Sukses

Setelah Kate Middleton dan Raja Charles III, Anak Meghan Markle Dikabarkan Sakit

Meghan Markle dijadwalkan untuk mendampingi Pangeran Harry di sebuah acara penerimaan penghargaan, tetapi dibatalkan karena anaknya sakit. Kabar itu menambah daftar anggota Kerajaan Inggris yang sakit di pekan ini, yakni Kate Middleton dan Raja Charles III.

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle tidak jadi mendampingi Pangeran Harry menerima penghargaan dari Living Legends of Aviation pada Jumat, 19 Januari 2024. Padahal, mantan bintang The Suit itu sebelumnya sudah dijadwalkan hadir di perayaan tahunan ke-21 yang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat.

Mengutip People, Minggu (21/1/2024), dikabarkan alasan Meghan batal hadir adalah karena salah seorang anak mereka sakit. Namun, tidak diketahui anak yang mana yang sakit mengingat keduanya memiliki dua anak, yakni Archie dan Lilibet. Pangeran Harry kemudian tampil sendiri menerima penghargaan sebagai salah satu Living Legends of Aviation bersama tiga orang lainnya, yakni pilot angkatan laut Fred George, CEO CAE Marc Parent, dan pilot AS Steve Hinton.

Kabar tersebut beredar tak lama setelah dua anggota Kerajaan Inggris lainnya jatuh sakit. Pertama adalah Kate Middleton yang baru saja menjalani operasi perut di salah satu klinik swasta di London, Inggris, pada Selasa, 16 Januari 2024. 

Tidak diketahui penyebab Kate harus menjalani operasi tersebut, namun sumber kerajaan mengatakan pada CNN, dikutip Kamis, 18 Januari 2024, bahwa kondisi yang dialami Kate bukanlah kanker. "Berdasarkan saran medis saat ini, dia kemungkinan tidak akan kembali menjalankan tugas publik sampai setelah Paskah," tambahnya.

Sumber kerajaan itu juga menyatakan bahwa Kate kemungkinan akan melanjutkan proses pemulihan di rumahnya di Windsor. Dia kemungkinan akan disarankan untuk memulihkan diri selama dua hingga tiga bulan, dan kembalinya dia ke tugas resmi akan bergantung pada saran medis pada saat yang tepat, kata sumber itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Charles Alami Pembesaran Prostat

Tak lama setelah Kate dirawat di rumah sakit diumumkan, Istana Buckingham mengungkapkan bahwa Raja Charles juga akan pergi ke rumah sakit minggu depan untuk perawatan pembesaran prostat. Istana Buckingham mengatakan pria berusia 75 tahun itu akan menjalani 'prosedur korektif' dan menggambarkan kondisinya sebagai 'jinak'.

Mengutip BBC, pihak Istana Buckingham menyatakan acara-acara terkait Raja Charles III akan ditunda dahulu. Waktu pemulihan disebut tidak akan lama.

Sembari menunggu jadwal operasi, Raja Charles dilaporkan berada di Kastil Balmoral bersama Ratu Camilla. Kondisi Charles disebut dalam keadaan baik.

Karena kondisi Raja Charles III tidak parah, tak ada mekanisme konstitusional yang ditempuh ketika kepala negara sedang sakit. Ketika itu terjadi, "kanselir negara" bisa bertugas sebagai monarki, contohnya untuk menandatangani dokumen. Akan tetapi, pihak Buckingham Palace berkata itu tidak diperlukan.

Meski begitu, Camilla terlihat mengunjungi Galeri Seni Aberdeen di Aberdeen, Skotlandia pada Kamis pagi, 18 Januari 2024, hanya sehari setelah istana mengumumkan bahwa Raja Charles III akan menjalani pengobatan untuk kondisi jinak tersebut pada minggu depan. Ia menyatakan kondisi suaminya baik-baik saja. "Dia baik-baik saja, terima kasih banyak. Ditunggu kembali bekerjanya," jawab Ratu..

3 dari 4 halaman

Doa Harry dan Meghan

Sementara itu, Hello Magazine melaporkan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle telah menyampaikan doa terbaik untuk sang ayah, Raja Charles III, dan ipar mereka, Putri Wales, setelah kondisi kesehatan yang bermasalah itu terungkap. Dalam laporan itu, pasangan Sussex yang kini tinggal di Santa Barbara, California itu telah menghubungi 'Raja dan Putri Wales' untuk membagikan dukungan keluarga.

Laporan menyebutkan bahwa mereka dikonrak "dengan cara yang berbeda untuk menyampaikan keprihatinan dan harapan terbaik mereka". Pihak Hello! mencoba menghubungi perwakilan Duke dan Duchess of Sussex untuk memberikan tanggapan.

Sementara, sumber kerajaan memperkirakan Kate akan melanjutkan proses pemulihan di rumahnya di Windsor. Dia kemungkinan akan disarankan untuk memulihkan diri selama dua hingga tiga bulan, dan kembalinya dia ke tugas resmi akan bergantung pada saran medis pada saat yang tepat, kata sumber itu.

"Putri Wales menghargai ketertarikan yang dihasilkan oleh pernyataan ini. Ia berharap masyarakat memahami keinginannya untuk sebisa mungkin menjaga keadaan normal bagi anak-anaknya; dan keinginannya agar informasi medis pribadinya tetap dirahasiakan," kata pihak istana, dan berjanji untuk memberikan informasi lebih lanjut jika memungkinkan.

4 dari 4 halaman

Minta Privasi Dihormati

Pangeran William dilaporkan akan mendampingi istri dan anak-anaknya selama pemulihannya. Ia tidak akan melakukan tugas resmi selama istrinya berada di rumah sakit, dan segera setelah istrinya kembali ke rumah.

William dan Kate diperkirakan tidak akan melakukan perjalanan ke luar negeriselama beberapa bulan mendatang, menurut sumber tersebut.

"Putri Wales ingin meminta maaf kepada semua pihak yang berkepentingan atas fakta bahwa dia harus menunda acaranya yang akan datang. Dia berharap dapat bekerja kembali sebanyak mungkin, sesegera mungkin," kata pihak istana. Acara publik terakhir yang dijalani Kate Middleton adalah menjadi tuan rumah untuk Konser Natal pada Desember 2023 lalu.

Kate, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-42 pada 9 Januari 2024, tidak memiliki masalah kesehatan apa pun. Dia dikenal bugar dan sehat. Klinik London, dekat Regent’s Park di pusat kota London, didefinisikan sebagai rumah sakit swasta independen terbesar di Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini