Sukses

Anies Baswedan Singgung Akun Anies Bubble yang Sempat Trending Topic, Warganet: Di-notice Bias

Anies Bubble @aniesbubble, yang didedikasikan untuk mendukung Anies Baswedan, dikemas layaknya akun penggemar idol K-pop.

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan membahas akun X, dulunya Twitter, Anies Bubble @aniesbubble, yang sempat jadi trending topic, akhir pekan kemarin. Lewat sebuah cuitan, Senin (1/1/2024), si pengelola akun membalas unggahan berita yang menyebut Anies berterima kasih karena sudah membuat akun tersebut.

"My pleasure 🫡," tulisnya sebagai tanggapan. Kendati akun tersebut tertera bergabung di Twitter sejak Juli 2016, cuitan dukungan pada calon presiden nomor urut 01 itu baru dipublikasi pada 30 Desember 2023. Di cuitan yang di-pin, pihaknya menulis dalam bahasa Inggris yang artinya, "Halo! Ini akun baru capres kita Anies Baswedan. Ikuti kami dan nyalakan notifikasinya!"

Yang unik, akun tersebut dikelola layaknya akun penggemar idol K-pop. Di sejumlah cuitan, video menampilkan narasi Anies bahkan diterjemahkan ke dalam bahasa Korea, lengkap dengan ejaan hangul. Karena itu, ketika Anies kedapatan mengucapkan terima kasih, warganet menggoda pemilik akun tersebut "di-notice bias," merujuk pada idola favorit dalam grup.

"Sekarang kita butuh nama fandom WKWK😭😭," sebut seorang warganet. "Chukae (Selamat) masternim akhirnya di notis sama bias," goda yang lain. "Tutorial biar di-notice bias dong admin-nim," timpal pengguna berbeda. Sementara ada juga yang berkomentar, "'Boys at school never looked at me, but Anies did' moment," mengacu pada meme populer.

"Info min, ini gak ada yang bikin akun aniesclosets, anieswear, aniesgoods, aniesthings gitu? Kan kemaren ada yang nanyain kacamatanya tuh," kata warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

K-popers Diminta Hati-Hati

Di tengah sejumlah komentar, K-popers, sebutan penggemar K-pop, juga masih terus mengingatkan untuk tidak "mempolitisasi" K-pop. "Tetep harus hati-hati, waspada buzzer, jangan sampe jadi war antar-fandom, karena malu banget woy kalo kejadian begitu," sebut salah satunya.

Sebelum masa kampanye Pemilu 2024 dimulai, para penggemar K-pop di Indonesia memang sudah saling mengingatkan untuk tidak "mencampurkan acara K-pop dengan politik." Beberapa di antaranya pernah memperingatkan untuk tidak mengisi data pribadi di acara-acara noraebang yang diduga "disusupi kepentingan politik," sebut warganet.

"Itu data pribadi yang gak pernah ditanya kalo noraebang. Hati-hati jangan langsung isi. Mending tanda dulu di (akun) base," kata salah satunya memperingatkan.

Tidak sedikit pula yang menegur akun yang pakai profil foto idol K-pop, tapi hanya membahas politik. "Jangan sampe idol kita, fandom kita yang kena. Padahal bisa jadi itu orang yang ngelola akun bukan K-popers. Ditanya siapa yang jadi PP juga belum tentu tau," cuit seorang K-popers.

3 dari 4 halaman

Rayakan Malam Tahun Baru

Di tengah keriuhan akun fans Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu merayakan malam Tahun Baru 2024 bersama keluarga dengan berwisata kuliner di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Anies bersama istrinya Fery Farhati, putrinya Mutiara Annisa Baswedan, dan rombongan tiba di Teras Malioboro 2 Minggu, 31 Desember 2023 sekitar pukul 20.30 WIB.

Mereka kemudian duduk lesehan di lapak kuliner SBTB Terang Bulan, Teras Malioboro 2, dan langsung diserbu pengunjung yang tampak mengabadikan momen itu dengan gawai mereka. "Ini kan kampung halaman saya. Rumah saya di Taman Yuwono, Jalan Dagen, dekat Malioboro," ungkap Anies pada awak media, dilansir dari Antara.

Anies mengaku senang usai merampungkan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia kini dapat kembali ke kampung halaman tempat ia menghabiskan masa kecilnya. "Alhamdulillah bisa kembali dengan keluarga ke Jogja dan berakhir tahun di kawasan Malioboro, tempat masa kecil saya," ucapnya.

Ia mengaku memilih mampir ke Teras Malioboro 2 untuk sekaligus bernostalgia.

4 dari 4 halaman

Tidak Hanya Makan Lesehan

Lapak lesehan kuliner dengan menu burung dara goreng hingga ayam goreng ini disebut Anies Baswedan sebagai langganan semasa duduk di bangku SMA. "Warung ini sudah ada sejak zaman saya SMA. Langganan dari dulu," sebutnya.

Tidak hanya di satu tempat, rombongan Anies juga sempat bersantap di Bakmi dan Bajigur Kadin. Mereka memesan Bakmi Jawa, ditemani suasana malam di Yogyakarta yang sedang hujan di malam Tahun Baru 2024.

"Yang unik, saat makan di sini, kita akan ditemani iringan musik dari para musisi, yang membuat suasana semakin nyaman. Teman-teman boleh tulis di kolom komentar, rekomendasi Bakmi Jawa yang enak juga di Yogya," cuit Anies di akun X milikny,  Minggu, 31 Desember 2023.

Nama "Kadin" dipilih warung penjaja bakmi yang terletak di seberang kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta itu entah secara sengaja maupun kebetulan. Kadin juga merupakan singkatan dari Karto Kasidin, nama pemilik sekaligus pendiri warung terkenal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.