Sukses

Pulau Kyushu di Jepang Punya 5 Tempat Unik yang Bikin Kamu Kepincut

Mulai dari sejarah kebudayaan sampai perkembangan agama, yuk intip berbagai tempat unik dari pulau Kyushu di Jepang yang juga menjadi alasan para wisatawan datang.

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara pasti memiliki pulau wisata yang mengandung banyak sejarah, tidak terkecuali negara Jepang dengan pulau Kyushu. Menjadi pulau ketiga terbesar di Jepang, berarti juga punya banyak tempat yang bisa dikunjungi sewaktu wisata ke pulau ini. 

Mulai dari sejarah kebudayaan sampai perkembangan agama, yuk intip berbagai tempat unik dari pulau Kyushu di Jepang yang juga menjadi alasan para wisatawan datang.

Taman Nasional Unzen

Taman Nasional Unzen-Amakusa mungkin menjadi salah satu tempat wisata menarik dari kota ini. Taman yang didirikan pada tahun 1930-an tersebut merupakan rumah bagi gunung berapi aktif, Gunung Unzen.

Taman Nasional Unzen juga memberi kesempatan pengunjung untuk menikmati pemandangan yang beragam, budaya dan sejarah yang memukau, hingga berbagai gereja bergaya gotik.

Ada juga kereta gantung unzen yang patut dimasukkan ke dalam to-do-list ketika berencana mengunjungi Unzen. Perjalanan dengan kereta gantung selama tiga menit menuju puncak Gunung Myoken sangat menakjubkan dari awal hingga akhirnya, terutama ketika berada di puncak.

Kujuku Island

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ‘kujuku’ berarti sembilan puluh sembilan. Namun, terlepas dari namanya, Kepulauan Kujuku terdiri dari lebih dari 200 pulau, bukan hanya 99.

Rangkaian pulau ini menawarkan surga bahari bagi para pengunjung. Para wisatawan dapat menikmati tur dengan kapal-kapal yang mengesankan seperti 'Pearl Queen' untuk menjelajah perairan berkelok di antara pulau-pulau. Menjelang senja, Observatorium Tenkaiho jadi rekomendasi paling tepat untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah di balik pulau-pulau tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fukuoka, Kota Surga Kuliner

Kota kelima terbesar di Jepang ini terkenal banget dengan kulinernya, lho. Selain enak, kuliner yang ditawarkan juga terjangkau. Makanya kota ini cocok banget untuk wisatawan yang ingin mencoba berbagai kuliner khas Jepang mulai dari ramen, sushi, dan makanan khas setempat, goma saba.

Selain kelezatan kulinernya, Fukuoka juga memiliki Kuil Dazaifu Tenmangu yang bersejarah. Kuil ini didedikasikan untuk semangat cendekiawan Sugawara Michizane. Di sini, kamu bisa menyaksikan siswa-siswi Fukuoka menepuk kepala patung banteng untuk memohon keberuntungan dalam ujian sekolah mereka.

Hal menarik lainnya dari Fukuoka yaitu secara geografis kota ini sebenarnya lebih dekat dengan kota negara tetangganya, kota Seoul, Korea dan kota Shanghai, China. Meski begitu, penerbangan singkat ke kota ini juga bisa dimulai dari Tokyo, kok!

Kota Industri Keramik, Arita

Kota keramik Arita punya sejarah sendiri sejak lebih dari 400 tahun yang lalu. Sebuah tanah liat jenis kaolin pertama kali ditemukan di kota ini. Dilansir dari website japanese gallery, tanah liat kaolin adalah salah satu bahan utama dalam produksi porselen, dan penemuan tanah ini sangat penting bagi industri keramik. Makannya jangan heran kalau berkunjung ke kota ini kamu melihat jajaran toko yang memamerkan keramik unik mereka, mulai dari teko dan barang pecah belah, hingga vas dan ornamen.

Selain itu, kota ini juga menjadi tuan rumah perhelatan festival keramik yang digelar dua kali dalam setahun. Festival ini mampu menarik para penggemar keramik dari berbagai penjuru dunia, lho. Kalau ingin berkunjung ke Arita, kamu bisa mencari tahu tentang festival tersebut dahulu supaya bisa merasakan pengalaman langsung untuk mengunjungi studio tembikar dan mencoba membuat tembikar.

3 dari 3 halaman

Yanagawa: Venesia Versi Kyushu

Yap, kota Yanagawa sering juga disebut ‘Venesia-nya Kyushu’. Kota Venesia sendiri merupakan kota di Italia yang terkenal sebagai ‘kota kanal’ karena banyaknya aliran sungai serta jembatan melintas. Kota Yanagawa pun nggak kalah indah dari kota Venesia.

Jalur air sepanjang 930 kilometer yang awalnya dibangun sebagai saluran irigasi, mampu menghias kota yang menawan ini. Para wisatawan akan ditawarkan untuk bersantai menikmati pelayaran sungai dengan kapal pesiar, dipandu oleh penduduk setempat, dan sesekali dihibur dengan lagu-lagu lokal.

Selain sungai irigasinya, ada juga hotel Ohana yang menawarkan arsitektur dan hidangan unik. Hotel yang indah dengan bangunan megah dan taman yang menakjubkan tersebut terkenal akan hidangan khas belut kukus, yang bisa dicoba para wisatawan.

Nagasaki

Kota Nagasaki dikenal juga dengan kota pelabuhan yang punya banyak peninggalan budaya dan sejarah, khususnya pengaruh dari China, Portugis dan Belanda.

Pengaruh budaya China nampak dari banyaknya kuil-kuil Konghucu dan restoran lokal. Sementara itu, bangunan terkenal seperti Gereja Oura mengingatkan kita pada sejarah Kristen di kota ini. Gereja Oura dianggap sebagai gereja Kristen tertua yang masih berdiri di seluruh Jepang.

Pengaruh budaya lainnya ada pulau buatan Dejima, sebuah daerah di Kota Nagasaki di mana para misionaris Portugis dan pedagang Belanda pernah tinggal dan menjalankan bisnis dengan orang-orang Jepang setempat.

Gimana, setelah tahu beberapa tempat menarik dan bersejarah, di pulau Kyushu kamu tertarik untuk datang ke sana?

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini