Sukses

Maskapai Paling Tepat Waktu 2023 Versi Cirium Dirilis, Tak Ada Wakil dari Indonesia

Pemenang gelar maskapai paling tepat waktu 2023 versi Cirium berasal dari Amerika Selatan. Ada yang bisa menebak?

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan analisis penerbangan Cirium baru saja mengungkapkan sejumlah maskapai dan bandara di seluruh dunia yang mendapat rating terbaik perihal ketepatan waktu penerbangan. Dari seluruh maskapai yang dinilai, gelar Maskapai Paling Tepat Waktu ternyata diperoleh oleh maskapai asal Kolombia.

Maskapai dimaksud bernama Avianca. Maskapai tersebut merupakan bagian dari jaringan Star Alliance, salah satu jaringan maskapai terbesar selain Sky Team. Mengutip CNN, Kamis, 4 Januari 2023, meskipun Avianca mendapat penilaian terbaik secara keseluruhan, maskapai penerbangan yang menyandang predikat paling tepat waktu di Amerika Selatan adalah Copa, maskapai penerbangan nasional Panama.

Sementara, maskapai penerbangan paling tepat waktu di Asia adalah All Nippon Airways (ANA) Jepang. Juara di Amerika Utara adalah Delta Air Lines, sedangkan Iberia Express meraih gelar untuk Eropa. Maskapai paling tepat waktu di Timur Tengah dan Afrika adalah Oman Air, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-30 pada 2023. Tidak ada wakil dari Indonesia yang disebut dalam daftar puncak.

Cirium mempertimbangkan sejumlah faktor ketika menyusun peringkat itu, termasuk kedatangan tepat waktu, penerbangan terlacak, dan total penerbangan yang dilakukan. Berdasarkan analisis Cirium, Avianca memiliki 85,73 persen kedatangan tepat waktu dari total 213.039 penerbangan.

Dua maskapai yang berbasis di AS, yakni Delta dan America Airlines, jauh melampaui daftar lainnya dalam hal total penerbangan. Delta mencatat 1.635.486 penerbangan yang lepas landar pada 2023 dengan tingkat kedatangan tepat waktu sebesar 84,72 persen, sedangkan American mencatatkan 1.998.844 penerbangan dengan rekor keberhasilan kedatangan tepat waktu sebesar 80,61 persen. Sementara, Qatar Airways mencatatkan rekor 85,11 persen dan Japan Airlines dengan 82,58 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bandara Paling Tepat Waktu

Cirium juga memberi penghargaan pada maskapai bujet. Ada lima maskapai teratas, yakni Safair (Afrika Selatan), Azul (Brasil), Hong Kong Express, JetStar Jepang, dan Iberia Express (Spanyol).

Mereka juga memberikan penghargaan kepada bandara terbaik di dunia dalam hal ketepatan waktu penerbangan pada 2023. Gelar itu diberikan kepada Bandara Minneapolis-St Paul (MSP) di Minnesota.

Sementara, bandara medium dengan ketepatan waktu terbaik di dunia diberikan kepada Bandara Internasional Osaka di Jepang. Meski nama resminya bandara internasional, Bandara Osaka yang juga dikenal dengan sebutan Itami itu nyatanya berfungsi sebagai titik penghubung penerbangan domestik di Jepang. 

Bandara itu bukan titik penghubung udara utama di Osaka. Mayoritas pelancong dari luar negeri yang datang ke kota itu tiba melalui Bandara Internasional Kansai yang berjarak sekitar satu jam di luar kota. Sementara, bandara kecil yang mendapat peringkat terbaik versi Cirium adalah Bandara Internasional Sucre Mariscal yang berada di Quito, Ekuador.

3 dari 4 halaman

Kinerja Industri Penerbangan 2023

Bagi David White, direktur senior inisiatif lanjutan di Cirium, 2023 adalah tahun ketahanan bagi industri penerbangan setelah terpukul oleh pandemi. "Meskipun ada tantangan, maskapai penerbangan terkemuka berhasil menyelesaikan tahun ini dengan metrik kinerja tepat waktu yang mengesankan," kata White dalam sebuah pernyataan.

 

Namun, situasi berbeda terjadi di awal 2024. Industri penerbangan berduka setelah tabrakan fatal terjadi di landasan pacu Bandara Haneda, Tokyo, pada Selasa, 2 Januari 2024. Lima penumpang pesawat Coast Guard Jepang dipastikan tewas, sementara 379 penumpang dan awak kabin pesawat Japan Airlines berhasil selamat dari insiden mengerikan itu.

Mengutip CNN, Rabu, 3 Januari 2023, pesawat Airbus A350 bertabrakan dengan pesawat bantuan gempa bumi di landasan pacu. Asap dengan segera memenuhi bagian dalam kabin. Para awak kabin dengan sigap menggunakan megafon untuk menenangkan dan mengarahkan para penumpang yang panik agar segera keluar dari pintu darurat sehingga proses evakuasi bisa diselesaikan dalam waktu 10 menit.

Banyak ahli penerbangan yang menganggap hal itu sebagai keajaiban di dunia penerbangan. "Masih terlalu dini untuk mengomentari secara spesifik insiden tersebut, tetapi yang jelas adalah bahwa para kru tampil dengan cara yang patut dicontoh," kata Steven Erhlich, Ketua PilotsTogether, sebuah badan amal yang didirikan di masa pandemi untuk mendukung para kru.

4 dari 4 halaman

Pergerakan di Bandara Soekarno Hatta Selama Libur Nataru

Dari dalam negeri, PT Angkasa Pura (AP) II melaporkan kenaikan pergerakan hingga 13 persen di masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 dibandingkan periode yang sama pada 2022. "Ini sesuai dengan prediksi dan proyeksi kita di awal,"ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana, ditulis Kamis, 4 Januari 2024, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

Pada puncak keberangkatan liburan Natal pada 22 Desember 2023, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta mencapai 184.107 penumpang. Sementara, pada puncak keberangkatan pada libur Tahun Baru mencapai 147 ribu pada 26 Desember 2023.

Arus balik terjadi pada 2 Januari 2024. Namun karena ada beberapa sekolah yang baru akan masuk di 8 Januari, arus balik pun diprediksi akan kembali terjadi pada akhir pekan ini.

"Pada 2 Januari kemarin cukup tinggi, untuk jumlah pergerakan pesawat sebanyak 1.043 pesawat dengan pergerakan penumpang 146 ribu. Kemungkinan di akhir pekan akan ada lonjakan, tapi tidak akan setinggi tanggal 2," tutur Dwi Ananda.

Ia memperkirakan kepadatan pergerakan pesawat dan penumpang masih akan terjadi. Biasanya bila di luar musim puncak atau pada hari biasa pergerakan pesawat di rata-rata 950 penerbangan, di pekan ini diprediksi masih di angka 980 hingga 1.000 penerbangan per hari. Sementara dari jumlah penumpang, rata-rata normal 120 ribu sampai 130 ribu. Namun di pekan ini, jumlahnya diprediksi bisa menyentuh angka 140 ribu penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini