Sukses

Ratu Camilla Gantikan Tugas Raja Charles III dan Kate Middleton yang Sedang Istirahat Sakit

Ratu Camilla mengunjungi Galeri Seni Aberdeen di Skotlandia satu hari setelah Istana Buckingham mengungkapkan Raja Charles sedang berobat. Ratu memberikan kabar singkat kesehatan suaminya.

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Camilla melanjutkan tugas kerajaannya setelah Istana Buckingham mengumumkan bahwa Raja Charles III akan pergi ke rumah sakit minggu depan untuk mengobati pembesaran prostat, dan memberikan kabar kesehatan singkat tentang suaminya selama kunjungan.

Ratu berusia 76 tahun itu mengunjungi Galeri Seni Aberdeen di Aberdeen, Skotlandia pada Kamis pagi, 18 Januari 2024. Hanya sehari setelah istana mengumumkan bahwa Raja Charles III akan menjalani pengobatan untuk kondisi jinak tersebut pada minggu depan.

"Selamat pagi, perjalanannya cukup dingin. Maaf, kami agak terlambat, saya khawatir," kata Ratu Camilla sambil tersenyum saat dia tiba, dalam video yang dibagikan kepada X oleh reporter bangsawan ITV, Chris Ship.

"Bagaimana kabar Yang Mulia?" tanya Lord Letnan Aberdeen Dr. David Cameron.

"Dia baik-baik saja, terima kasih banyak. Ditunggu kembali bekerjanya," jawab Ratu.

Di galeri, Ratu Camilla membuka "Ruang Aman" baru yang membantu memberikan panduan kepada orang-orang jika mereka mencurigai seseorang mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Ratu telah lama menjadikan dukungan terhadap korban pemerkosaan, kekerasan dalam rumah tangga, dan pelecehan seksual sebagai prioritas utama pekerjaan publiknya.

Kunjungan tersebut menandai keterlibatan publik pertama Ratu Camilla sejak pihak istana menyampaikan kabar tentang kesehatan suaminya. Pada hari Rabu, 17 Januari 2024, Istana Buckingham menyampaikan bahwa Raja Charles sedang mencari pengobatan untuk masalah pembesaran prostat

"Sama dengan ribuan pria setiap tahunnya, Raja mencari pengobatan untuk pembesaran prostatnya," kata Ratu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raja Charles III Tetap Bisa Memenuhi Tugas

Camilla menyambung, "Kondisi Yang Mulia tidak berbahaya, dan dia akan dibawa ke rumah sakit minggu depan untuk menjalani prosedur operasi." "Pertemuan publik Raja akan ditunda untuk masa pemulihan yang singkat," tambahnya.

Diketahui bahwa Raja (75), ingin membagikan diagnosisnya untuk mendorong pria yang mungkin mengalami gejala agar segera memeriksakan diri. Sebuah sumber kerajaan memberi tahu People bahwa Raja Charles III tetap mampu memenuhi persyaratan dan tugas konstitusionalnya selama ini.

Raja Charles III dan Ratu Camilla baru-baru ini terlihat bersama pada hari Minggu, ketika mereka difoto sedang berkendara bersama ke Crathie Kirk dekat kediaman kerajaan Balmoral. Gereja ini menjadi tujuan keluarga kerajaan saat berada di kastil di Skotlandia, tempat para bangsawan biasanya menghabiskan musim panas mereka dan tempat Ratu Elizabeth meninggal pada 2022.

Berita kesehatan Raja muncul tak lama setelah Istana Kensington mengeluarkan pernyataan terpisah yang mengumumkan bahwa Kate Middleton merencanakan operasi perut dan kemungkinan tidak akan kembali menjalankan tugas kerajaan sampai setelah Paskah. 

3 dari 4 halaman

Kate Middleton Istirahat Sehabis Operasi Perut

Istana Kensington mengatakan operasinya sukses, dan Putri Wales (42), diperkirakan akan tetap berada di rumah sakit selama 10 hingga 14 hari.

"Yang Mulia Putri Wales dirawat di Klinik London kemarin untuk rencana operasi perut. Operasinya berhasil dan diharapkan dia akan tetap di rumah sakit selama 10 hingga 14 hari, sebelum kembali ke rumah untuk melanjutkan pemulihannya,” demikian pernyataan tersebut.

Berdasarkan saran medis saat ini, dia kemungkinan tidak akan kembali menjalankan tugas publik sampai setelah Paskah. "Putri Wales menghargai ketertarikan yang dihasilkan oleh pernyataan ini. Ia berharap masyarakat memahami keinginannya untuk sebisa mungkin menjaga keadaan normal bagi anak-anaknya; dan keinginannya agar informasi medis pribadinya tetap bersifat rahasia,” lanjutnya.

Putri Kate dan Pangeran William adalah orangtua dari Pangeran George (10), Putri Charlotte (8), dan Pangeran Louis (5).

"Oleh karena itu, Istana Kensington hanya akan memberikan informasi terkini mengenai kemajuan Yang Mulia ketika ada informasi baru yang signifikan untuk dibagikan,” kata pernyataan itu. 

4 dari 4 halaman

Penampilan Publik Kate Sebelum Operasi

“Putri Wales ingin meminta maaf kepada semua pihak yang berkepentingan atas fakta bahwa dia harus menunda pertunangannya yang akan datang. Dia berharap dapat mempekerjakan kembali sebanyak mungkin orang, sesegera mungkin.”

Pada Kamis sore, Pangeran William terlihat meninggalkan Klinik swasta London sekitar pukul 12:35. waktu lokal. Diketahui Kate telah melalui minggu-minggu sibuk sebelum Istana Kensington mengumumkan bahwa ia menjalani "operasi perut yang direncanakan" di The London Clinic pada Selasa, 16 Januari 2024.

Karenanya, Kate Middleton akan dirawat di rumah sakit selama 10 hingga 14 hari setelah prosedur tersebut. Kate memang belum terlihat di depan umum sejak awal tahun baru.

Penampilan publik terakhirnya adalah pada Hari Natal ketika ia bersama Pangeran William dan anak-anak mereka yaitu Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, berjalan ke gereja di Sandringham. Selama Desember 2023, agenda publik ibu tiga anak ini cukup padat. 

Pada 5 Desember 2023, ia melakukan tugas ganda dengan ke rumah sakit dan menuntaskan jadwal berbeda di malam harinya. Kate memulai hari di Rumah Sakit Anak Evelina London, ia meresmikan Unit Bedah Anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini