan itu, Duvaderm memperkenalkan kembali tiga produk andalan mereka: MSM Multi-Benefit Face Mist, A Glow Serum, dan Microfoam Cleanser. MSM Multi-Benefit Face Mist dijelaskan menggabungkan molekul Hexamidine dan Marrubium vulgare untuk pertahanan kulit sepanjang hari terhadap polusi, bakteri, dan jamur.

"Produk inovatif ini jadi bukti fokus kami pada sinergi molekuler untuk perlindungan kulit yang maksimal," kata Respati, seraya menambahkan bahwa ini merupakan produk multi-fungsi karena benefit anti-jamur dan anti-bakterinya.

"Saya pernah semprot ini ke area gigitan serangga, itu jadi tidak gatal," ia bercerita. "Bahkan, ini bisa dipakai untuk mengatasi ketombe di rambut, pun mengatasi jamur di kulit hewan peliharaan kita. Saya sendiri pernah semprot MSM Multi-Benefit Face Mist ke area kulit kucing saya yang berjamur. Tidak lama ternyata sembuh."

Produk lainnya, yakni A Glow Serum yang menggunakan teknologi subcritical water untuk mengekstrak bahan alternatif retinol, memberi efektivitas tanpa efek samping negatif dari retinol tradisional. Tiga bahan utama dalam formulasinya adalah bakuchiol, stevia, dan bunga nunatak, yang merupakan fauna zaman es yang sekarang masih bisa didapati di Pegunungan Alpen.

4 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Kombinasi ketiganya, menurut Respati, membuat produk serum itu diklaim bekerja dengan lebih efektif. "Karena kami menggunakan bahannya pengganti, produk ini jadi aman dipakai di rangkaian perawatan pagi maupun malam, tidak seperti retinol yang biasanya dipakai hanya di malam hari, itu pun tidak boleh setiap hari," katanya.

Terakhir, Duvaderm juga memperkenalkan Microfoam Cleanse. Ini merupakan produk pembersih wajah yang "bisa mengangkat kotoran secara mendalam, namun tetap lembut di kulit," klaimnya. "Produk ini bisa dipakai sebagai first cleanser atau double cleanser," sebut Respati.

Ia menyambung, "Takarannya sama saja, 2--3 pump, diaplikasikan, lalu pijat wajah dengan gerakan memutar selama dua menit-an." Tidak hanya kotoran, produk pembersih ini juga diklaim bisa menghilangkan makeup tahan air. Kelembutan dan formulasi bebas iritasi mata membuatnya cocok untuk semua usia, kata mereka.

Ke depan, Respati menyebut pihaknya akan terus mengeksplorasi bahan-bahan, termasuk dari lokal, untuk merilis produk-produk perawatan dengan efikasi yang tinggi. "Sekarang memang pakai bahan dari luar, karena komitmen utama kami mau menghadirkan bahan berkualitas terbaik," ia mengakui.

Rangkaian produk skincare premium ini dijual mulai dari Rp158 ribu sampai Rp880 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini