Sukses

Ahli Nutrisi Ungkap Cara Awet Muda dalam 2 Minggu dengan Diet yang Tepat

Ahli nutrisi yang juga pakar kesehatan itu mengatakan bahwa junk food, rokok, alkohol, polusi, dan PFA dari botol air adalah penyebab munculnya tanda-tanda awal penuaan.

Liputan6.com, Jakarta - Ahli nutrisi asal Inggris, Gabriela Peacock, telah membantu orang-orang terkenal membalikkan tanda-tanda penuaan dengan pola makan yang tepat. Ia pun berbagi kepada The Sun tentang caranya secara rinci.

"Ilmu pengetahuan membuktikan bahwa kita semua memiliki kekuatan untuk membuat perubahan sederhana yang mengubah hidup untuk memperbaiki diri agar tetap awet muda di masa depan – tidak peduli apa pun faktor genetik yang kita hadapi," ungkap Peacock, yang pernah bekerja dengan bangsawan seperti Putri Eugenie dan Pangeran Harry.

Mengutip dari laman New York Post, Selasa, 26 Desember 2023, penulis dengan bukunya yang berjudul "2 Weeks to a Younger You: Secrets to Living Longer and Feeling Fantastic" pun dirilis awal tahun 2023. Di buku itu ia mengatakan bahwa wajar jika banyak orang menikmati kebiasaan makan yang tidak sehat.

Pakar kesehatan tersebut mengatakan bahwa junk food, rokok, alkohol, polusi, dan PFA dari botol air adalah penyebab munculnya tanda-tanda awal penuaan. "Tetapi kita semua mempunyai potensi untuk mengubah hal ini," kata ahli nutrisi itu kepada The Sun.

"Berapapun usia atau kondisi kesehatan Anda, tidak ada kata terlambat untuk membalikkan cepatnya Anda menua dan menerima energi serta semangat Anda yang lebih muda," sambung Peacock sambil membocorkan bahwa orang-orang bisa melakukan tiga hal saja agar bisa membantu memperlambat proses penuaan dan membuat penampilan tampak lebih awet muda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hindari gula

Meskipun mungkin sulit bagi siapa pun yang menyukai makanan manis, Peacock menyarankan bahwa menolak gula tidak hanya baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat memperlambat penuaan. Terapis nutrisi menjelaskan bahwa gula menyebabkan "peradangan kronis, yang merupakan salah satu musuh terburuk dalam membalikkan penuaan."

Mengonsumsi gula dapat menyebabkan penambahan berat badan. Tetapi seperti yang dikatakan Peacock, "Tingkat energi dan hormonal akan terpengaruh dan ini juga akan memengaruhi penampilan dan perasaan Anda."

2. Dapatkan Nutrisi Anda

Tentu saja, memiliki pola makan seimbang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, namun beberapa nutrisi memiliki kekuatan super anti-penuaan, katanya. Pendiri GP Nutrition menyebut "antioksidan seperti vitamin A, C, dan E" banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran – yang penting dalam menetralisir radikal bebas – penyebab penuaan dini.

Selain antioksidan, asam lemak omega 3 sebenarnya dapat menghilangkan garis-garis halus dan kerutan dengan melembabkan kulit dan meningkatkan elastisitas. Mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon akan membantu. 

3 dari 4 halaman

3. Konsumsi Protein Sehat

Untuk meningkatkan elastisitas kulit, Peacock mengatakan kolagen, yang dapat ditemukan dalam protein tanpa lemak dan kaldu tulang, juga penting. Dan terakhir, ia merekomendasikan untuk memastikan jumlah protein yang sehat, yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

4. Metode Panas dan Dingin

Suhu ekstrim mungkin merupakan teknik anti penuaan yang sangat baik. Peacock mengatakan ada banyak cara untuk menghindari cuaca dingin, termasuk berjalan kaki atau berolahraga di luar ruangan saat musim dingin atau beralih ke air dingin setelah mandi.​

"Untuk memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal, mengapa tidak mencoba beberapa detik air dingin di akhir mandi?” dia merekomendasikan. "Saya sekarang mencoba satu hingga dua menit sebelum beralih ke air hangat," katanya.

Metode lain untuk mencoba terapi panas dan dingin adalah dengan masuk ke sauna selama lima hingga 15 menit dan kemudian terjun ke air dingin untuk membantu membangun ketahanan. "Jika Anda mengulanginya beberapa kali, tubuh akan belajar beradaptasi dan Anda akan terbiasa," tambahnya.​

4 dari 4 halaman

Tanda Diet Sudah Benar

Mengutip dari kanal Health Liputan6.com, Selasa, 26 Desember 2023, tanda diet berhasil ternyata tak harus soal angka timbangan. Ada beberapa tanda yang sebenarnya sudah menunjukkan bahwa upaya diet dan hidup sehat berhasil.

Di saat menjalani program diet, minggu pertama memang tidak akan terasa perubahan besar di tubuh. Biasanya perubahan baru mulai muncul atau terasa di minggu kedua hingga ketiga. Berikut adalah beberpa tanda diet sudah benar:

1. Menikmati Makan

Upaya diet bisa dikatakan berhasil saat seseorang menikmati makanan sehat yang disukai. Ini menunjukan orang tersebut memiliki kontrol diri yang kuat, sehingga konsisten dan akhirnya menyukai makanan sehat.

Para peneliti melihat perilaku makan orang yang dietnya berhasil dan tidak. Pelaku diet yang tidak berhasil akan fokus pada makanan yang rasanya kurang disukai.

2. Tumbuh Rasa Percaya Diri

Seseorang yang sedang diet dan menerapkan target berat badannya dalam jumlah kecil secara berkala akan sukses dilakukan. Hal itu jika berhasil akan menunbuhkan rasa percaya diri seseorang.

3. Energi Meningkat di Jam 3 Sore

Biasanya, tubuh terasa lemas saat memasuki pukul 15.00. Namun ini tidak akan terjadi kalau kita mengisi tubuh dengan makanan tepat pada interval yang sesuai.

“Aliran karbohidrat yang lambat terbakar memastikan pelepasan glukosa secara bertahap ke dalam aliran darah, sehingga kita memiliki tingkat energi konsisten sepanjang hari," papar ahli diet, Lisa Moskovitz, RD.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini