Sukses

Belajar Satwa di BXSea Oceanarium dalam Mal Bintaro, Bisa Diakses Langsung dari Stasiun Jurangmangu

Satu lagi objek wisata edukatif yang bisa dikunjungi di musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). BXSea Oceanarium yang terletak di dalam mal Bintaro XChange itu diklaim memiliki journey aquarium terpanjang di Indonesia.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Ada objek wisata yang baru soft opening di jantung Bintaro, Tangerang Selatan. Dinamai BXSea Oceanarium, itu adalah oceanarium yang berada di lantai dasar Bintaro Jaya Xchange Mall Tahap II yang diresmikan bersamaan pada Jumat, 15 Desember 2023.

Proses pembangunannya dimulai pada 2019, tetapi sempat terhenti karena situasi pandemi Covid-19. Menurut Y. Henky Wijaya, Wakil Direktur Utama PT Jaya Real Property, kehadiran oceanarium itu adalah untuk menghadirkan kegembiraan, bukan hanya yang datang ke mal, tetapi juga yang bekerja di kawasan itu.

"Banyak mal sekarang beralih menjadi tempat makan, tapi kalau hanya tempat makan, rasanya kurang lengkap. Harus dilengkapi fasilitas-fasilitas entertainment agar anak-anak juga bisa bermain," katanya dalam jumpa pers. 

Oceanarium itu menempati area seluas 7.354 meter persegi yang terdiri dari dua lantai. Posisinya berada di antara mal BXc 1 dan 2, yang bisa diakses lewat Stasiun Jurangmangu. Manager BXSea Oceanarium, Sri Agung Agus P menyebutkan sejumlah keunikan dari oceanarium tersebut. Salah satu yang ditonjolkan adalah journey aquarium sepanjang 485 meter. Namun, wahana itu saat ini masih dipersiapkan.

"Kami bisa klaim sebagai yang terpanjang saat ini di Indonesia," katanya.

Pihaknya merencanakan menghadirkan 140 spesies satwa, baik laut maupun darat, yang dilakukan secara bertahap. Hingga akhir Desember 2023, oceanarium itu direncanakan sudah memiliki 17.000 ekor satwa, dan diharapkan pada Maret 2024, saat grand opening, mereka sudah melengkapinya sampai 25.000 biota.

"Indonesia sangat kaya akan kekayaan laut. 95 persen (koleksi) kita ambil dari lokal, tapi kita juga impor biota yang spesial," katanya. Beberapa di antara koleksi spesial mereka nantinya adalah hiu martil, mobula manta, penguin, dan spider crab.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dari Akuarium Besar hingga Hutan Hujan Kalimantan

Agung menyebutkan bahwa terdapat beberapa area yang bisa dilihat pengunjung. Salah satunya akuarium dua lantai yang tingginya mencapai 6,5 meter dan lebar 8 meter. Schooling fish itu diisi berbagai macam ikan, termasuk ikan hiu yang mondar-mandir di permukaan. 

"Temanya kami ambil Raja Ampat karena memang destinasi wisata di Indonesia ini tak kalah menarik dan unik," ucapnya.

Ada pula Mangrove Zone yang terinspirasi dari penanaman mangrove di Teluk Jakarta. Terdapat kolam sentuh baik untuk satwa air laut maupun air tawar.

Tersedia pula Infinity Room yang diisi oleh berbagai spesies ubur-ubur. Ruangannya diatur temaram dengan lampu berpendar warna-warni, menonjolkan keindahan mahluk invertebrata kepada manusia yang hadir. Spot ini bisa dibilang favorit karena hasilnya estetik bila difoto di sana.

Tak hanya satwa air, BXSea juga memiliki area exotic rain forest yang bertema hutan hujan Kalimantan. Area ini bisa langsung dikenali lewat suara bekantan yang diputarkan sebagai musik latar. Beberapa koleksi yang dipamerkan di antaranya ular sanca hijau dan baning Sulawesi.

 

3 dari 4 halaman

Dari Satwa Asli hingga Versi Digital

Total mereka memiliki 54 display aquarium yang terdiri dari 44 akuarium air tawar dan air laut, serta 10 terarium, yang bisa disusuri di sepanjang tunnel selebar 2,8 meter.

"Kalau dibandingkan dengan (oceanarium) yang di utara hanya 1,8 meter, kami 2,8 meter. Di tengahnya sangat bebas, orang gampang hilir mudik. Bisa sambil menikmati foto selfie," imbuh Agung.

Mereka juga memiliki amphiteathre panel yang digadang-gadang terbesar di Indonesia. Rencananya area itu akan digunakan untuk menggelar hiburan pada jam-jam tertentu. Agung juga mengatakan ke depan akan membuat program behind the scene yang memungkinan pengunjung anak melihat suasana belakang layar oceanarium.

"Misalnya untuk melihat bagaimana treatment ikan, bagaimana menyiapkan air yang layak agar siap digunakan ikan. Kemudian boat tour di Januari 2024," ujarnya.

Tersedia pula area imersif dengan video mapping yang dibuat oleh Studio 9 Matahari untuk merespons kebiasaan anak-anak yang dekat dengan gawai. "Hal-hal digital kami juga fasilitasi," sambung dia.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Kuota Pengunjung

Agung menyebutkan bahwa ada tiga kategori tiket BXSea, yakni reguler, VIP, dan grup. Saat ini yang baru tersedia sampai Desember 2023 adalah tiket reguler. Itu pun terbagi menjadi dua kategori, yakni short journey dan long journey.

"Kita sediakan tiket long journey Rp150 ribu untuk weekday dan Rp175 ribu untuk weekend," katanya seraya menyebut saat ini, terdapat promo tiket masuk diskon 30 persen untuk pembelian berikutnya.

Pengunjung bisa membelinya secara online maupun langsung di tempat. Mereka bisa membeli di mesin tiket yang berada di area lobi. Tinggal dipilih tiket yang hendak dibeli. Tiket long journey memungkinkan pengunjung menyusuri seluruh area yang ada, termasuk menjelajahi area hutan hujan dan wahana penguin yang satwanya masih belum dihadirkan.

"Area pengunjung kami bisa menampung 800 sampai 1.000 orang per satu waktu. Lewat sistem ticketing ini, akan dibatasi supaya pengunjung bisa tetap aman, nyaman, dan selamat," katanya.

BXSea dibuka mengikuti jam operasional mal, yakni dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. "Tapi, pembelian tiket terakhir antara jam 8 sampai 9 malam," imbuh Agung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.