Sukses

Meningkatkan Kepedulian Lingkungan dengan Beach Clean Up dan Penanaman Pohon di KEK Sanur

Mereka mekakukan aksi bersih-bersih sampah di sepanjang Pantai Sanur, Bali yang terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur pada Rabu, 10 Januari 2024. Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 orang manajemen HIN Group

Liputan6.com, Jakarta - Isu lingkungan hiduo dan sampah menjadi komitmen PT Hotel Indonesia Natour atau HIN bersama anak perusahaannya, PT Hotel Internasional Sanur Indonesia (HISI) dan PT Hotel Indonesia Group (HIG). Untuk itu mereka mekakukan aksi bersih-bersih sampah di sepanjang Pantai Sanur, Bali yang terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur pada Rabu, 10 Januari 2024.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 orang manajemen HIN Group dan dihadiri oleh Herdy Harman, Direktur SDM dan Digital InJourney, Direksi dan Komisaris Utama HIN, Direksi HISI. Kegiatan ini sebagai upaya manajemen HIN Group (HIN, HISI, HIG) untuk membangun awareness masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan.

Pantai Sanur yang terintegrasi dengan KEK Sanur ini menjadi aset dengan nilai historical dan budaya tinggi, yang memerlukan perhatian bersama dalam menjaga kebersihannya. KEK Sanur merupakan kawasan ekonomi khusus kesehatan pertama di Indonesia sebagai "World Class Medical & Wellness Centre".

Kawasan ini menawarkan end to end journey yang mengintegrasikan layanan kesehatan dan pariwisata dengan berbagai fasilitas dari layanan kesehatan, akomodasi hotel, dan fasilitas pendukung lainnya dimana pengembangannya diharapkan menjadi diversifikasi dan akselerator peningkatan perekonomian Indonesia.

Dalam kegiatan Beach Clean Up tersebut berhasil mengumpulkan sampah sekitar 100 kg yang selanjutnya dikirimkan ke Tempat Penyimpanan Sampah Sementara (TPSS) Utilitas KEK Sanur untuk dilakukan proses lebih lanjut. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon di ethnomedicinal botanic garden, salah satu fasilitas di KEK Sanur. Kegiatan ini digelar pada 10 Januari bertepatan dengan Hari Gerakan Satu Juta Pohon.

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen HIN Group untuk mewujudkan green environment dan mewujudkan zero emission. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan keanekaragaman tanaman di ethnomedicinal botanic garden dan menciptakan lingkungan hidup berkelanjutan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penanaman Tanaman Obat-obatan

Pada sesi ini, Direktur SDM dan Digital InJourney, Direksi HIN Group dan perwakilan manajemen melakukan penanaman tanaman obat-obatan. Ethnomedicinal Botanic Garden ini memiliki beragam koleksi tanaman obat yang telah dikurasi sebagai representatif budaya, wilayah, dan tradisi dimana saat ini sudah terdapat sekitar 1.460 tanaman pohon buah-buahan dan obat-obatan.

Pengembangan taman ini menampilkan garden dengan konsep perancangan ethnomedicinal wellness, mulai dari tempat yoga sampai dengan pemanfaatan tanaman untuk melakukan eksplorasi aplikasi obat tradisional yang inovatif dalam perawatan kesehatan modern.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN sektor aviasi dan pariwisata yang juga merupakan induk perusahaan dari HIN mendukung penuh dan mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini.

3 dari 3 halaman

Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Kegiatan Beach Clean Up dan Penanaman Pohon di KEK Sanur ini merupakan wujud dari komitmen InJourney untuk menciptakan green environment dalam menciptakan kawasan pariwisata yang berkesinambungan,” kata Herdy Harman, Direktur SDM & Digital InJourney.

“Harapannya, KEK Sanur tak hanya dikenal sebagai kawasan ekonomi khusus kesehatan pertama di Indonesia yang menjadi tujuan utama untuk wellness tourism, akan tetapi juga menjadi wujud nyata sebagai kawasan ekonomi khusus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” lanjutnya.

“HIN sebagai member InJourney Group berkomitmen konsisten mendukung berbagai upaya pelestarian lingkungan dan green environment. Kegiatan beach clean up dan penanaman pohon ini sesuai dengan tujuan KEK Sanur sebagai World Class Medical and Wellness Centre untuk menghadirkan visi destinasi pariwisata kesehatan yang peduli lingkungan dan menjadi bagian aktif dalam menjaga keseimbangan alam serta keberlanjutan demi kenyamanan pengunjung kedepannya,’ terang Christine Hutabarat, Direktur Utama HIN.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini