Sukses

Sambil Minum Cendol, Raja Malaysia Nongkrong Bareng Pangeran Albert II dari Monako di Warung

Raja Malaysia berkesempatan singgah dan menikmati minuman cendol bersama Pangeran Albert II dari Monako di Cendol Lily, sebuah warung pinggir jalan di Lanchang, Pahang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah momen langka terjadi antara Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah bersama Pangeran Albert II dari Monako di sebuah warung di Pahang, Malaysia. Setelah tiba untuk kunjungan kenegaraan, keduanya terlihat minum cendol bersama.

Mengutip dari laman Newswav, Rabu (29/11/2023), momen tersebut terungkap dari unggahan Facebook yang dibagikan Menteri Luar Negeri Malaysia, Zabry Abdul Kadir, Selasa kemarin, 28 November 2023. Sesaat tamunya tiba, Yang di-Pertuan Agong langsung mengajak Yang Mulia Pangeran Albert II berkeliling beberapa tempat wisata di negara bagian asalnya, Pahang.

Namun, ada satu momen yang membuat heboh dunia maya. Raja Malaysia mengajak Pangeran Albert singgah dan meminum cendol bersama di Cendol Lily, sebuah warung pinggir jalan di Lanchang, Pahang.

Hal ini terjadi setelah keduanya mengunjungi Pusat Percakapan Harimau Nasional dan Pusat Konservasi Gajah Nasional Kuala Gandah. Para bangsawan juga berfoto dengan karyawan di kios tersebut sebelum mengucapkan terima kasih saat mereka pergi.

Mendapat respons besar-besaran dari masyarakat, banyak warga Malaysia yang memuji Sultan Abdullah karena membawa Pangeran Albert II ke warung tersebut, untuk memberinya pemahaman budaya lokal melalui makanan.

"Ini adalah cerminan bagi raja-raja kerajaan lainnya di seluruh dunia tentang betapa rendah hati raja kita makan di warung pinggir jalan bersama rakyat jelata. Panjang umur raja!" tulis salah satu warganet memuji Raja. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangeran Albert II dari Monako Berkunjung Selama 4 Hari

Sebelumnya, penyambutan nasional di Istana Nasional Malaysia untuk Pangeran Monako, Pangeran Albert II, telah dilaksanakan. Menurut pejabat pemerintah, Pangeran Monako diperkirakan akan melakukan kunjungan empat hari di Malaysia.

Kedatangannya bersama rombongan disambut oleh Kebawah DYMM SPB Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Syah dan Raja Permaisuri Agong Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandariah. Mengutip dari laman The Star, Rabu (29/11/2023), berbagai kegiatan telah dilakukan kedua tokoh tersebut.

Sebagai simbol persatuan dan persahabatan, Pangeran Albert dan Al-Sultan Abdullah juga menanam pohon Keranji (Dialium indum), sejenis pohon buah-buahan di halaman istana. Keluarga Kerajaan kemudian melanjutkan ke pertemuan, dengan mereka membahas masalah-masalah mengenai hubungan bilateral antara Malaysia dan Monako.

Bersamaan dengan kunjungan tersebut, Al-Sultan Abdullah juga menganugerahkan penghargaan tertinggi bangsa, Ordo Mahkota Alam (DMN), dan Ordo Keluarga Kelas Satu Mahkota Indra Pahang kepada Pangeran Albert II dari Monako. Ia tidak terlihat didampingi istrinya, Putri Charlene.

3 dari 4 halaman

Taeyong NCT Tenggak Es Cendol

Cendol bukan hanya terkenal di Indonesia, jenis minuman ini juga ada di negeri tetangga Malaysia yang masih satu rumpun. Tak hanya sebagai simbol budaya makan masyarakat.

Tak hanya Raja Malaysia maupun Pangeran Albert II dari Monako, sejumlah pesohor lainnya juga sempat diperkenalkan dengan cendol. Salah satunya Taeyong NCT yang disuguhkan cendol oleh Nagita Slavina.

Mengutip dari kanal Health Liputan6.com, berawal dari jamuan Nagita Slavina yang baru-baru ini mengajak Taeyong untuk makan dan minum menu tradisional Indonesia. Salah satu yang menarik perhatian pria 28 tahun itu adalah minuman dingin yang berada dalam sebuah mangkuk besar.

"Apakah itu teh?" tanya Taeyong penasaran.

Kemudian, Nagita Slavina yang akrab disapa Gigi menjelaskan bahwa minuman yang terdapat dalam mangkuk besar itu adalah es cendol. "Ini cendol, minuman berbahan air santan dengan jeli," terang Gigi dalam video yang diunggah akun YouTube Rans Entertainment pada Sabtu, 15 Juli 2023. Ibu dari Rafathar ini menjelaskan lagi, "Ini boba versi Indonesia."

 

4 dari 4 halaman

Boba Versi Indonesia

Gigi dengan sigap mengambilkan leader grupband NCT 127 itu. Tak butuh waktu lama, Taeyong langsung menyeruput.

"Waw..." katanya terpesona akan rasa es cendol.

"Emm..." tutur Taeyong saat makan cendol sembari melihat isi gelasnya.

Gigi juga menyajikan aneka makanan, termasuk mengenalkan sambal. Taeyong menghormati makanan apapun yang disajikan Gigi, ia pun mencoba sedikit sambal lalu kepedasan.

Rasa pedas dari sambal yang disajikan Gigi membuat Taeyong kembali menyeruput segelas es cendol yang ada di hadapannya. Rasa manis gurih dari santan dalam gelas es cendol tampaknya bisa mengobati pedasnya sambal yang disiapkan Gigi. Dia pun menyebut amat suka minuman tersebut.

"Aku suka sekali," katanya sambil meneguk es cendol lagi.

Melihat Taeyong sebagai orang Korea dan artis kesukaan sebagian anak muda di Indonesia melihat hal tersebut unik dan lucu.

"Ngga nyangka banget loh Taeyong suka cendol. Akhirnya gue bisa makan makanan yang sama kayak Taeyong," kata seorang warganet. 

"Lucu banget bubu minum Cendol. Terima kasih Rans udah undang Taeyong main ke Andara," kata seorang warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.