Sukses

Wanita Putuskan Resign Sebelum Bekerja di Hari Pertama, Kenapa Justru Tuai Pujian Warganet?

Wanita itu mengatakan bahwa dia baru saja mendapatkan pekerjaan yang enak. Dia pun sebenarnya pagi itu ingin berangkat kerja namun dia juga harus resign atau mengundurkan diri langsung.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita memutuskan untuk resign padahal belum genap sehari bekerja. Kejadian itu viral di media sosial apalagi setelah ia mengungkapkan alasan dirinya mengundurkan diri.

Dilansir dari akun Instagram @mood.jakarta, Sabtu 16 Desember 2023, dalam unggahan tersebut, terlihat beberapa percakapan melalui pesan singkat Whatsapp (WA) antara wanita dan pihak penerima perusahaan. Wanita itu mengatakan bahwa dia baru saja mendapatkan pekerjaan yang enak. Dia pun sebenarnya pagi itu ingin berangkat kerja, namun memutuskan mengundurkan diri langsung.

Semua impiannya untuk bekerja harus dia tahan terlebih dahulu karena mempertahankan prinsipnya sebagai seorang muslimah. "Momen seorang cewek bercerita tentang alasan kenapa dia baru dapat kerja yang enak tapi malah ngundurin diri. Ternyata dia mempertahankan hijabnya," tulis keterangan akun tersebut.

"Intinya km, nggak bisa kalo lepas hijab?" tulis pesan dari sang penerima pekerjaan,  "Iyah pak. mohon maaf sekali ngecewain bapak, karena nggak bilang dari awal," jawab wanita yang diketahui bernama Erieca Mala itu. Dalam unggahannya melalui akun TikTok Erieca Mala, bahwa dirinya sudah melalui beberapa tahap seperti tanda tangan kontrak, pembuat absen, hingga disiapkan seragam.

"Terus kenapa? karena aku pertahankan hijab ku, bismillah yakin dapat ganti lagi yang barokah," tulis Erieca Mala. Atas keputusan tersebut Erieca mendapatkan banyak pujian dari warganet.

"Aku pernah diposisi ini, aku bertahan sampai 8 bulan karna aku perantau,, mau gak mau harus ddijalan karna sudah 3 bulan nganggur di perantauan. Setelah 8 bulan berlalu aku memutuskan untuk resign dengan keyakinan nnti bisa dpt kerja yg memperbolehkan hijab, alhamdulillah ada walaupun lama menunggu. Yang penting yakin aja sama Alloh SWT. Semangaatt," cerita seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Bagikan Pengalaman Resign

"Ya Allah.. jadi inget pernah pas interview ditanya apakah mau lepas hijab, aku gak mau (padahal udah nganggur 1 thn). Alhamdulillah skrg ASN,” komentar warganet yang lain.

"Semangat saya pernah ngalamin kerja sehari langsung resign krn ga boleh solat," ujar warganet lainnya.

"MasyaAllah rezeki yang lebih baik bakal Dateng kak?” tulis warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis unggahan tentang wanita mengundurkan di hari pertamanya bekerja sudah disukai lebih dari 16 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1.190 komentar.

Seperti halnya Erieca, tiap orang punya alasan tersendiri untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Banyak dari kita yang mungkin bermimpi tentang kebebasan dari rutinitas sehari-hari dan dapat terlepas dari beban pekerjaan yang sibuk.

Bagi pasangan asal Malaysia, Jiaxuan dan Weihan, mimpi itu tidak hanya tetap menjadi fantasi melainkan telah terwujud menjadi kenyataan. Mereka mengambil langkah besar dengan berhenti dari pekerjaan full-time atau penuh waktu di Singapura untuk memulai petualangan unik bersama campervan.

3 dari 4 halaman

Pasangan Resign dari Pekerjaan

Dilansir dari kanal Unik Liputan6.com yang melansir dari AsiaOne, Selasa, 5 Desember 2023, pasangan yang keduanya berusia 27 tahun ini memutuskan untuk membeli mobil van bekas pada Oktober 2021 setelah merencanakan hal tersebut setahun lamanya.

Mobil tersebut kemudian diubah menjadi rumah beroda yang memungkinkan pasangan tersebut berkeliling atau travelling ke berbagai tempat. "Ini adalah keputusan besar yang harus diambil, dengan mempertimbangkan keuangan dan kehidupan kami sendiri," kata pasangan ini dalam unggahan di Instagram setelah membeli kendaraan tersebut.

"Banyak yang mengira kami gila, padahal sebenarnya tidak. Kami hanyalah orang biasa yang mencari sesuatu yang benar-benar berarti bagi hidup kami, dan kami berusaha mewujudkannya," lanjut pasangan tersebut. Mereka lalu membagikan mengenai kehidupannya sebelum membeli van tersebut setelah pindah dari Malaysia ke Singapura kepada salah satu media yaitu Weirdkaya.

Setelah lulus, Jiaxuan memutuskan untuk bekerja sebagai akuntan sementara Weihan sebagai manager food court. Pekerjaan keduanya tersebut memberikan pendapatan yang cukup tinggi tetapi sejalan dengan jam kerja yang juga panjang. Kondisi ini lantas membuat mereka merenungi kembali tentang keputusan hidup mereka kedepannya.

"Saya tidak tahu apa tujuan saya, dan tidak ada rasa puas," kata Jiaxuan kepada Weirdkaya. Terlebih ketika pandemi Covid-19 melanda yang membuat kehidupan Jiaxuan dan Weihan kian menderita. Pada masa itulah Jiaxuan mengembangkan minatnya pada rumah mungil di atas roda.

4 dari 4 halaman

Mengubah Campervan Jadi Tempat Tinggal

Video YouTube tentang orang-orang yang mengubah kendaraan mereka menjadi campervan kemudian seolah menginspirasi laki-laki ini. "Saat itulah saya benar-benar mulai memikirkan masa depan," terangnya lagi.

Setelah pandemi, pasangan asal Malaysia tersebut memutuskan untuk berkemah di Australia. Pengalaman ini lah yang kemudian semakin mendorong mereka untuk membuat keputusan besar tersebut.

Jiaxuan dan Weihan akhirnya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan mereka pada Oktober 2021 lalu dan membeli sebuah van. Setelah itu, mereka lantas mengubahnya agar dapat menjadi tempat tinggal.

Proses pembuatan campervan ini menghabiskan total RM75.000 (Rp248 juta) dengan termasuk biaya pembelian van dan renovasi. Informasi biaya ini dibagikan Jiaxuan dan Weihan dalam video TikTok pada tahun lalu.

Tak hanya memberikan informasi biaya, pasangan ini juga membagikan dokumentasi seluruh prosesnya di media sosial miliknya. Awalnya mereka memperkirakan akan memerlukan waktu sekitar tiga bulan untuk pembuatan campervan ini tetapi pada kenyataannya memakan waktu 10 bulan dalam seluruh prosesnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini