Sukses

Terungkap Surat Terakhir Mendiang Aktor Parasite Lee Sun Kyun untuk Istrinya Jeon Hye Jin

Aktor Lee Sun Kyun dinyatakan meninggal dunia kemarin, 27 Desember 2023, diduga karena bunuh diri.

Liputan6.com, Jakarta - Jagat hiburan Korea Selatan tengah berduka atas meninggalnya aktor kenamaan Lee Sun Kyun, Rabu, 27 Desember 2023. Sementara penggemar, kolega, teman, dan sahabat turut kehilangan, keluarga lah, termasuk sang istri, Jeon Hye Jin, yang dianggap paling terpukul atas kepergian pria yang tutup usia di umur 48 tahun tersebut.

Menurut laporan TV Chosun, dikutip dari KBIZoom, Kamis (28/12/2023), bintang film Parasite ini meninggalkan pesan terakhir untuk istrinya dalam format memo. Ia mengungkap sentimen seperti, "Tidak ada cara lain." Selain itu, Sun Kyun juga menyebutkan beban iklan dan denda film pada agensinya, dengan mengatakan, "Saya minta maaf."

Sebelumnya, menurut kepolisian, kontak darurat mereka menerima laporan dari manajer sang aktor, mengatakan bahwa "Lee Sun Kyun menulis catatan seperti surat perpisahan dan meninggalkan rumah." Setelah melakukan penggeledahan, pihak berwajib menemukan mobil Sun Kyun di sebuah taman sekitar pukul 10.30, waktu Seoul, Korea Selatan.

Saat itu, Sun Kyun dilaporkan dalam kondisi tidak sadarkan diri. Jejak sang aktor mencoba bunuh diri kemudian dikonfirmasi di lokasi kejadian. Setelah dinyatakan meninggal dunia, rumah dukanya dilaporkan bertempat di Aula Pemakaman Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul.

Pemakaman dijadwalkan pada Jumat pagi, 29 Desember 2023, dan akan dilakukan di Sunyeong, Buan-gun, Jeonbuk. Tercatat bahwa banyak rekan artis Korea yang telah mengunjungi ruang duka untuk melayat mendiang Lee Sun Kyun.

Sutradara Lee Won Seok, aktor Yoo Jae Myeong, dan sutradara Choo Chang Min terlihat menyambangi rumah duka. Aktor Jo Jin Woong juga hadir, dan dikatakan "terlihat sangat terkejut."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simpati untuk Istrinya

Perhatian publik kini tertuju pada istri Lee Sun Kyun, aktris Jeon Hye Jin, lapor KBIZoom. Ia diketahui melalui tahun yang begitu berat selama 2023. Pada Oktober 2023, mendiang suaminya dituduh berselingkuh dengan manajer wanita sebuah bar dan dikatakan menggunakan narkoba di rumahnya.

Menurut media Korea, Hye Jin terkejut hingga hampir pingsan saat mendengar berita perselingkuhan suaminya, dan sangat mengkhawatirkan anak-anaknya. Selain skandal perselingkuhan, mendiang aktor itu juga diduga meminjam 350 juta won dari asistennya tanpa sepengetahuan Hye Jin, setelah diperas Kim Nam Hee.

Di berbagai forum, publik menyatakan simpati terhadap Hye Jin. Aktris ini dinilai telah mengabdikan dirinya untuk keluarga dan karier suaminya, serta melakukan banyak pengorbanan. Sementara Sun Kyun jadi fokus kritik atas skandal narkoba dua bulan lalu, Hye Jin juga menderita kerugian besar.

Beberapa kontrak iklannya dilaporkan batal karena kontroversi tersebut. Media Korea juga menilai Hye Jin harus membayar kompensasi besar pada merek yang terdampak skandal suaminya.

3 dari 4 halaman

Menanggung Dampak Skandal Lee Sun Kyun

Demi meringankan dampak yang ditimbulkan skandal mendiang suaminya, Jeon Hye Jin dilaporkan menjual sebuah bangunan di Nonhyeon, Gangnam, seharga 15 miliar won. Tidak berhenti di situ, ia juga harus berpisah dengan putranya dan tidak bisa berlama-lama tinggal bersama anak kesayangannya.

Diketahui bahwa di tengah skandal perselingkuhan dan penggunaan narkoba oleh Sun Kyun, Hye Jin segera mengatur agar anak-anaknya pergi ke luar negeri untuk menghindari kontroversi tersebut.

Hingga saat ini, sang aktris harus menanggung rasa sakit karena kehilangan suaminya. Di berbagai forum, para penggemar mengirimkan kata-kata penyemangat pada aktris tersebut, berharap ia akan memulihkan semangatnya setelah pergolakan besar ini.

Pada Oktober 2023, Sun Kyun memang didakwa atas tuduhan ganja dan psikotropika berdasarkan Undang-Undang Pengendalian Narkotika. Tuduhan yang diajukan sejak awal tahun ini adalah ia merokok atau menghisap ganja dan ketamine beberapa kali di kediaman manajer tempat hiburan berinisial A (perempuan berusia 29 tahun) di Seoul.

4 dari 4 halaman

Jalani Tes dan Pemeriksaan Polisi

Hasil tes narkoba pendahuluan berbasis urin dari Layanan Forensik Nasional Korea Selatan menyatakan Lee Sun Kyun negatif di ujian pertama dan kedua. Dengan meninggalnya sang aktor, seluruh penyelidikan atas dugaan penggunaan narkoba olehnya kini ditutup.

Polisi menyatakan bahwa mereka tidak akan mengajukan tuntutan apapun dan sedang menyelesaikan penyelidikan atas dugaan penggunaan narkoba. Mereka juga menutup rumor tentang "pengakuan dipaksakan, yang mana Sun Kyun diduga didorong hingga mencari "jalan keluar."

"Tidak ada paksaan yang terjadi selama penyelidikan. Lee Sun Kyun selalu didampingi dua pengacara selama tiga putaran pemeriksaan. Semua data itu masih ada di CCTV," kata pihak berwajib.

Aktor drama My Mister itu bertemu dengan polisi tiga kali, yakni pada 28 Oktober, 4 November, dan 24 Desember 2023. Tes menyeluruh menunjukkan Sun Kyun bersih dari narkoba, dan dalam sesi tanya jawab terakhirnya dengan polisi, ia bahkan meminta mereka menggunakan alat pendeteksi kebohongan.

 

Kontak Bantuan

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.shoppingmode google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam shoppingmode Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini